Cara Cari Titik Koordinat Untuk Menentukan Lokasi yang Akurat

Table of Contents
dumados.com »« Sudahkah kamu tahu bagaimana cara cari titik koordinat yang benar dan mudah? Titik tersebut akan memberikan data lokasi yang lebih akurat, ketimbang hanya menyebutkan perkiraan arah atau patokan saja. Dengan titik koordinat, kamu juga bisa melacak lokasi dengan tepat.

Bukan hanya para traveller saja yang perlu titik koordinat untuk mengetahui lokasi suatu tempat. Rasa-rasanya, saat ini hampir semua membutuhkannya, terlebih orang tua. Pasalnya, titik koordinat diperlukan untuk mengisi data pendaftaran sekolah yang memakai sistem zonasi.

Dengan titik koordinat, akan diketahui berapa jarak antara rumah ke sekolah. Setelah itu, bisa tahu apakah bisa bersekolah di tempat tersebut setelah melihat ketentuan zonasi. Untuk mencari titik koordinat rumahmu, langsung saja cek caranya di bawah ini.

Apa Itu Titik Koordinat?

Namun sebelum menerangkan cara mencari titik koordinat rumah, kamu perlu tahu hal ini terlebih dahulu. Sebenarnya, apa itu titik koordinat? Dan bagaimana cara memahaminya?

Titik koordinat merupakan kedudukan tempat yang ditunjuk dengan garis vertikal dan horizontal. Pasti kamu sering menemukan garis tersebut dalam peta. Garis itu dinamakan dengan garis bujur barat dan timur, serta garis lintang utara dan selatan.

Ada dua macam titik koordinat yang digunakan, yakni koordinat geografis dan UTM. Koordinat geografis itu ditulis menggunakan satuan derajat (°), menit (‘), dan detik (“). Sedangkan koordinat UTM menggunakan sumbu X (dari barat ke timur) dan sumbu Y (dari selatan ke utara).

Kamu pasti sering menggunakan Google Maps untuk mengetahui lokasi suatu tempat. Nah, layanan navigasi peta digital tersebut memakai sistem koordinat geografis. Jadi, kamu dapat menentukan lokasi tertentu dengan lebih akurat pakai titik yang diberikan.

Untuk menampilkan titik koordinat, Google Maps ini mendukung tiga macam cara penulisan, yaitu:
  • Degree Minute and Second (DMS)
  • Degrees and Decimal Minutes (DMM)
  • Decimal Degrees (DD)
Seperti yang diterangkan di atas jika titik koordinat diperlukan untuk melengkapi formulir pendaftaran peserta didik baru. Sistem zonasi yang digunakan saat ini mengharuskan hal tersebut. Dengan begitu pihak sekolah dapat mengecek apakah jaraknya masih terdapat di zona yang sudah ditentukan.

Cara Cari Titik Koordinat

Cara Cari Titik Koordinat

Para orang tua pasti masih banyak yang kebingungan untuk mencari titik koordinat rumah. Padahal, caranya sangat mudah. Cukup gunakan saja aplikasi Google Maps yang biasanya sudah terinstal secara otomatis di HP android.

Caranya cukup mencari lokasi yang diinginkan, kemudian tandai untuk melihat titik koordinatnya. Agar lebih jelas, cek cara cari titik koordinat di bawah ini.

1. Cari Lokasi yang Diinginkan


Buka aplikasi Google Maps yang ada di HP-mu. Setelah itu, masukkan tempat yang ingin dicari pada kolom di atas. Tapi jika ingin mengetahui titik koordinat dari lokasi rumahmu sendiri, ketuk tanda lingkaran yang sudah ditunjukkan. Pastikan fitur GPS-mu aktif saat mencari lokasi rumah.

2. Beri Tanda Pada Lokasi


Untuk melihat lokasinya sudah benar atau belum, cubit layar dengan kedua jari untuk memperbesar atau memperkecil peta. Titik biru adalah lokasimu saat ini. Jadi, pastikan sudah benar ada di alamat rumahmu.

Kalau sudah benar, ketuk dan tahan titik tersebut untuk memberikan tanda. Akan ada notifikasi Pin dipasang dengan ikon berwarna merah.

3. Lihat Titik Koordinat

Sekarang, kamu bisa lihat titik koordinat dari alamat rumahmu. Caranya seperti ini:
  • Catat titik koordinat yang terdapat pada kotak pencarian di atas.
  • Yang depan merupakan garis lintang dan yang belakang garis bujur.
  • Atau kamu dapat menarik garis ini ke atas.
  • Titik koordinat ditampilkan pada data berikut.
  • Ketuk titik tersebut untuk menyalinnya.
  • Selain menentukan titik koordinat, kamu juga bisa menghitung jarak suatu tempat. Contohnya jarak dari rumah ke sekolah.
Begitulah cara cari titik koordinat lewat aplikasi Google Maps. Titik koordinat diperlukan untuk mengetahui lokasi suatu tempat secara akurat. Untuk saat ini banyak diperlukan untuk kebutuhan pendaftaran sekolah.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment