2 Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo, Scan Barcode dan QRIS

Table of Contents

dumados.com «» Belanja di Alfamart tapi bayarnya nanti, emang bisa? Buat kamu yang menggunakan aplikasi Kredivo, ternyata bisa melakukannya. Dengan cara belanja di Alfamart pakai Kredivo, kamu bisa beli apa saja dan membayarnya kapan saja. 

Dengan limit yang kamu miliki saat ini di akun Kredivo, bisa berbelanja di semua retail rekanan, termasuk Alfamart. Bahkan pada waktu tertentu ada voucher diskon yang dapat diklaim dan digunakan saat belanja. Penasaran bagaimana caranya? Cek di bawah ini. 

Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo


Cara Belanja di Alfamart Pakai Kredivo

Kabar baik untuk kamu sekalian. Saat ini platform pembiayaan digital Kredivo telah menjalin kerja sama dengan jaringan minimarket Alfamart. Oleh karena itu, kamu bisa berbelanja dial seluruh retail Alasan dengan menunggu layanan PayLater selama 30 hari. Jadi, bisa beli sekarang tapi bayarnya nanti. 


Ada dua metode pembayaran yang bisa kamu pakai. Yang paling mudah dan sering digunakan yaitu pakai fitur Barcode. Tapi dapat juga dengan pakai layanan QRIS yang tersedia di Alfamart. Berikut penjelasannya. 

Cara 1. Belanja di Alfamart Menggunakan Barcode

Cara belanja di Alfamart pakai Kredivo yang pertama yaitu dengan menggunakan fitur Barcode. Jadi, kamu nanti mengakses barcode milikmu untuk ditunjukkan dan di-scan oleh kasir. Langkah-langkahnya seperti yang dijelaskan di bawah ini. 

1. Buka Menu QRIS di Aplikasi Kredivo


  • Pertama, buka aplikasi Kredivo milikmu. 
  • Kemudian buka menu QRIS yang ada di bawah. 

2. Gunakan Fitur Barcode


Untuk metode yang pertama ini, gunakan saja fitur Barcode. Fitur ini terdapat di bawah kotak yang digunakan untuk scan QR code. Tepatnya ada di sebelah kanan seperti yang ditunjukkan. 

3. Pilih Minimarket Alfamart


Di halaman selanjutnya kamu bisa lihat semua retail dan minimarket yang bekerja sama dengan Kredivo. Jika kamu belanja di semua tempat tersebut, bisa membayarnya pakai limit di akun Kredivo milikmu. Tapi karena di sini belanja di Alfamart, maka pilih minimarket Alfamart

4. Tunjukkan Barcode kepada Kasir Alfamart


Kamu akan mendapatkan sebuah barcode yang digunakan untuk pembayaran setelah memasukkan PIN Kredivo dan kode OTP. Tunjukkan barcode tersebut kepada kasir Alfamart. Pihak kasir akan memindainya dan kamu bisa tunggu beberapa saat. 

5. Konfirmasi Pembayaran


Nominal pembayaran telah tercatat di aplikasi Kredivo. Kamu dapat memasukkan voucher jika memilikinya, sehingga belanja lebih murah karena mendapatkan potongan harga. Untuk menyelesaikan transaksi, klik Konfirmasi

Cara 2. Belanja di Alfamart Menggunakan QRIS

Cara belanja di Alfamart pakai Kredivo yang selanjutnya yaitu pakai QRIS. Metode ini pun sangat mudah, karena tinggal scan kode QR dan tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk melakukan pembayaran. Iki saja langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

  • Datang ke Alfamart terdekat dan sampaikan jika kamu nantinya ingin bayar pakai QRIS dari aplikasi Kredivo. 
  • Jika bisa melakukannya, scan kode QR di Alfamart saat melakukan pembayaran.


  • Setelah itu, masukkan nominal belanjaan yang harus dibayarkan. Lalu klik Ya, Lanjutkan jika jumlahnya sudah benar. 

  • Pada halaman selanjutnya, kamu dapat memasukkan voucher jika memilikinya. Lalu tekan Bayar

  • Tulis PIN akun Kredivo milikmu pada kolom dan klik Bayar untuk menyelesaikannya. 

Begitulah cara belanja di Alfamart pakai Kredivo untuk pembayaran yang lebih mudah. Selain praktis karena tidak perlu menyiapkan uang tunai, dengan Kredivo kamu bisa belanja kapan saja. Dengan sistem PayLater, kamu dapat beli sekarang tapi bayarnya belakangan. 


Terlebih lagi cara pembayaran pakai Kredivo cukup dengan menunjukkan barcode atau scan kode QR. Cara ini dapat kamu lakukan di seluruh gerai Alfamart di Indonesia dan minimarket rekanan lainnya. Tidak jarang pula ada voucher diskon yang bisa kamu gunakan saat belanja, sehingga mendapatkan potongan harga.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

1 comment

Comment Author Avatar
5/18/2024 9:18 AM Delete
oww jadi gitu cara pake barcode sama qris, selama ini pake smartphone baru tau kegunaan fitur itu hehee