2 Cara Cek Keberangkatan Haji Sendiri (Online)

Table of Contents
dumados.com | Keberangkatan haji merupakan momen yang sangat dinantikan oleh para calon jamaah. Pasalnya, waktu tunggu di Indonesia itu cukup lama, bahkan hingga puluhan tahun. Cobalah cara cek keberangkatan haji untuk mengetahui estimasi waktu gilirannya.

Pengecekan estimasi keberangkatan haji dapat dilakukan secara online menggunakan nomor porsi. Jadi, kamu dapat mengeceknya kapan saja, semisal ingin tahu keberangkatan haji orang tua atau dirimu sendiri. Meskipun ini bukan waktu pasti, tapi dapat digunakan sebagai perkiraan.

Terkadang, ada beberapa hal yang dapat mengubah waktu tunggu haji. Contohnya saat ada kejadian luar biasa, penambahan atau pengurangan kuota haji, dan sebab lainnya. Oleh karena itu, cobalah cek perkiraan kapan waktu keberangkatan haji yang kamu nantikan.

Apa Itu Nomor Porsi Haji?

Untuk melakukan pengecekan waktu keberangkatan haji itu memerlukan nomor porsi. Ini merupakan nomor yang menjadi identitas setiap calon jemaah haji. Nomor porsi berjumlah 10 digit angka yang berbeda-beda untuk setiap calon jamaah.

Nomor porsi dapat ditemukan pada berkas pendaftaran yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama tingkat kabupaten atau kota. Nomor tersebut tertera di dalam bukti setoran awal setelah selesai mendaftar haji di bank. Dengan bukti tersebut menandakan sudah terdaftar sebagai calon jamaah haji.

Oleh karena itu, sebelum melihat estimasi keberangkatan haji, catat dulu nomor porsi yang didapatkan. Semisal ingin cek punya kedua orang tua, maka memerlukan dua nomor porsi. Sebab nomor tersebut diberikan secara mandiri, bukan kolektif.

Cara Cek Keberangkatan Haji

Cara Cek Keberangkatan Haji

Saat ini Kementerian Agama RI telah memberikan kemudahan kepada para calon jamaah haji untuk melihat estimasi keberangkatannya. Ini penting dilakukan. Karena dengan mengetahui waktu keberangkatan, bisa mempersiapkan diri maupun biaya pelunasan ongkos haji.

Ada dua cara online untuk melihat keberangkatan haji, yakni lewat aplikasi dan situs web. Layanan ini gratis dan dapat dicoba untuk semua perangkat, baik android maupun iOS. Berikut dijelaskan langkah-langkahnya:

Cara 1. Cek Keberangkatan Haji Lewat Aplikasi Pusaka

Untuk cara yang paling baru, pengecekan estimasi keberangkatan haji dilakukan lewat Pusaka Apps. Ini merupakan aplikasi resmi milik Kementerian Agama RI. Dulunya lewat aplikasi Haji Pintar, namun diganti dengan Pusaka.

Sebelumnya, siapkan nomor porsi yang hendak dicek. Kemudian, instal aplikasi Pusaka lewat Google Play Store atau App Store, tergantung HP yang digunakan. Selanjutnya, ikuti panduan berikut ini:
  • Buka aplikasi Pusaka yang sudah diinstal.
  • Di aplikasi ini sangat lengkap, karena menyediakan layanan untuk semua agama, bukan hanya Islam saja.
  • Tapi kamu tidak perlu masuk ke layanan tersebut, scroll ke bawah dan cari kategori menu Layanan Publik.
  • Langkah selanjutnya, pilih fitur Estimasi Keberangkatan Haji.
  • Pada halaman berikutnya, tuliskan nomor porsi haji yang didapatkan dari Kemenag.
  • Di bawah akan muncul informasi secara lengkap. Ada provinsi dan informasi kuota dari provinsi tersebut.
  • Kemudian lihat perkiraan berangkat untuk tahun masehi dan hijriyah.

Cara 2. Cek Keberangkatan Haji Lewat Situs Web

Cara cek keberangkatan haji sebenarnya tidak harus dengan instal aplikasi Pusaka. Kamu juga bisa melakukannya lewat situs resmi Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah. Lebih mudah, karena dapat dicoba di mana saja. Untuk langkah-langkahnya, ikuti penjelasan yang diberikan di bawah ini:
  • Buka halaman Estimasi Keberangkatan Haji.
  • Seperti di aplikasi, masukkan nomor porsi haji yang hendak dicek. Pastikan nomornya sudah benar.
  • Jangan lupa lengkapi captcha.
  • Kalau sudah, tekan tombol Cari.
  • Selanjutnya akan ditampilkan informasi sesuai dengan nomor porsi tersebut. Ada informasi nama, provinsi, kuota provinsi, dan tentunya estimasi keberangkatan dalam tahun Hijriyah dan Masehi.

Demikianlah cara cek keberangkatan haji secara online menggunakan nomor porsi. Waktu yang ditampilkan merupakan estimasi, sebab adanya hal tertentu bisa mengakibatkan waktu keberangkatan berubah. Selain itu, masing-masing daerah juga punya waktu tunggu yang berbeda-beda.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment