Cara Bayar Ruang Guru di Indomaret, Bisa Kok!

Table of Contents
dumados.com »« Ruangguru merupakan platform pembelajaran online yang menyediakan fitur dan jenjang pendidikan terlengkap. Untuk menggunakan layanan yang ada di platform tersebut, kamu harus tahu bagaimana cara bayar Ruang Guru. Jadi, kamu wajib berlangganan terlebih dahulu.

Sistemnya sama seperti ketika kamu ikut les atau bimbingan belajar (bimbel). Di mana harus bayar untuk jangka waktu per bulan, per semester, atau bahkan satu tahun. Ruangguru pun demikian. Kamu memilih paket pembelajarannya sesuai kebutuhan, lalu melakukan pembayaran.

Karena pembelajaran ini berbasis digital, pembayarannya pun dengan cara online. Tapi bagaimana jika tidak punya rekening maupun kartu kredit? Tidak usah khawatir, berikut solusinya untukmu.

Cara Bayar Ruang Guru

Cara Bayar Ruang Guru

Agar kamu dapat belajar dengan tutor profesional di Ruangguru, harus membeli paket pembelajaran terlebih dahulu. Ada banyak paket yang disediakan sesuai dengan jenjang pendidikanmu. Mulai dari kelas 1 SD hingga persiapan mengikuti SBMPTN.

Paket yang ada di Ruangguru bermacam-macam jangka waktunya. Ada yang dapat dibeli untuk satu bulan hingga sekaligus satu tahun. Bagaimana cara bayarnya kalau tidak punya rekening? Ternyata kamu bisa bayar lewat minimarket seperti Indomaret. Beginilah caranya.

1. Masuk ke Menu Pembelian Aplikasi Ruangguru


Ruangguru ini dapat kamu akses melalui aplikasi maupun situs web. Jika kamu ingin menggunakan yang aplikasi, bisa di-download terlebih dahulu. Kemudian lakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor HP atau email aktif.

Kalau sudah daftar dan terbuka halaman awal aplikasi seperti ini, masuk ke bagian Pembelian. Menu tersebut ada di bawah.

2. Pilih Produk Sesuai Kebutuhan


Kamu harus tahu bahwa di Ruangguru itu menyediakan berbagai produk layanan. Tidak hanya bagi siswa saja, tapi juga untuk para guru. Beberapa produk yang disediakan yaitu:
  • Ruang Belajar.
  • Brain Academy.
  • English Academy.
  • Roboguru Plus.
  • Tryout Spesial Ruanguji.
  • Ruangguru Privat.
  • Kursus for Kids.
Pilih salah satu dari beberapa produk tersebut. Kalau kamu ingin mengikuti bimbingan online, bisa memilih Ruang Belajar.

3. Tentukan Jenjang Pendidikan

Selanjutnya akan dibawa ke halaman paket Ruangguru. Tapi sebelum memilih, tentukan dulu jenjang pendidikanmu. Caranya seperti ini:
  • Ketuk di bagian ini.

  • Setelah itu, tentukan ingin ambil paket untuk kelas berapa? Contohnya kelas 9 atau 3 SMP.
  • Kemudian tentukan metode pembelajarannya, ada Pembelajaran Menurut Topik dan Kurikulum Merdeka. Di sini dicontohkan yang Kurikulum Merdeka.
  • Kalau sudah, tekan Simpan di bawah.

4. Pilih Paket Pembelajaran


Berdasarkan jenjang pendidikan yang kamu masukkan, Ruangguru akan menampilkan paket pembelajaran yang relevan. Ada paket dua tahun, satu tahun, dan satu bulan. Kamu bisa scroll untuk melihat dan membaca rincian paket. Kalau sudah ketemu, ketuk Pilih Paket.

5. Lakukan Pembelian


Di halaman selanjutnya akan muncul rincian lebih lengkap. Kamu bisa lihat apa saja yang akan didapatkan dari paket pembelajaran tersebut. Untuk melanjutkan, tekan Beli Paket.

6. Cek Detail Pembayaran


Menginjak langkah yang keenam, ada detail pembayaran yang ditampilkan di Ruangguru. Di situ dijelaskan kalau ada biaya tambahan berupa layanan dari Google Play. Jika yakin ingin membeli paketnya, tekan Beli Paket.

7. Pilih Cara Checkout


Ada dua cara checkout yang disediakan, yaitu Ruangguru atau Google Play. Agar lebih mudah, kamu bisa pilih Ruangguru saja.

8. Pilih Metode Pembayaran


Berikut ini cara bayar Ruang Guru yang dikatakan mudah tadi. Platform ini menyediakan berbagai jenis metode pembayaran yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Tidak hanya transfer virtual account, tapi ada juga e-wallet, kartu kredit/debit, minimarket, hingga Kredivo.
  • Tentukan ingin bayar dengan apa.
  • Karena kamu tidak punya rekening maupun saldo e-wallet, bisa memilih Minimarket.
  • Kemudian pilih minimarket mana, contohnya Indomaret.

9. Konfirmasi Pembayaran


Setelah itu akan muncul total pembayaran lagi. Untuk mengonfirmasi pembelian ini, tekan tombol BAYAR. Kamu akan mendapatkan sebuah kode pembayaran. Datang ke Indomaret terdekat sambil membawa kode tersebut. Kemudian bayarkan sesuai harga paket yang dipilih tadi.

Begitulah cara bayar Ruang Guru melalui Indomaret jika kamu tidak punya rekening ataupun dompet digital. Kamu dapat mengikuti pembelajaran di aplikasi Ruangguru dengan memilih paket yang sesuai jenjang pendidikan. Durasi pembelajarannya pun beragam.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment