Cara Bayar Tagihan Akulaku yang Hampir Jatuh Tempo

Table of Contents
dumados.com »« Kamu masih punya tanggungan pinjaman di AkuIaku? Buruan, deh, cek bagaimana cara bayar tagihan Akulaku. Selayaknya pinjaman, kamu punya kewajiban untuk mengembalikannya setiap bulan.

Akulaku sendiri adalah salah satu penyedia layanan keuangan yang memiliki produk cicilan dan PayLater. Dengan layanan PayLater-nya, kamu dapat membeli barang, tapi bayarnya belakangan. Sedangkan produk Dana Cicil memberimu pinjaman hingga RP15 juta.

Baik menggunakan layanan PayLater maupun Dana Cicil, kamu harus membayar tagihannya sebelum jatuh tempo. Ini penting agar tidak mendapatkan denda keterlambatan. Selain itu, telat bayar juga mempengaruhi kredit skormu. Jadi, simak bagaimana cara bayar tagihannya berikut ini.

Cara Bayar Tagihan Akulaku

Cara Bayar Tagihan Akulaku

Seperti halnya meminjam, ternyata membayar tagihan Akulaku pun sama mudahnya. Kamu dapat memilih metode yang mana saja sesuai keinginan. Salah satu yang paling sering digunakan yaitu bayar lewat transfer bank virtual account.

Di samping itu, pembayaran tagihan Akulaku ini bisa kamu lakukan dengan cara mengangsur. Selama belum lewat jatuh tempo, dapat dicicil sesuai dengan uang yang dimiliki saat ini. Untuk menjelaskan bagaimana caranya, langsung saja lihat langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke Menu Keuangan


Akulaku sempat ditutup beberapa bulan oleh OJK karena melakukan pelanggaran. Tapi sekarang sudah dibuka dan memberikan pelayanan keuangan kembali. Kamu pun yang masih punya tagihan dan mendekati jatuh tempo, harus segera menyelesaikannya.

Pembayaran dapat dilakukan langsung di aplikasi Akulaku. Sebelumnya, cek dulu berapa banyak tagihan yang kamu miliki saat ini. Pertama, masuk ke menu Keuangan yang ada di bagian bawah.

2. Lihat Total Tagihan Akulaku


Pada halaman selanjutnya, kamu bisa lihat total tagihan yang masih jadi tanggunganmu. Untuk melihatnya lebih rinci, ketuk tombol Tagihan Saya seperti yang ditunjukkan di atas.

3. Pilih Tagihan yang Akan Dibayar


Lalu di halaman ini kamu bisa melihat semua tagihan Akulaku milikmu. Ada tagihan dari PayLater dan Dana Cicil. Selain itu, terdapat pula informasi jatuh temponya. Biasanya, tagihan yang mendekati jatuh tempo ada di urutan atas.

Baik pembayaran tagihan Dana Cicil maupun PayLater di Akulaku itu sama saja. Berikut akan dicontohkan cara membayar Dana Cicil karena hampir mendekati jatuh tempo. Tekan saja tombol Bayar Sekarang yang ada di menu Dana Cicil.

4. Isi Jumlah Pembayaran


Seperti yang dikatakan bahwa pembayaran tagihan Akulaku itu dapat kamu cicil. Tidak harus penuh semua tagihan, tapi bisa setengahnya atau sesuai uang yang kamu miliki. Asal pelunasannya nanti tidak lewat jatuh tempo agar tidak mendapatkan denda.
  • Pada halaman rincian pembayaran ini, kamu bisa lihat dulu keterangan Total Tagihan dan Jumlah Belum Dibayar.
  • Lalu cek di bagian Jumlah Pembayaran. Kalau kamu ingin bayar tagihan secara penuh, biarkan kolom ini. Tapi jika ingin mencicil dulu, tuliskan nominal pembayarannya. Di situ dijelaskan kalau jumlah minimal bayar Rp200.000 dan harus pas tidak boleh lebih dari tagihan.
  • Karena di sini ingin bayar seluruh tagihan, biarkan saja.
  • Kemudian, ketuk tombol Bayar Sekarang yang ada di bawah.

5. Tentukan Metode Pembayaran


Bayar tagihan Akulaku bisa kamu lakukan lewat Bank Transfer Virtual Account dan minimarket. Apabila hanya punya uang tunai, bisa bayar lewat minimarket. Berikut menggunakan metode pembayaran Bank Transfer Virtual Account dengan bayar ke tujuan Bank BCA, lalu klik Konfirmasi

6. Salin Kode Virtual Account


Tiap kali pembayaran Akulaku, kamu akan mendapatkan sebuah kode pembayaran, baik bayar lewat minimarket maupun Bank Transfer Virtual Account. Seperti cara bayar tagihan Akulaku ini, kamu pun dapat kode virtual account. Kode inilah yang nantinya jadi tujuan pembayaran. Bisa simpan kodenya atau tekan Copy.

Jika kamu pilih Alfamart atau Indomaret, tinggal bawa kode pembayarannya ke minimarket tujuan terdekat. Sampaikan ingin bayar tagihan Akulaku pada kasir dan berikan kodenya. Sedangkan untuk transfer bank virtual account bisa lewat ATM, internet banking, maupun m-banking.

Bayar Tagihan Akulaku Lewat BCA Mobile

Jika kamu tadi pilih metode transfer bank virtual account BCA, bisa menyelesaikan pembayarannya lewat BCA Mobile. Bisa dilakukan di mana saja lewat HP. Caranya seperti ini:
  • Buka aplikasi BCA Mobile.
  • Pilih layanan m-BCA.
  • Masukkan kode akses, kemudian klik Login.
  • Setelah itu, pilih layanan m-Transfer.
  • Selanjutnya pilih BCA Virtual Account.
  • Ketuk Input No. Virtual Account.
  • Masukkan nomor virtual account yang sudah disalin dari Akulaku, lalu klik OK.
  • Kalau sudah, tekan Send.
  • Kemudian akan muncul total tagihan, klik saja OK.
  • Selesaikan pembayaran dengan memasukkan PIN m-BCA.
Seperti itulah cara bayar tagihan Akulaku. Kamu dapat membayar lewat transfer bank maupun minimarket. Kode pembayaran adalah tujuannya, jadi simpan untuk bayar tagihan.

Yang Kamu Butuhkan:
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment