2 Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung Original

Table of Contents
dumados.com | Cara cek kesehatan baterai Samsung merupakan hal yang penting untuk diketahui. Baterai punya peran krusial bagi perangkat. Apabila kualitasnya sudah tidak bagus lagi, pasti berdampak pada performa HP juga.

Mengecek kesehatan baterai juga diperlukan ketika kamu ingin membeli HP Samsung bekas. Adanya penurunan karena pemakaian memang hal wajar. Tapi jangan sampai memilih yang baterainya bocor, padahal dari kondisi fisik masih bagus.

Oleh karena itu, periksa bagaimanakah kondisi bateraimu saat ini. Kalau memang diperlukan penanganan, bawa ke tempat servis resmi Samsung. Atau menggantinya dengan baterai yang baru apabila kerusakannya cukup parah.

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung

Samsung sendiri sudah menyediakan fitur untuk memeriksa kondisi baterai. Fitur bawaan tersebut dapat kamu akses melalui menu Pengaturan. Namun biasanya tidak tersedia pada tipe-tipe Samsung keluaran lama.

Jika tidak ada fitur tersebut, bisa melakukan pengecekan lewat aplikasi Samsung Members. Hasil yang ditampilkan nanti sama saja dan lengkap. Lihat caranya di bawah ini.

Cara 1. Cek Kesehatan Baterai Samsung Lewat Pengaturan

Untuk melihat kondisi baterai HP Samsung sekarang, cukup melakukan pengecekan melalui menu Pengaturan. Bukan hanya sekedar melihat penggunaan baterai saja. Tapi juga memeriksa apakah kondisinya masih normal atau memerlukan penanganan.

Fitur yang digunakan bernama Diagnostik. Ini sudah tersedia di semua HP Samsung, meski mungkin tidak muncul di OS yang lama. Untuk melihat fitur tersebut dan menggunakannya, simak langkah-langkah berikut:
  • Buka menu Pengaturan di ponselmu. Bisa dengan mengetuk ikonnya di homescreen atau lewat control center.
  • Setelah berada di menu Pengaturan, scroll ke bawah dan temukan menu Device Care atau Perawatan Perangkat.
  • Di bagian selanjutnya, kamu bisa cek pemakaian baterai. Aplikasi manakah yang banyak menggunakan baterai dan seharusnya ditutup agar tidak berjalan di latar belakang.
  • Untuk memeriksa battery health Samsung, scroll dan pilih menu Diagnostics.
  • Masuk dulu ke akun Samsung. Buat akun baru atau login dengan akun yang sudah ada.
  • Langkah selanjutnya, pilih opsi Phone Diagnostics.
  • Ada banyak menu tes yang bisa kamu lakukan. Di sini dapat menguji berbagai fitur Samsung. Jika hanya ingin cek kesehatan baterai saja, ketuk menu Battery Status.
  • Nanti akan ditampilkan bagaimana kondisinya. Bila muncul keterangan Normal dan Good, berarti kesehatan baterai masih bagus.

Cara 2. Cek Kesehatan Baterai Lewat Samsung Members

Cara cek kesehatan baterai Samsung yang selanjutnya menggunakan aplikasi bernama Samsung Members. Di aplikasi tersebut juga ada fitur diagnostik seperti yang terdapat di menu Pengaturan. Jika tidak bisa memakai cara pertama, coba aplikasi ini.

Instal dulu aplikasi Samsung Members. Selanjutnya login menggunakan Samsung account milikmu. Untuk melihat kesehatan baterai, caranya sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Samsung Members.
  • Di halaman awal aplikasi, pilih menu Diagnostik.
  • Selanjutnya pilih Diagnostik Ponsel.
  • Kamu dapat memilih untuk cek Status Baterai atau langsung Tes Semua. Jika memilih Tes Semua, maka akan menguji fitur-fitur Samsung.
  • Tunggu proses tes berjalan sampai selesai.
  • Setelah selesai, periksa bagaimana kondisi Status Baterai.
  • Tanda centang menandakan masih bagus dan berfungsi baik. Jika muncul tanda seru seperti ini, artinya kondisi baterai tidak baik-baik saja.
  • Buka menu tersebut dan lihat hasilnya lebih detail.
  • Ternyata benar, ada masalah pada baterai yang harus segera diperbaiki.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai Samsung

Penting sekali menjaga kesehatan baterai Samsung agar HP berumur panjang dan mendukung multitasking. Terlebih lagi sebagian besar pekerjaanmu tergantung pada ponsel. Beberapa tips di bawah ini harus dilakukan agar performa baterai tetap bagus:
  1. Jangan menggunakan ponsel dalam kondisi sedang dicas.
  2. Pakailah charger yang ori dan sesuai dengan perangkat.
  3. Segera cabut cas jika daya baterai sudah penuh. Tidak bagus membiarkannya terus menancap di stopkontak.
  4. Sebaiknya isi daya sampai 80% agar tetap stabil.
  5. Gunakan HP di suhu normal, tidak terlalu panas maupun dingin.
Demikianlah penjelasan mengenai cara cek kesehatan baterai Samsung. Baterai merupakan komponen penting, jadi harus memastikannya tetap bagus. Meskipun semakin lama penggunaan, performanya pasti menurun. Tapi setidaknya lebih berumur panjang.

Kamu Juga Harus Tahu:
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment