Cara Cari Toko di Shopee yang Resmi dan Terpercaya

Table of Contents
dumados.com »« Shopee merupakan platform jual beli online yang sangat populer. Siapa yang tidak pernah belanja di Shopee? Pasti semua pernah checkout barang di sana. Tapi, sudahkah kamu tahu bagaimana cara cari toko di Shopee yang terpercaya dan resmi?

Tidak jarang ada kasus penipuan yang dilakukan oleh toko-toko nakal. Entah pengemasan barang yang asal-asalan, produk yang dikirim tidak sesuai, dan kasus lainnya. Oleh karena itu, pilihlah seller yang tidak hanya ramah, tapi juga memberikan pelayanan terbaik.

Kategori Toko di Shopee

Tapi sebelum itu, kamu harus tahu beberapa kategori toko yang terdapat di e-commerce Shopee. Buat yang sudah biasa belanja di Shopee mungkin tidak bingung lagi membedakannya. Karena masing-masing toko diberi label yang menunjukkan kategorinya.

Tipe penjual yang ada di Shopee itu dibagi ke dalam beberapa kategori. Ada toko biasa, Star Seller, Star Plus, hingga Shopee Mall. Semuanya bisa kamu lihat dari label yang diberikan. Apabila di produk ada label Shopee Mall, itu menunjukkan toko resmi atau official shop.

Jadi, Shopee Mall adalah toko resmi yang dikelola langsung oleh Shopee. Ini merupakan level tertinggi para penjual. Untuk seller yang punya label tersebut, dapat dijamin jika produk yang dijual itu orisinal, berkualitas, dan memberikan layanan tinggi.

Sedangkan Star Seller adalah program dari Shopee yang diberikan kepada toko dengan performa, penjualan, dan operasional yang bagus. Selain itu, mampu memberikan pengalaman belanja terbaik. Satu tingkatan lebih tinggi di atasnya yaitu Penjual Star+ (Star Plus).

Jika kamu menemukan toko yang tidak punya ketiga label di atas, maka hanya menjadi seller biasa. Umumnya adalah toko baru yang masih mengembangkan bisnis online-nya. Atau toko tersebut mendapatkan citra buruk karena tidak bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

Cara Cari Toko di Shopee

Cara Cari Toko di Shopee

Sekarang akan dijelaskan bagaimana cara cari toko di Shopee yang bagus dan terjamin kualitas produknya. Mudah saja untuk menemukan toko favoritmu, karena sama halnya ketika mencari barang. Simak saja panduannya di sini.

Cara 1. Cari Toko di Shopee Lewat Fitur Search

Yang pertama yaitu cara menemukan toko favorit melalui fitur pencarian. Misalkan kamu ingin membeli sepatu dari brand tertentu. Pasti brand dan model sepatu yang dijual itu banyak sekali. Daripada tertipu produk abal-abal, lebih baik mencarinya langsung di toko resmi atau yang punya pelayanan bagus.

Kamu bisa mencari toko dengan label Shopee Mall atau Star+ agar mendapatkan barang yang berkualitas. Caranya seperti ini:
  • Di halaman utama aplikasi Shopee, ketuk kolom pencarian di atas.
  • Kemudian, masukkan nama brand atau produk yang ingin dibeli.
  • Biasanya, toko akan ditampilkan di bagian atas pada hasil pencarian.
  • Ketuk Toko Lainnya untuk melihat seller lebih lengkap.
  • Bisa dilihat, di sini ada banyak toko dengan nama brand tersebut. Paling atas adalah toko resmi dengan label Shopee Mall dan punya tanda centang merah. Beberapa seller di bawahnya adalah toko biasa tanpa label. Lalu ada yang bertanda centang orange, ini merupakan Penjual Star+.
  • Kamu dapat memilih toko Shopee Mall jika ingin mencari official shop.
  • Setelahnya lihat bagaimana performa toko tersebut. Mulai dari penilaian, rating performa chat, terakhir aktif, dan lain-lain.
  • Untuk melihat barang yang dijual, geser ke tab menu Produk atau Kategori.
  • Ketuk nama toko untuk melihat informasi lain.
  • Di halaman ini, identitas toko ditampilkan lebih lengkap.

Cara 2. Cara Cari Toko dari Rincian Produk

Misalkan kamu akan beli suatu barang, tapi ingin melihat bagaimana performa toko tersebut. Untuk mencari tokonya, lakukan dengan cara berikut:
  • Buka halaman rincian produk, kemudian scroll ke bawah.
  • Di bagian inilah nama penjual atau tokonya.
  • Ada informasi waktu aktif, lokasi, dan penilaian.
  • Ketuk Kunjungi Toko untuk melihat informasi yang lebih lengkap.

Tips Cari Toko di Shopee

Jangan sampai tertipu lagi jika ingin belanja di Shopee. Berikut ini ada beberapa tips mencari toko yang bagus dan produknya asli:
  1. Pilih toko yang punya label Shopee Mall atau Star+.
  2. Lihat bagaimana rating-nya. Jangan pilih jika di bawah 4.
  3. Perhatikan performa chat, karena ini menunjukkan kecepatan penjual melakukan komunikasi dengan pembeli.
  4. Baca review dari pembeli sebelumnya.
  5. Pilih toko yang aktif.
  6. Jangan mudah tergiur dengan toko yang menawarkan harga sangat murah.
Itulah cara cari toko di Shopee dan tipsnya agar tidak tertipu. Kamu harus lebih teliti saat berbelanja. Jika memang ingin dapat barang ori, sebaiknya beli di official store.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment