Cara Cek Aktif Kartu Telkomsel Tuh Ternyata Begini!

Table of Contents
dumados.com »« Ingin terus menggunakan kartu Telkomsel untuk menelepon, SMS, maupun akses internet? Maka, kamu harus tahu bagaimana cara cek aktif kartu Telkomsel. Jaga masa aktif kartumu agar bisa terus memakainya.

Banyak sekali pengguna Telkomsel yang kurang aware dengan masa aktif kartunya. Bahkan hanya isi pulsa saat ingat atau mendekati berakhirnya masa tenggang. Tidak jarang pula sampai nomor mati dan terpaksa harus ganti dengan kartu yang baru.

Kamu tidak perlu mengalami semua masalah itu jika rutin cek masa aktif kartu dan melakukan isi ulang pulsa. Melihat masa aktif nomor Telkomsel juga bukanlah hal yang sulit. Berikut akan dijelaskan caranya.

Cara Cek Aktif Kartu Telkomsel

Cara Cek Aktif Kartu Telkomsel

Cara paling umum untuk melihat masa aktif kartu Telkomsel itu ada dua macam. Kamu dapat melihatnya pakai kode dial UMB atau lewat aplikasi MyTelkomsel. Langkah-langkahnya akan diterangkan pada penjelasan berikut ini.

Cara 1. Cek Aktif Kartu Telkomsel Pakai Kode UMB

Sepertinya cara pertama ini yang paling mudah. Karena untuk melihat masa aktif kartu, cukup dengan mendial kode tertentu. Sama halnya ketika ingin mengecek jumlah pulsa yang masih tersisa. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Menu Telepon


Karena menggunakan kode UMB, maka buka menu Telepon di HP-mu. Biasanya ditandai dengan ikon gagang telepon seperti yang ditunjukkan.

2. Input Kode UMB *888#


Aplikasi Telepon sudah terbuka. Sekarang input kode UMB yang digunakan untuk mengecek pulsa dan masa aktif kartu Telkomsel. Ketikkan kode *888# lalu dial dengan nomor Telkomsel yang terdapat di slot SIM 1 atau 2.

3. Balas dengan Cek Pulsa


Setelah didial, kamu akan mendapati beberapa menu. Pilihlah menu Cek Pulsa dengan membalasnya pakai angka 5. Setelah itu, ketuk Kirimkan.

4. Cek Masa Aktif Kartu Telkomsel


Selanjutnya akan ditampilkan jumlah pulsa dan masa aktifnya. Cek sampai kapan nomor tersebut aktif. Kalau hampir masuk masa tenggang, sebaiknya segera lakukan isi pulsa. Dengan begitu, kamu dapat menikmati semua layanan Telkomsel.

5. Gunakan Cara Cepat


Sebenarnya kamu dapat menggunakan cara yang lebih cepat. Saat memasukkan kode UMB, input saja *888*5#. Setelah didial, akan menampilkan informasi yang sama.

Cara 2. Cek Aktif Kartu Telkomsel Pakai Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek aktif kartu Telkomsel yang kedua ini menggunakan bantuan MyTelkomsel. Disarankan untuk menginstal aplikasi tersebut agar dapat mengakses semua layanan Telkomsel dengan lebih mudah. Berikut akan dijelaskan caranya mulai dari awal untuk pengguna baru:

1. Daftar Aplikasi MyTelkomsel

Kalau kamu masih baru pertama kali menggunakan aplikasi MyTelkomsel, maka harus daftar terlebih dahulu. Caranya seperti ini:
  • Buka aplikasi MyTelkomsel yang sudah diinstal. Aplikasi ini kompatibel untuk semua perangkat seluler.
  • Di halaman awal, ketuk tombol Mulai.
  • Selanjutnya, masukkan nomor Telkomsel milikmu.
  • Centang persetujuan Syarat dan Ketentuan.
  • Lalu klik Masuk.
  • Kamu akan mendapatkan SMA yang berisi link verifikasi. Buka SMS dari Telkomsel dan klik tautannya. Secara otomatis akan dialihkan kembali ke aplikasi MyTelkomsel.
  • Untuk user baru, tulis nama lengkapmu. Sedangkan bagian email bersifat opsional.
  • Kalau sudah klik Lanjut.

2. Cek Masa Aktif Telkomsel

Kamu sudah berhasil daftar aplikasi MyTelkomsel. Di aplikasi ini, semua layanan dapat dinikmati dengan sangat mudah. Kalau ingin melihat masa aktif kartu, caranya seperti ini:
  • Di tampilan utama aplikasi MyTelkomsel, ketuk dashboard profil yang ada di atas. Tepatnya di menu Akun utama.
  • Lalu di halaman selanjutnya, cek sampai kapan nomor tersebut aktif. Kamu juga bisa melihat jumlah pulsa yang dimiliki sekarang.

Seperti itulah cara cek aktif kartu Telkomsel pakai kode UMB dan aplikasi MyTelkomsel. Pastikan nomormu tetap aktif dan jangan biarkan masuk masa tenggang. Selain isi pulsa, menambah masa aktif bisa dilakukan dengan membeli paket internet, transfer pulsa, atau memperpanjang masa aktif.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment