Cara Cek Bandwidth IndiHome Lewat Website dan Aplikasi

Table of Contents
dumados.com - Tahukah kamu, bahwa kecepatan internet itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya bandwidth. Kamu harus paham bagaimana cara cek bandwidth IndiHome agar tahu berapa kecepatan maksimal yang mungkin diperoleh. Terlebih lagi dalam satu rumah itu ada banyak perangkat yang terhubung.

IndiHome sendiri jadi salah satu penyedia jasa layanan internet yang cukup ternama dan tersebar luas di Indonesia. Provider tersebut menyediakan berbagai macam pilihan paket untuk pelanggan. Dan dari masing-masing paket tersebut punya bandwidth yang berbeda-beda.

Setidaknya kamu harus memilih paket dengan bandwidth yang sesuai kebutuhan. Tujuannya agar akses internet lewat jaringan WiFi IndiHome tetap lancar dan tidak melebihi kapasitasnya. Karena itulah, cari tahu bandwidth yang kamu dapatkan dan tips memilih bandwidth yang benar.

Apa Itu Bandwidth?

Tapi sebelum itu, kamu harus tahu dulu tentang bandwidth. Pasalnya, ada banyak pengguna yang salah paham dan mengartikan bandwidth sebagai kecepatan internet. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda.

Bandwidth merupakan besaran jalur yang tersedia di dalam proses transfer data. Banyak pula yang menyebutnya sebagai jalan atau pipa. Semakin besar pipa yang tersedia, maka makin tinggi pula kapasitas yang dapat ditampung.

Misalkan kamu menggunakan WiFi dengan bandwidth 10 Mbps. Itu artinya, data yang dapat ditransfer maksimal 10 Mb per detik. Itu merupakan batas kapasitas transfer data yang kamu miliki.

Sedangkan kecepatan internet itu dipengaruhi oleh berbagai sebab. Bandwidth adalah salah satunya. Semakin besar bandwidth yang kamu peroleh, maka makin cepat juga digunakan untuk akses internet. Di samping itu, kecepatan dapat dipengaruhi juga oleh spesifikasi perangkat dan jumlah device yang terhubung.

Cara Cek Bandwidth IndiHome

Cara Cek Bandwidth IndiHome

Sebenarnya bandwidth itu dapat diketahui sejak awal saat kamu memilih paket WiFi IndiHome. Tapi mungkin lupa dengan paket yang dimiliki saat ini. Oleh karena itu, cobalah cek bandwidth yang didapatkan untuk mengatur penggunaan internet di rumah.

Bandwidth bisa kamu lihat melalui website ataupun aplikasi MyIndiHome. Diasumsikan kamu sudah pernah daftar MyIndiHome dan menautkan nomor pelanggan saat ini. Untuk cara cek bandwidth IndiHome, ikuti panduannya di sini.

Cara 1. Cek Bandwidth IndiHome Lewat Website

Penjelasan yang pertama yaitu cara cek bandwidth melalui situs web MyIndiHome. Ini dapat kamu lakukan di perangkat apa saja. Yang pasti, sudah mendaftar MyIndiHome dan menautkan nomor pelanggan. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini:
  • Pastikan sudah terhubung ke jaringan WiFi IndiHome milikmu
  • Buka website resmi IndiHome di alamat https://indihome.co.id.
  • Setelah terbuka, klik tombol Masuk ke myIndihome.
  • Kemudian tulis alamat email atau nomor HP-mu.
  • Klik MASUK.
  • Masukkan kata sandi yang benar, lalu ketuk LANJUT.
  • Pilih metode verifikasi.
  • Tulis kode yang diberikan pada kolom yang disediakan.
  • Kamu sudah berhasil login ke MyIndihome.
  • Sekarang, cek bandwidth yang didapatkan pada bagian paket. Ternyata, di sini kamu berlangganan paket IndiHome dengan bandwidth 100 Mbps.
  • Untuk membuktikan, coba lakukan test speed. Kalau ternyata hasil tes kecepatan sangat jauh, kamu dapat melakukan komplain ke tim IndiHome.

Cara 2. Cek Bandwidth IndiHome Lewat Aplikasi Myindihome


Jika kamu mengecek lewat HP, dapat menggunakan alat MyIndiHome. Kamu harus daftar dulu dan menautkan nomor pelanggan. Selain itu, berada di jaringan WiFi IndiHome. Di halaman awal aplikasi akan langsung muncul rincian paket yang kamu gunakan lengkap dengan bandwidth-nya. Contohnya di sini dapat 50 Mbps.

Tips Memilih Bandwidth yang Benar

Agar kamu dapat menggunakan WiFi IndiHome secara maksimal, pastikan memilih paket dengan bandwidth yang sesuai kebutuhan. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut ini dalam menentukan bandwidth:
  • Sesuaikan dengan jumlah pengguna. Jika di rumah ada banyak anggota keluarga yang menggunakan WiFi, maka pilih bandwidth yang besar.
  • Pertimbangkan jumlah perangkat. Selain itu, pertimbangkan perangkat yang dimiliki oleh masing-masing pengguna. Berapa banyak smartphone atau laptop yang terhubung, termasuk device lain yang perlu jaringan WiFi IndiHome.
  • Pahami aktivitas internet. Pahami juga bagaimana setiap pengguna memakai WiFi. Apakah hanya sekedar untuk browsing, streaming, bermain game online, atau lainnya.
  • Perhatikan traffic pengguna. Tingkat penggunaan internet juga ikut mempengaruhi pemilihan bandwidth. Kalau traffic-nya tinggi, memilih bandwidth besar jadi solusi.
Seperti itulah cara cek bandwidth IndiHome lewat website dan aplikasi. Bandwidth ini merupakan kapasitas transfer data yang kamu dapatkan saat berlangganan paket tertentu. Besarnya bandwidth dapat mempengaruhi kecepatan internet.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment