Cara Bayar Parkir Pakai GoPay, Tinggal Scan QR Code

Table of Contents
dumados.com »« Di era serba digital ini, semua transaksi semakin mudah dilakukan. Contohnya seperti cara bayar parkir pakai GoPay yang sering dilakukan saat ini. Jadi, kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai pas yang terkadang sulit didapatkan.

GoPay sendiri punya fitur QRIS yang dapat dipakai untuk bayar transaksi apa saja. Termasuk parkir di tempat-tempat yang memang menyediakan cara pembayaran tersebut. Tinggal scan kode QR, tagihan muncul, kemudian bayar dengan saldo GoPay.

Sistem pembayaran ini sebenarnya tidak terbatas pada parkir saja, tapi juga transaksi lain. Contohnya saat kamu belanja di mall, minimarket, hingga jajanan pinggir jalan sekalipun. Agar lebih jelas bagaimana caranya, simak panduan berikut ini.

Cara Bayar Parkir Pakai GoPay

Cara Bayar Parkir Pakai GoPay

Kamu punya saldo GoPay yang banyak? Lebih baik gunakan saja untuk membayar berbagai jenis transaksi. Kamu dapat memakainya untuk bayar tagihan parkir dengan uang pas. Jadi, tanpa uang tunai pun tidak perlu bingung lagi.

Pembayaran ini dapat kamu lakukan jika di parkir tersebut ada fitur scan kode QR. Entah kodenya terdapat pada karcis atau di area parkir tersebut. Kalau kamu menemukan kode QR di sana, bayar saja dengan GoPay. Caranya seperti ini:

1. Pilih Menu Bayar di Aplikasi GoJek


  • Pertama, kamu harus buka aplikasi GoJek terlebih dahulu. Meskipun GoPay sudah ada aplikasinya sendiri, tetap bisa kamu akses melalui GoJek.
  • Di halaman pertama kamu bisa lihat berapakah saldo GoPay yang tersisa saat ini.
  • Di samping saldo itulah, ketuk menu Bayar.

2. Aktifkan Akses Kamera

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa cara bayar parkir pakai GoPay itu menggunakan fitur QRIS dengan scan kode QR. Jadi, kamu harus mengaktifkan akses kamera aplikasi GoJek terlebih dahulu. Berikut caranya:
  • Kalau kamu baru pertama kali pakai kamera di GoJek, akan muncul notifikasi “Aktifkan akses kamera untuk scan kode QR.”
  • Tekan saja OKE untuk menyetujuinya.
  • Selanjutnya beri izin akses Saat aplikasi digunakan atau Hanya kali ini.

3. Scan Kode QR yang Ada di Karcis atau Tempat Parkir


Inilah langkah yang ketiga. Setelah kamera diaktifkan, secara otomatis akan membuka fitur ini scan kode QR. Pindai kodenya dengan cara berikut:
  • Carilah di mana kode QR itu berada. Kalau ada di karcismu, maka akan lebih mudah.
  • Apabila kamu sudah menemukannya, langsung arahkan kamera ke kode QR tersebut untuk memindai.
  • Pastikan posisinya tepat pada kotak yang sudah ditandai.
  • Tunggu beberapa saat untuk proses memindai kode.

4. Cek Tarif Parkir


Kode QR sudah berhasil di-scan. Setelah itu akan langsung muncul rincian pembayaran. Informasi yang ada di dalamnya meliputi di mana kamu parkir, waktu, tanggal, dan tentunya tarif yang harus dibayar.

5. Tentukan Metode Pembayaran

  • Langkah selanjutnya yaitu menentukan metode pembayaran. Geser layar ke bawah.
  • Setelah itu, ketuk Pilih metode pembayaran pada menu Bayar dengan.
  • Kemudian, tandai GoPay sebagai metode yang akan kamu gunakan.
  • Pastikan saldomu cukup untuk membayar tagihan parkir sesuai yang ada di rincian tadi.

6. Lakukan Pembayaran


Pembayaran tarif parkir dengan saldo Gopay hampir selesai. Sekarang tinggal tekan tombol Bayar yang ada di bawah untuk melanjutkan prosesnya. Pada rincian tersebut juga muncul informasi jika sudah menyelesaikan transaksi, kamu harus keluar dari area parkir dalam waktu 30 menit.

7. Masukkan PIN GoPay


Langkah berikutnya tulis PIN GoPay milikmu. Masukkan PIN dengan benar dan jangan sampai ada yang keliru.

8. Cek Notifikasi Pembayaran


Pembayaran sudah berhasil. Ini dapat kamu lihat melalui notifikasi yang muncul di aplikasi GoJek. Selain itu, ada juga bukti transaksi yang sebaiknya kamu simpan. Gunakan bukti tersebut untuk keluar dari area parkir.

Begitulah cara bayar parkir pakai GoPay yang sangat praktis. Kamu bisa melakukan ini di mana saja, selama tempat parkir tersebut menyediakan fitur pembayaran QRIS. Jadi, tidak perlu kebingungan menyiapkan uang tunai lagi.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment