Cara Buat WhatsApp Business, Langkah-Langkah Pembuatan Akun

Table of Contents
dumados.com »« WhatsApp Business adalah WA yang dirancang secara khusus untuk keperluan bisnis dan memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Jika kamu memiliki usaha, harus tahu bagaimana cara buat WhatsApp Business. Dengan begitu, tidak tercampur antara keperluan pribadi dan bisnis.

Sering kali chat pelanggan ada yang tertimbun jika kamu menggunakan WA biasa. Hal tersebut tentu tidak bagus bagi keberlangsungan bisnismu karena dianggap tidak profesional. Oleh karena itu, gunakan WhatsApp Business yang menyediakan banyak fitur khusus untuk bisnis.

Cara Buat WhatsApp Business

Cara Buat WhatsApp Business

Sebenarnya proses pendaftaran akun WA bisnis itu sama saja dengan WhatsApp biasanya. Hanya memerlukan nomor HP aktif dan dapat menerima SMS. Selain membuat akun baru, kamu juga bisa memindahkan akun yang biasa menjadi bisnis. Berikut langkah-langkahnya.

1. Setujui Pendaftaran WhatsApp Business


Download dulu aplikasi WhatsApp Bisnis dari Google Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasinya. Lalu, di tampilan pertama, ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk melakukan pendaftaran.

2. Pilih Pakai Nomor WA Lama atau Baru


WhatsApp Business akan mendeteksi nomormu yang terdaftar di WA biasa. Kamu dapat menggunakan nomor tersebut sebagai akun bisnis. Tapi jika ingin membuat yang baru, ketuk tombol Gunakan Nomor Lain.

3. Masukkan Nomor HP-mu


Seperti halnya WhatsApp biasa, masukkan nomor HP yang digunakan untuk akun WA Bisnis. Sebelum itu, pastikan kode negara sudah benar. Setelah selesai memasukkan nomor ponsel, tekan Lanjut.

4. Konfirmasi Nomor HP


Cek sekali lagi dan periksa apakah kamu sudah memasukkan nomor yang benar. Bila tidak ada perubahan lagi, konfirmasi dengan ketuk Ya.

5. Tunggu Kode Verifikasi


Cara buat WhatsApp Business yang selanjutnya yaitu melakukan proses verifikasi. Tunggu SMS masuk ke nomor HP-mu yang memberikan kode OTP. Jika SIM Card ada di HP yang sama, kode akan terinput secara otomatis. Tapi kalau ada di ponsel lain, catat kodenya secara manual.

6. Berikan Izin Akses


Tekan Lanjut untuk memberikan izin akses kontak dan media. Dengan begitu, semua kontak yang tersimpan di buku telepon akan terdeteksi pula di aplikasi WhatsApp Business. Kamu pun bisa mengirimkan dan menerima file media.

7. Lengkapi Profil Bisnis


Langkah berikutnya melengkapi profil bisnis. Unggah foto profil sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Masukkan nama usaha dan pilih kategori bisnis yang sesuai. Jika sudah diisi, ketuk tombol Lanjut.

8. Buat Kunci Sandi


Selanjutnya kamu diminta untuk membuat kunci sandi, sehingga akun lebih aman. Tapi jika tidak ingin membuatnya sekarang, pilih opsi Lewati.

9. Gunakan WhatsApp Business


Akan tampil beberapa fitur WhatsApp Business yang dapat kamu gunakan, seperti membuat katalog. Tapi jika tidak ingin mengaturnya sekarang, ketuk Nanti. Akun WA Bisnis milikmu sudah jadi. Kamu dapat menggunakan berbagai fitur untuk menunjang usaha dan memudahkan komunikasi dengan pelanggan.

Fitur-Fitur WhatsApp Business

Banyak sekali perbedaan antara WhatsApp Business dengan yang biasa. Karena khusus diperuntukkan untuk bisnis, maka ada berbagai fitur yang disediakan untuk menunjang kegiatan usaha. Berikut ini beberapa fitur yang ada di WA Bisnis:
  • Katalog. Fitur untuk menampilkan produk dan layanan yang kamu berikan. Semacam etalase jika di e-commerce.
  • Tautan pendek. Kalau fitur yang satu ini untuk memudahkan pelanggan baru dalam menghubungimu. Kamu dapat membagikan link tersebut lewat berbagai platform. Sehingga saat diklik akan langsung terbuka halaman chatting.
  • Fitur perpesanan. Ini merupakan fitur pesan otomatis dengan template yang sudah ditentukan sebelumnya. Misal balasan otomatis saat kamu berada di luar jam kerja, sehingga pelanggan mengetahui kapan bisnismu akan buka kembali. Termasuk membuat balasan cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.
  • Label. Fitur untuk mengelompokkan percakapan pelanggan dalam beberapa kategori. Misalkan membuat katagori pelanggan baru atau pesanan dalam proses. Dengan begitu tidak akan tercampur menjadi satu.
Demikianlah penjelasan cara buat WhatsApp Business untuk menunjang usahamu. Kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur bisnis yang tidak tersedia di WA biasa. Selain itu, akan sangat merepotkan jika antara kepentingan pribadi dan bisnis menjadi satu.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment