2 Cara Cek Baterai Health Samsung Original Semua Tipe

Table of Contents
dumados.com - Baterai merupakan komponen penting bagi smartphone. Itulah kenapa, pastikan kondisinya dengan cara cek baterai health Samsung. Karena jika kesehatan baterai menurun, performa HP-mu pun ikut turun.

Salah satu dampak yang paling terasa yaitu daya baterai cepat habis, meskipun HP hanya digunakan untuk pekerjaan ringan. Tidak untuk streaming maupun main game online. Kalau sudah begini, akan sangat merepotkan.

Kamu dapat memastikan dulu bagaimana kesehatan baterai HP Samsung. Apakah masih normal atau memerlukan perawatan. Jika memang tidak bisa diperbaiki sama sekali, biasanya harus diganti.

Cara Cek Baterai Health Samsung

Cara Cek Baterai Health Samsung

Kamu dapat memastikan kesehatan baterai HP Samsung dengan sangat mudah. Ada dua cara, yakni lewat menu Pengaturan dan aplikasi Samsung Members. Langkah-langkahnya bisa dilihat pada penjelasan berikut.

Cara 1. Cek Baterai Health Samsung Lewat Pengaturan

Cara yang pertama untuk melihat battery health HP Samsung yaitu lewat menu Pengaturan. Kamu dapat melakukan pengecekan secara rutin, misal satu bulan sekali. Ini bertujuan untuk mengetahui kondisi baterai, terlebih saat merasa daya dan performa perangkat sudah mulai menurun. Ikuti langkah-langkah berikut:
  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung.
  • Kemudian, masuk ke menu Perawatan perangkat dan baterai.
  • Selanjutnya pilih menu Diagnosis yang ada di bawah.
  • Ada beberapa fitur diagnostik yang disediakan. Kamu dapat mengecek masing-masing fitur HP Samsung apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Kalau ingin melihat battery health, gulir ke bawah.
  • Lalu pilih menu Status baterai. Tanda centang menunjukkan jika belum lama ini mengecek kesehatan baterai.
  • Lihat bagaimana hasil pengecekan. Kalau tertulis Normal, berarti kondisi baterai masih baik-baik saja. Tapi jika baterai bocor, maka yang muncul keterangan Perlu tindakan.
  • Bila ingin melakukan pengecekan kembali, ketuk tombol Cek lg.

Cara 2. Cek Baterai Health Samsung Lewat Aplikasi Samsung Members

Cara cek baterai health Samsung yang kedua menggunakan aplikasi Samsung Members. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur, salah satunya Diagnosis. Jadi, kamu dapat memeriksa beberapa fitur dan komponen HP Samsung. Caranya seperti ini:
  • Download aplikasi Samsung Members jika belum punya.
  • Buka aplikasinya dan login dengan akunmu.
  • Setelah terbuka, langsung kamu pilih menu Diagnosis.
  • Kemudian pilih fitur Status Baterai.
  • Lihat hasil pengecekan. Bila tertulis Normal, berarti kesehatan baterai masih bagus.

Kenapa Baterai Health Samsung Cepat Turun?

Mungkin akhir-akhir ini kamu merasa jika performa baterai semakin menurun dan tidak awet seperti biasanya. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini beberapa hal yang membuat baterai health cepat turun:
  • Penuaan kimia baterai. Seiring waktu dan penggunaan, baterai lithium-ion itu pasti mengalami penurunan kualitas akhirnya penuaan kimia. Kapasitasnya akan turun secara alami meskipun kamu menggunakan HP dengan benar. Kalau ini yang terjadi, sebaiknya tidak menggunakan HP secara berlebihan agar tidak mempercepat proses penurunan kualitas. Kamu juga bisa mengaktifkan mode hemat baterai.
  • Paparan suhu ekstrem. Sebab selanjutnya yaitu karena terpapar suhu ekstrem, entah itu terlalu panas atau dingin. Hal tersebut akan mengurangi masa pakai baterai. Solusinya, tidak menggunakan HP secara langsung di bawah sinar matahari maupun di lingkungan yang suhunya sangat rendah.
  • Pemakaian aplikasi. Kamu harus tahu, bahwa aplikasi yang kamu gunakan itu sebenarnya tidak benar-benar tertutup kalau hanya di-close. Ada aplikasi yang terus berjalan di latar belakang dan mengakibatkan turunnya daya tahan baterai. Jadi, pastikan menutup aplikasi yang tidak digunakan.
  • HP terus dicas padahal sudah penuh. Kamu pasti terbiasa mengisi daya baterai hingga penuh, bahkan sampai membiarkannya hingga berjam-jam. Hal seperti ini juga mempercepat penurunan kesehatan baterai. Sebaiknya, tidak mengecasnya lebih dari 80 persen.
Demikianlah penjelasan cara cek baterai health Samsung untuk memastikan kondisinya. Kalau masih normal, berarti baterai masih dapat digunakan. Namun kamu perlu lebih aware jika di situ muncul keterangan Perlu tindakan. Karena kesehatan baterai yang turun akan mengganggu performa perangkat.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment