Cara Buat Linktree (WA, IG, dan TikTok) Gratis

Table of Contents
dumados.com »« Linktree merupakan layanan berbagi link yang banyak digunakan hingga saat ini, karena gratis dan fiturnya lengkap. Cara buat Linktree juga mudah. Kamu dapat menambahkan berbagai macam tautan, sehingga memberikan kemudahan pada siapa pun yang mengaksesnya.

Linktree adalah layanan untuk membuat aktivitas berbagai link di suatu halaman website atau landing page dengan praktis dan mudah. Siapa saja yang mengunjungi link tersebut, dapat mengakses semua konten pakai link utama. Contohnya memasukkan tautan WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lainnya ke dalam Linktree.

Link utama dari Linktree dapat kamu cantumkan pada bio akun media sosial apa saja. Jadi, lebih efisien ketimbang menuliskan tautan satu per satu. Untuk membuat Linktree, ikuti panduan yang diterangkan di bawah ini.

Cara Buat Linktree

Cara Buat Linktree

Kamu dapat membuat Linktree lewat semua perangkat, termasuk ponsel. Tidak perlu juga aplikasi tambahan, sebab Linktree bisa diakses via website. Tambahkan tautan apa saja di Linktree.

Linktree ini sangat berguna bagi pelaku bisnis. Dengan satu link utama, dapat mencantumkan tautan akun toko, kontak, website, dan lainnya. Sehingga pelanggan bisa akses dengan mudah tanpa harus mencari tautannya sendiri-sendiri.

Kamu dapat menggunakan Linktree secara gratis. Langkah-langkah membuatnya akan diterangkan di bawah.

1. Buat Akun Linktree

Terlebih dahulu, kamu harus login ke Linktree. Tapi jika baru pertama kali membukanya, daftar akun terlebih dahulu. Gunakan akun Google untuk login yang lebih mudah. Ikuti bagaimana cara buat akun Linktree berikut ini:
  • Buka https://linktr.ee dari browser apa saja.
  • Di halaman awal ini, pilih Sign up free jika belum punya akun.
  • Setelah itu, lakukan pendaftaran. Agar lebih mudah, pilih saja Sign up with Google.
  • Pilih akun Google yang digunakan untuk daftar Linktree.
  • Akun sudah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya, membuat username untuk akun Linktree. Pastikan username tersebut belum digunakan pengguna lain.
  • Jika ada tanda centang, bisa pakai username-nya.
  • Kalau sudah, ketuk Continue.

2. Pilih Paket Linktree


Di halaman selanjutnya, ada berbagai jenis plan atau paket untuk berlangganan Linktree. Tapi jangan khawatir. Kamu bisa memilih plan Free. Meskipun gratis, masih tetap bisa memakai fitur-fitur di Linktree, walaupun ada beberapa yang dibatasi. Setelah memilih plan tersebut, ketuk Join for free yang ada di bawah. Untuk berikutnya tinggal Skip saja.

3. Tambahkan Detail Profil


Kamu harus membuat profil yang bagus, sehingga saat linknya diklik memberikan kesan yang bagus. Jadi, tambahkan gambar sebagai foto profil akun Linktree. Kamu dapat mengunggah foto sendiri dari galeri. Selain itu, tuliskan judul profil dan bio singkat. Setelah selesai, tekan Continue.

4. Pilih Template Linktree


Langkah selanjutnya, pilih template Linktree yang ingin digunakan. Pilih dari beberapa template gratis. Nanti pun bisa diubah-ubah sesuai keinginan. Untuk menggunakannya, ketuk Use template.

5. Buat Link di Linktree

Berikut ini cara buat Linktree setelah berhasil login. Kamu dapat mencantumkan tautan apa saja yang mungkin diperlukan oleh pelanggan. Misalkan menambahkan link akun Instagram, TikTok, WhatsApp, dan website. Jika ada akun toko di e-commerce tertentu, juga bisa dicantumkan.

Kamu dapat menambahkan beberapa link sekaligus. Caranya seperti ini:
  • Di halaman pembuatan tautan, ketuk Add Link.
  • Langsung masukkan linknya pada bagian URL. Contoh ingin menambahkan kontak WhatsApp, bisa menggunakan link wa.me/62(NomorWhatsApp). Kalau instagram, linknya instagram.com/username. Kamu dapat mencari dan menyalin linknya untuk ditempelkan di sini.
  • Setelah menuliskan linknya, ketuk Add.
  • Lalu, tap tanda pensil untuk mengubah judul yang sesuai.
  • Contohnya WhatsApp untuk tautan WA.
  • Pastikan panel di sebelah kanan berwarna hijau agar tautan muncul di Linktree.
  • Tekan Add Link lagi untuk menambahkan tautan lain.
  • Lakukan hal yang sama sampai semua link dimasukkan.
  • Kalau sudah selesai, ketuk Preview untuk melihat hasilnya.

6. Bagikan Linktree


Setelah itu, kamu dapat membagikan dan mencantumkan Linktree di mana saja. Terlebih dahulu ketuk Copy your Linktree URL untuk menyalin tautan akunmu. Lalu, tambahkan di bio Instagram, Facebook, atau sosial media lainnya.

Itulah cara buat Linktree lewat HP secara gratis. Manfaatkan Linktree untuk membuat tautan yang efisien dan praktis. Pelangganmu lebih mudah untuk mengaksesnya ketimbang mencantumkan link satu per satu.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment