Cara Buat Virtual Account BCA Untuk Menunjang Bisnismu

Table of Contents
dumados.com »« Buat para pengusaha yang sering melakukan transaksi secara online, harus tahu bagaimana cara buat virtual account BCA. Dengan layanan tersebut, proses transaksi dan merekam buktinya lebih mudah dilakukan secara virtual. Selain itu, juga memberikan keuntungan bagi pelanggan.

Virtual account pun lebih sering digunakan saat ini. Tapi bagaimana dengan nasabah BCA? Apakah yang harus disiapkan jika ingin membuat rekening virtual account? Apa saja keuntungan yang akan diperoleh? Semuanya akan dijelaskan di sini.

Apa Itu Virtual Account BCA?

Virtual account BCA merupakan nomor yang menjadi identitasmu sebagai pemegang rekening, namun dalam bentuk digital. Saat kamu daftar akun virtual, akan mendapatkan kode khusus yang dikeluarkan oleh BCA dalam menyelesaikan transaksi. Kombinasi nomor tersebut bersifat unik dan dapat diatur sesuai kebutuhan perusahaan.

Kalau dalam KTP, nomor akun virtual itu sama halnya dengan NIK. Karena itulah dikatakan sebagai identitas yang unik. Setiap virtual account terhubung langsung dengan seluruh jaringan sistem digital BCA, sehingga dapat diakses lewat internet banking, ATM, maupun mobile banking.

Dengan nomor akun virtual, pembayaran tidak perlu repot menuliskan nomor rekening perusahaan dan nominal tagihan. Melainkan cukup dengan kombinasi nomor tersebut. Sistem akan mengonfirmasi pembayaran secara otomatis tanpa perlu mengirimkan bukti transfer. Pihak perusahaan pun dapat mengidentifikasi pembayaran dari pelanggan dengan lebih mudah.

Cara Buat Virtual Account BCA

Cara Buat Virtual Account BCA

Sebenarnya cara membuat BCA virtual account itu sangat mudah. Hanya ada satu cara, yakni datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat. Untuk prosesnya, akan diterangkan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Perhatikan Persyaratan Untuk Membuat Virtual Account BCA

Yang pertama, kamu harus memperhatikan apa saja persyaratan jika ingin membuat virtual account BCA. Berdasarkan penjelasan yang tertera dalam situs web resmi BCA, berikut ini beberapa syarat nasabah yang bisa menggunakan fasilitas virtual account:
  • Fasilitas virtual account BCA hanya diperuntukkan bagi nasabah bisnis saja, kecuali Perseroan Perorangan atau nasabah individu.
  • Sudah memiliki rekening Giro BCA.
  • Memiliki fasilitas KlikBCA Bisnis atau myBCA Bisnis.

2. Buat Virtual Account BCA di Kantor Cabang

Setelah memenuhi persyaratan nasabah, kamu dapat datang langsung ke kantor cabang BCA. Berikut ini cara buat virtual account BCA:

  • Datangi kantor cabang BCA terdekat. Kamu bisa buat dari mana saja.
  • Setelah tiba di bank, ambil nomor antrean seperti biasanya.
  • Jika sudah tiba giliranmu, sampaikan kepada pihak customer service BCA bahwa kamu ingin mendaftar fasilitas virtual account. Misalkan ingin mendaftar untuk perusahaan.
  • Kemudian lengkapi formulir yang diberikan oleh customer service.
  • Bila semuanya sudah lengkap terisi, serahkan formulir fasilitas BCA virtual account yang telah ditandatangani. Serahkan berikut dokumen persyaratannya.
  • Tunggu proses verifikasi oleh pihak bank.
  • BCA berhak menolak maupun menerima permohonanmu.
  • Bila permohonan pembuatan virtual account BCA disetujui, kamu akan mendapatkan kode perusahaan.

Keuntungan Membuat Virtual Account BCA

Untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan dan konsumen, kamu harus menggunakan layanan virtual account ini. Berikut adalah beberapa keuntungan membuat virtual account BCA:
  • Jaringan transaksi luas. Dengan akun virtual, dapat melakukan transaksi dengan berbagai metode. Buka hanya lewat ATM, tapi juga bisa menggunakan mobile banking dan KlikBCA. Termasuk pula aplikasi lain yang juga menyediakan BCA sebagai layanan pembayaran.
  • Pencatatan transaksi lebih mudah. Setiap transaksi menggunakan akun virtual, data akan tercatat dalam sistem secara real time. Kamu dapat melihat catatan tersebut tiap kali dibutuhkan. Sehingga, tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual.
  • Lebih aman. Ketika ada pelanggan yang hendak melakukan pembayaran, kamu tidak perlu memberi tahu nomor rekening. Cukup bagikan saja nomor virtual account. Dengan begitu, rekeningmu lebih terjamin keamanannya.
  • Memudahkan identifikasi sumber dana. Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis dengan skala besar, pasti sering mendapatkan kiriman dana dari banyak orang. Tapi dengan virtual account, dapat mengetahui sumber dana tersebut secara cepat.
Jadi, begitulah cara buat virtual account BCA secara langsung. Fasilitas ini hanya diberikan kepada nasabah bisnis. Sangat cocok bagi kamu yang menjalankan usaha, sehingga memberikan kemudahan kepada pelanggan.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment