2 Cara Cek FUP IndiHome Lewat Web dan Aplikasi

Table of Contents
dumados.com »« IndiHome merupakan salah satu penyedia layanan internet yang menerapkan kebijakan FUP. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan akses internet semua pelanggan. Jadi, kamu harus tahu cara cek FUP IndiHome untuk memastikan berapa kecepatan yang diterima.

Mungkin kamu menganggap aturan FUP ini kurang bijak. Banyak yang berpikir jika sudah mahal-mahal bayar tagihan, tapi kecepatan akses internet malah diturunkan. Padahal, kebijakan FUP itu membuat penggunaan internet IndiHome antara semua pelanggan menjadi adil dan merata.

Cara Cek FUP IndiHome

Apa Itu FUP?

Sebelum itu, kamu perlu mengetahui kebijakan FUP ini. FUP (Fair Usage Policy) merupakan kebijakan yang dilakukan suatu provider untuk menurunkan kecepatan aksi internet secara bertahap. Biasanya ini terjadi saat menjelang akhir bulan dari pemakaian internet IndiHome.

Kenapa kebijakan FUP ini dikeluarkan? Hal tersebut dimaksudkan agar pengguna lain tetap bisa terkoneksi ke internet dengan jaringan yang stabil. Pasalnya, tanpa kebijakan FUP, pelanggan pasti menggunakan kuotanya secara tidak wajar.

IndiHome menerapkan kebijakan tersebut untuk pengguna yang berlangganan paket dengan kecepatan minimal 10 Mbps. Jika kamu berlangganan di bawahnya, maka tidak dikenai FUP. Untuk besarnya pun tergantung paket yang kamu pilih.

Ketentuan FUP IndiHome

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara cek FUP IndiHome, kamu harus tahu bagaimana kebijakan yang berlaku. Ini sangat penting agar kamu dapat menghemat penggunaan kuota internet IndiHome, sehingga kecepatan tetap stabil. Semakin banyak kuota yang terpakai, maka makin turun kecepatannya.

Seperti yang disebutkan jika masing-masing paket IndiHome punya besar FUP yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel yang ada di bawah ini.

Dari tabel tersebut dapat diketahui jika paket dengan kecepatan mulai dari 10 Mbps hingga 300 Mbps akan dikenai FUP. Penurunannya dapat dilihat dari kiri ke kanan.

Contohnya kamu berlangganan paket IndiHome 50 Mbps. Kamu akan mendapatkan kecepatan normal 50 Mbps untuk penggunaan internet 0—1200 GB. Ketika pemakaian di antara 1200—1800 GB, kecepatan diturunkan menjadi 25 Mbps. Jika lebih dari 1800 GB, speed-nya tinggal 10 Mbps.

Begitu pula untuk paket yang lain. Semisal berlangganan paket 100 Mbps, speed normal untuk penggunaan 0—1800 GB. Kalau pemakaianmu mencapai 1800—2000 GB, speed turun menjadi 50 GB. Apabila melebihi 2000 GB, kamu hanya mendapat kecepatan 20 Mbps.

Cara Cek FUP IndiHome

Lantas, berapakah sisa kuota atau FUP yang kamu miliki saat ini? Dengan mengecek jumlah penggunaan, maka akan tahu berapakah kecepatan internet maksimal yang diterima. Selain itu, kamu dapat menghemat penggunaan kuota jika ingin tetap mendapatkan speed normal.

Pengecekan bisa dilakukan lewat aplikasi maupun situs web. Berikut penjelasannya.

Cara 1. Cek FUP IndiHome Lewat Website

Cara yang pertama untuk mengetahui FUP saat ini yaitu lewat situs web IndiHome. Dapat dilakukan di semua perangkat, baik ponsel maupun desktop. Tapi syaratnya, sudah membuat akun MyIndiHome dan menghubungkan nomor pelanggan.

Berikut diasumsikan jika kamu sudah daftar MyIndiHome sebelumnya. Maka, lihat FUP dengan langkah-langkah seperti ini:
  • Tulis email atau nomor HP yang sudah didaftarkan, kemudian klik MASUK.
  • Masukkan kata sandi akunmu dan ketuk LANJUT.
  • Pilih metode verifikasi via WhatsApp atau SMS. 
  • Lalu tulis kodenya di sini.
  • Setelah berhasil login, lihat paket IndiHome yang kamu beli dan penggunaan bulan ini.
  • Ketuk Lihat Detail.
  • Berikutnya, cek FUP atau kuota yang sudah terpakai.

Dari situ dapat diketahui jika kamu berlangganan paket 100 Mbps dengan penggunaan bulan ini mencapai 1183,81 GB. Berdasarkan kebijakan FUP IndiHome, kamu masih mendapatkan speed normal, sebab pemakaian belum mencapai 1800 GB. Kalau lebih 1800 GB, speed akan diturunkan.

Cara 2. Cek FUP IndiHome Lewat Aplikasi

Cara kedua yaitu melihat FUP yang sudah terpakai melalui aplikasi myIndiHome. Aplikasinya bisa diunduh terlebih dahulu. Kemudian, kamu buat akun baru dan menghubungkan ID pelanggan IndiHome yang terdaftar. Kalau sudah, cek FUP dengan langkah-langkah berikut:
  • Buka aplikasi myIndiHome dan pastikan sudah login.
  • Lihat This Mont Usage atau Penggunaan Bulan Ini yang ada di halaman utama.
  • Klik SEE ALL.
  • Lalu, lihat berapakah FUP yang terpakai.

Ternyata, kamu berlangganan paket 50 Mbps dengan pemakaian mencapai 348.25 GB. Setidaknya, masih ada sisa kuota sebesar 851.75 GB untuk tetap internetan dengan speed normal. Sebab batas pemakaian wajar untuk kecepatan 50 Mbps adalah 1200 GB.

Jadi, seperti itulah cara cek FUP IndiHome sendiri. Meskipun melewati batas pemakaian, kamu masih bisa akses internet, tapi speed-nya turun. FUP akan direset setiap awal periode bulanan.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment