2 Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

Table of Contents
dumados.com »« Setiap orang sekarang wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau nomor KTP, serta nomor KK untuk aktivasi kartu SIM baru. Bagi pelanggan Telkomsel, cara cek nomor Telkomsel terdaftar atas nama siapa tidak jauh beda dengan provider lain. Kamu bisa melakukannya tanpa aplikasi dan hasil pemeriksaannya sangat akurat lho.

Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) sudah lama menetapkan kebijakan ini, agar mencegah dan meminimalisir unsur kriminalitas dan penipuan yang mengatasnamakan orang lain. Jadi, setiap nomor ponsel sekarang akan terlacak identitasnya. Kamu tidak bisa sembarangan menggunakan data diri orang lain untuk mendaftar nomor ponsel yang baru.

Telkomsel mengikuti jejak provider lain yang menegaskan setiap pelanggan wajib melampirkan NIK dan nomor KK untuk registrasi. Kamu harus memperhatikan kalau kedua data diri tersebut belum pernah digunakan dalam aktivasi kartu SIM lain. Hal ini dikarenakan tidak semua nomor KTP dapat kamu pakai ketika mengaktifkan nomor HP anyar.

Batas Penggunaan NIK untuk Kartu Telkomsel

Secara umum Telkomsel sama seperti operator seluler lain yang meminta calon pelanggan untuk memakai NIK dan nomor KK ketika registrasi. Meski begitu, ada sejumlah batasan ketika kamu akan mengaktifkan nomor Telkomsel baru dengan dua data diri tersebut.

Pelanggan biasanya tidak bisa menggunakan NIK alias nomor KTP lebih dari tiga kali, karena akan diblokir atau ditolak oleh operator. Maka dari itu, kamu harus mengecek nomor Telkomsel sudah terdaftar atas nama siapa kalau NIK kamu tidak diterima untuk aktivasi nomor baru.

Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa

Barangkali kamu masih belum tahu cara cek nomor Telkomsel sudah terdaftar atas nama siapa, maka bisa menyimak pembahasan artikel ini sampai akhir. Kamu akan menemukan solusinya agar tahu orang lain yang menggunakan NIK kamu untuk registrasi kartu SIM. Selain itu, prosesnya sangat cepat karena tidak perlu menggunakan aplikasi apa pun.

Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa Lewat *444#

Kamu bisa menghubungi kode dial *444# untuk mengetahui status kepemilikan nomor Telkomsel yang sudah terdaftar secara gratis. Tutorialnya dapat diikuti dan diketahui dengan jelas seperti di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

  • Buka aplikasi Telepon atau Phone di HP kamu terlebih dulu.
  • Ketik *444#.
  • Tekan tombol Panggil atau Call.

Langkah 2: Pilih Menu Cek Status Registrasi

  • Kamu bisa melihat sejumlah opsi dari menu pop-up yang muncul di layar.
  • Pilih menu Cek Status Registrasi atau tekan angka 2.
  • Tekan tombol Kirim.

Langkah 3: Masukkan NIK

  • Masukkan NIK atau nomor KTP kamu dengan benar dan teliti ke kolom tersedia.
  • Cek kembali datanya untuk memastikan sudah tepat dan berurutan.
  • Klik Kirim untuk konfirmasi.

Langkah 4: Cek Status Kepemilikan Nomor

  • Dapatkan SMS notifikasi yang memberitahu status kepemilikan nomor Telkomsel kamu.
  • Cek NIK mana saja yang terdaftar pada nomor tersebut, maupun sudah pernah digunakan di nomor lain berdasarkan waktu registrasinya.

Cara Cek Nomor Telkomsel Terdaftar Atas Nama Siapa Lewat 188

Kamu bisa menghubungi 188 untuk mengetahui nomor Telkomsel sudah terdaftar atas nama siapa. Panggilan ini biasanya dikenakan tarif mulai dari Rp.500, sedangkan kamu wajib menyertakan NIK dan nomor KK masing-masing. Pastikan kamu mengikuti semua petunjuk yang diberikan untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Pastikan NIK kamu terverifikasi di nomormu sendiri, sedangkan cara cek nomor Telkomsel terdaftar atas nama siapa di atas bisa dijadikan solusi untuk mengetahui jawabannya. Kamu tidak perlu pakai aplikasi apa pun dan prosesnya sangat cepat lho. Semoga membantu!

Syaid Ahmad Fahri
Syaid Ahmad Fahri Indonesian | Malaysian | Singaporean | Dutch | Chinese Content Writer, Digital Marketing Specialist, Content Management Executive

Post a Comment