2 Cara Cek IMEI Oppo Garansi Terdaftar atau Tidak

Table of Contents
Cara cek IMEI Oppo adalah pembahasan yang penting untuk diketahui. Mengingat IMEI itu menjadi identitas suatu smartphone dan memiliki fungsi krusial. Bahkan dengan IMEI bisa memastikan asli tidaknya ponsel tersebut.

Di sampai fungsi yang sudah dijelaskan, IMEI di semua smartphone, termasuk Oppo memiliki fungsi penting lainnya. Berikut akan diterangkan cara-cara melihat IMEI pada HP Oppo dan apa saja kegunaannya.

Apa Itu IMEI?

International Mobile Equipment Identity (IMEI) adalah nomor seri unik yang menjadi identitas setiap perangkat seluler. Nomor tersebut digunakan oleh operator untuk mengenali perangkat yang terkoneksi ke jaringannya. IMEI membuktikan bahwa HP tersebut dijual secara resmi.

Pada umumnya setiap smartphone memiliki satu buah IMEI yang terdiri atas 15 digit angka. Namun untuk ponsel dual SIM, mempunyai dua IMEI juga. Seperti halnya HP Oppo yang saat ini kebanyakan sudah dibekali dengan fitur dual SIM card.

Cara Cek IMEI Oppo

Cara Cek IMEI Oppo

Bagi pengguna HP Oppo, dapat mengecek nomor IMEI dengan dua cara. Yang pertama lewat dialpad, kemudian melalui menu Pengaturan. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Cara 1. Cek IMEI Oppo Lewat Dialpad

Cara paling mudah dan cepat untuk melihat nomor IMEI yang terdaftar di HP Oppo yaitu lewat dialpad. Ini berlaku untuk semua tipe HP Oppo, baik yang keluaran lama maupun baru. Caranya cukup menuliskan kode khusus, lalu akan langsung ditampilkan masing-masing nomor IMEI. Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Buka Menu Dialpad HP Oppo


  • Pertama, buka dulu menu Telepon yang ada di HP Oppo.
  • Setelah itu, tampilkan dialpad dengan mengetuk ikon yang ditunjukkan berikut ini.
  • Langkah selanjutnya, langsung input kode *#06#. Ini merupakan kode untuk cek IMEI yang berlaku untuk semua perangkat seluler.

2. Cek Nomor IMEI yang Ditampilkan


Kamu tidak perlu mendial kode tersebut. Setelah menekan tanda pagar yang paling akhir, akan langsung muncul informasi nomor IMEI. Karena HP Oppo ini menggunakan dual SIM, maka ditampilkan dua macam IMEI untuk slot SIM 1 dan 2.

Cara 2. Cek IMEI Oppo Lewat Pengaturan

Cara cek IMEI Oppo yang kedua dilakukan lewat menu Pengaturan. Ini bisa dicoba untuk semua tipe HP Oppo. Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Buka Menu Pengaturan


Buka menu Pengaturan terlebih dahulu. Caranya dengan ketuk tanda roda gerigi yang ada di homescreen. Bisa juga dibuka lewat pusat kontrol.

2. Buka Menu Tentang Perangkat


Setelah halaman Pengaturan terbuka, gulir layar ke bawah. Pilih menu Tentang perangkat untuk melihat spesifikasi HP Oppo yang kamu pakai saat ini.

3. Pilih Menu Status


Di halaman ini pun ditampilkan banyak pilihan menu. Karena ingin melihat IMEI, maka masuk ke bagian Status. Scroll layar untuk menemukan menu tersebut.

4. Lihat IMEI HP Oppo


Setelah itu, kamu dapat lihat IMEI 1 dan 2 untuk HP Oppo tersebut. Kalau perlu, catat atau salin IMEI-nya untuk diperiksa apakah terdaftar atau tidak. Tapi saat ini situs pemeriksaan IMEI milik Kemenperin tidak bisa diakses lagi.

Fungsi IMEI di HP Oppo

Nomor IMEI memang menjadi identitas unik masing-masing ponsel. Bahkan satu ponsel bisa memiliki dua macam IMEI. Tapi tidak hanya jadi identitas, IMEI juga punya beberapa fungsi berikut ini:
  • Memastikan keaslian HP. Memiliki IMEI yang asli tandanya kamu menggunakan HP yang ori. Kamu dapat mengeceknya pada situs imei.info apabila situs Kemenperin tidak bisa diakses.
  • Mengetahui garansi ponsel. IMEI bukanlah sekadar nomor biasa, tapi juga memuat informasi perangkat. Kamu dapat menggunakan IMEI tersebut untuk mengecek masa garansi masih ada atau tidak. Dengan demikian bisa tahu apakah memenuhi syarat untuk klaim garansi.
  • Mengecek status keamanan. Dari IMEI juga bisa mengecek informasi status keamanan ponsel. Contohnya pernah dilaporkan hilang atau dimasukkan ke daftar hitam. Dengan begitu, kamu terhindar dari potensi membeli HP Oppo bekas dari aktivitas ilegal.
  • Melacak HP yang hilang. Berbekal IMEI, kamu bisa membuat laporan kepada penyedia layanan atau pihak berwenang saat HP dicuri. Dari nomor itupun mungkin dapat dilacak keberadaannya.
Begitulah cara cek IMEI Oppo lewat dialpad dan menu Pengaturan. Kamu dapat menggunakan cara tersebut untuk semua tipe HP Oppo. Jika mendukung dual SIM, maka ada dua nomor IMEI juga.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment