Cara Buat Link WA me dengan dan Tanpa Teks

Table of Contents
dumados.com »« Dalam WhatsApp terdapat fitur klik untuk chat yang memberikan kemudahan untuk memulai chat. Salah satunya yaitu dengan cara buat link WA me sendiri. Ada rumus tertentu, yang jika diklik akan langsung menuju chat tanpa perlu menyimpan nomor.

Bila kamu punya toko online yang berbasis di WhatsApp, wajib tahu bagaimana cara membuatnya. Karena dengan link tersebut, pelanggan bisa menghubungimu dengan mudah. Mereka tidak perlu repot-repot menyimpan nomormu.

Begitu pula dalam dunia bisnis. Ketimbang menyebutkan nomor WA pada klien yang berpotensi ada kesalahan, lebih baik berikan tautan WA me tersebut. Jauh lebih praktis, efisien, dan mempermudah komunikasi. Cek bagaimana cara buatnya di sini.

Cara Buat Link WA me

Cara Buat Link WA me

Membuat sendiri tautan WA me itu sangat mudah. Kamu tidak perlu aplikasi tambahan maupun software tertentu yang rumit dijalankan. Mungkin yang diperlukan sebuah aplikasi note atau catatan yang pasti sudah ada di HP masing-masing.

Dalam membuat link WA me, itu menggunakan sebuah rumus. Ada dua macam rumus. Yang pertama membuat link yang langsung menuju chat sesuai nomor yang dimasukkan. Lalu yang kedua menambahkan pesan otomatis dalam chat tersebut. Lihat panduannya di sini.

Cara 1. Buat Link WA me Tanpa Teks


Yang pertama ini merupakan rumus WA me paling sederhana. Kamu tinggal menambahkan nomor HP yang jadi akun WhatsApp. Bahkan bisa diterapkan pada setiap nomor WA, bukan hanya milikmu saja.

Rumus yang digunakan yaitu https://wa.me/nomor WhatsApp. Jadi, rinciannya seperti ini:
  • Kamu bisa membuat link ini di aplikasi Note atau Catatan.
  • Pertama, tulis alamat https://wa.me.
  • Kemudian langsung tuliskan nomor WA yang hendak dibuatkan link. Cara penulisannya dimulai dengan kode negara tanpa tanda plus (+). Setelah itu, ikuti dengan nomor WhatsApp-nya.
  • Kalau di Indonesia, menggunakan kode negara +62. Tapi dituliskan tanpa tanda tambah yang ada di depannya itu.
  • Selanjutnya menuliskan nomor WhatsApp yang dimulai dengan angka 8, bukan 0.
  • Jadi, contohnya seperti ini, https://wa.me/62857xxxxx.
Berikutnya salin tautan yang sudah dibuat dan gunakan sesuai kebutuhan. Semisal ada yang ingin mengirimkan pesan padamu pakai cara yang lebih efisien. Kamu pun bisa menempelkan link tersebut di bio media sosial lain.

Saat tautan diklik, akan terbuka sebuah web. Mereka tinggal klik tombol “Lanjut ke Chat” dan langsung membuka roomchat dengan nomor yang dimasukkan. Ini menjadi salah satu kemudahan, karena tidak perlu menyimpan nomor WhatsApp. Tinggal klik dan bisa menuliskan chat seperti biasanya.

Cara 2. Buat Link WA me dengan Tulisan

Penjelasan yang kedua yaitu tentang cara buat link WA me dengan menyertakan sebuah teks. Dengan pesan otomatis tersebut, orang yang klik tautan tidak perlu repot-repot lagi menuliskan chat. Kamu dapat menambah teks pesan yang kemungkinan besar sering ditanyakan.

Contohnya WhatsApp milik penjual. Biasanya, pelanggan yang menghubungi menanyakan ketersediaan produk, harga, dan hal-hal terkait. Perkirakan hal-hal yang sering ditanyakan pertama kali, sehingga pelangganmu merasa terbantu tanpa perlu menuliskan chat sendiri.

Untuk memunculkan pesan otomatis tersebut, tetap menggunakan link WA me. Kamu dapat melakukan kustomisasi sendiri sesuai kebutuhan. Lihat bagaimana caranya di bawah ini.
  • Masih menggunakan aplikasi Note, tulis rumus awal https://wa.me/nomor WhatsApp.
  • Setelah itu, akhiri penulisan nomor dengan tanda tanya. Contohnya https://wa.me/6285712345678?.
  • Berikutnya rumus untuk menambahkan teks otomatis, yakni tuliskan text= setelah tanda tanya tersebut.
  • Sedangkan untuk memberikan spasi pada teks, gunakan simbol 20%. Jadi, teksnya nanti lebih rapi dan bisa terbaca.
  • Contohnya kamu ingin membuat pesan otomatis “Hai, apa produk ini masih tersedia”
  • Maka, link WA me yang benar yaitu https://wa.me/6285712345678?text=Hai,%20apa%20produk%20ini%20masih%20tersedia.
  • Saat tautan tersebut diklik, akan langsung mengarah ke chatroom dan ada pesan otomatis seperti ini.
  • Pelanggan dapat langsung mengirimkan pesan tersebut atau mengedit sesuai kebutuhan.
Jadi, cara buat link WA me itu menggunakan rumus tertentu. Kamu bisa langsung memasukkan nomor WhatsApp yang akan dibuatkan link. Jika ingin menambahkan pesan otomatis, lihat bagaimana rumus yang telah diterangkan.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment