2 Cara Cek e Toll di iPhone Untuk Semua Kartu

Table of Contents
dumados.com »« Kamu punya kartu e-toll tapi tidak tahu saldonya masih ada atau tidak? Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya periksa terlebih dahulu. Dalam penjelasan ini akan diterangkan bagaimana cara cek e toll di iPhone untuk memastikan saldonya masih tersedia.

Seperti yang diketahui, jika hendak masuk tol, wajib melakukan pembayaran. Dulunya pembayaran secara langsung dengan menyerahkan uang tunai. Namun saat ini lebih cepat dan praktis karena tinggal menempelkan kartu tol atau e-toll.

Oleh karena itu, saldo e-toll harus tersedia untuk membayar tagihan tol. Khusus untuk pengguna HP iPhone, bisa mengeceknya dengan mudah. Di samping itu, kamu harus tahu beberapa jenis e-toll yang dapat digunakan.

Mengenal e-Toll

e-Toll merupakan uang elektronik yang digunakan untuk membayar transaksi secara non-tunai. Kamu dapat memanfaatkan kartu tersebut saat hendak masuk ke jalan tol. Caranya dengan hanya menempelkan kartunya di pintu masuk tol.

Penggunaan e-toll lebih mudah dan hemat waktu dibandingkan cara tunai. Selain itu, kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai, cukup pastikan saja saldo e-toll tersedia. Cara ini pun dapat mengurangi pelanggaran sebab petugas tol tidak menerima pembayaran langsung.

Jenis-Jenis e-Toll di Indonesia

Apakah e-toll ini sebuah kartu khusus yang digunakan untuk bayar tol saja? Ternyata jenis-jenisnya banyak sekali. Pada dasarnya, e-toll merupakan produk e-money (uang elektronik) yang diterbitkan oleh berbagai jenis bank.

Meskipun kamu tidak menjadi nasabah dari bank tersebut, tetap bisa membeli kartu yang elektronik tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis e-toll atau e-money yang tersedia di Indonesia dan bisa digunakan untuk bayar tol.
  1. e-Toll Card. Kartu uang elektronik yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri atas hasil kerja sama dengan Jasa Marga. Selain untuk bayar tol, ternyata e-Toll Card juga bisa digunakan untuk belanja di merchant yang menerima pembayaran dengan e-money dari Bank Mandiri.
  2. e-Money. Sama-sama diterbitkan oleh Bank Mandiri, namun tidak bekerja sama dengan Jasa Marga. e-Money dapat dipakai untuk membayar berbagai transaksi, termasuk belanja dan bayar tol. Saldo maksimum yang dapat diisi adalah Rp1.000.000.
  3. BNI TapCash. Kartu terbitan Bank BNI ini dapat digunakan untuk bayar tol, parkir, hingga transportasi umum. Kartu dapat diisi ulang maksimal Rp2.000.000.
  4. BRIZZI. Kalau yang ini dikeluarkan oleh Bank BRI. Dapat digunakan untuk bayar berbagai transaksi selain tol, mulai dari KRL, MRT, LRT, tiket kapal ferry, hingga parkir.
  5. Flazz. Ini merupakan jenis e-money yang diterbitkan oleh Bank Central Asia (BCA). Kamu juga dapat menggunakannya untuk bayar tol dan transaksi lainnya.

Cara Cek e Toll di iPhone

Cara Cek e Toll di iPhone

Kalau kamu punya e-toll dan hendak melakukan perjalanan, sebaiknya cek dulu jumlah saldo yang tersedia. Jangan sampai saat sudah berada di pintu masuk tol, saldonya malah kosong. Ini akan menghambat proses pembayaran dan mengganggu pengendara lain.

Untuk melakukan pengecekan, HP iPhone milikmu harus mendukung fitur NFC. Ini tersedia untuk iPhone seri 7 dan yang lebih baru. Berikut akan dijelaskan caranya:

Cara 1. Cek e Toll Lewat Aplikasi Tokopedia

Cara cek e Toll di iPhone yang pertama kali dilakukan lewat e-commerce Tokopedia. Selain melihat jumlah saldo, kamu juga bisa top-up secara langsung. Ini berlaku untuk semua jenis e-toll atau e-money apa pun. Langkah-langkahnya seperti ini:
  • Buka aplikasi Tokopedia yang biasa kamu pakai untuk belanja.
  • Selanjutnya masuk ke bagian Top-Up & Tagihan.
  • Kemudian pilih menu Uang Elektronik.
  • Tekan tombol Scan Kartu.
  • Tempelkan kartu e-toll di bagian NFC HP iPhone. Biasanya ditempelkan ke bagian depan HP seperti berikut.
  • Nanti akan langsung muncul jumlah saldo yang tersedia saat ini. Jika saldonya habis, bisa top-up di Tokopedia juga.

Cara 2. Cek e Toll Lewat Aplikasi BRIZZI

Khusus buat kamu yang menggunakan jenis e-toll BRIZZI dari Bank BRI, dapat mencoba cara ini. Sangat mudah dan praktis untuk melihat saldo e-toll. Simak langkah-langkah yang dijelaskan berikut:
  • Instal dulu aplikasi BRImo.
  • Buka aplikasinya di HP iPhone
  • Di halaman awal, pilih opsi Belum Punya Akun.
  • Kemudian, pilih saja menu BRIZZI.
  • Tempelkan kartu e-toll di pemindai NFC HP iPhone.
  • Jika muncul notifikasi seperti ini, tandanya sudah terbaca.
  • Setelah itu, lihat berapa saldo yang tersisa saat ini.

Begitulah cara cek e Toll di iPhone dengan memanfaatkan fitur NFC. Kamu bisa cek lewat aplikasi Tokopedia atau BRIZZI. Kalau Tokopedia itu dapat digunakan untuk semua jenis e-toll yang kamu miliki.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment