3 Cara Cek IMEI iPhone Terdaftar atau Tidak

Table of Contents
Beredarnya iPhone tidak resmi di pasaran pastinya menjadi perkara yang sangat meresahkan. Jika kamu ingin beli ponsel yang baru, sebaiknya periksa keresmiannya lebih dulu dengan cara cek IMEI iPhone. Cara ini untuk membuktikan bahwa HP tersebut legal.

HP iPhone yang beredar itu tidak semuanya didistribusikan secara resmi. Jika ingin mendapatkan yang ori dan IMEI-nya terdaftar, maka belilah langsung di iBox secara offline maupun online. Sebab iBox merupakan distributor resmi Apple di Indonesia.

Namun kalau kamu membelinya dari pihak lain yang belum diketahui legalitasnya, perlu meningkatkan kewaspadaan. Mungkin yang dijual itu iPhone palsu atau ex-inter yang IMEI-nya belum terdaftar. Jadi, cek dulu dengan cara berikut ini.

Mengenal IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor seri unik yang dijadikan sebagai identitas suatu perangkat seluler. Dengan demikian setiap HP punya nomor IMEI yang berbeda-beda. Jika di satu ponsel atau dua slot SIM card, maka IMEI-nya juga dua macam.

Bagi operator seluler, IMEI digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringannya. Itulah kenapa, saat kamu kehilangan HP, bisa melapor ke operator dengan menyertakan IMEI. Nomor ini juga menjadi bukti bahwa ponsel yang dijual itu resmi.

Cara Cek IMEI iPhone

Cara Cek IMEI iPhone

Bagi pemilik HP iPhone, mengecek IMEI merupakan hal yang sangat penting. Pada masa sekarang ini patut waspada karena praktik IMEI suntikan sudah umum dilakukan. Biasanya itu digunakan pada iPhone ex-inter yang dibeli dari luar negeri, kemudian enggan mendaftarkan IMEI.

Untuk menghindari kejadian seperti itu, cobalah untuk memeriksa nomor IMEI dari iPhone yang kamu miliki. Atau terapkan cara ini ketika membeli HP iPhone bekas dari pihak lain. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

Cara 1. Cek IMEI Lewat Menu Pengaturan

Cara pertama untuk melihat IMEI yang terdaftar di HP iPhone yaitu lewat menu Pengaturan. Nanti muncul informasi nomornya untuk slot SIM 1 dan 2. Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Buka Menu Pengaturan


Ketuk ikon menu Pengaturan yang ada di homescreen. Atau kamu bisa akses menu tersebut lewat panel kontrol.

2. Buka Bagian Umum


Setelah terbuka halaman Pengaturan, gulir layar ke bawah. Kemudian, pilih menu Umum atau General.

3. Masuk ke Bagian Mengenai


Langkah selanjutnya untuk melihat nomor IMEI iPhone, masuk ke bagian Mengenai. Kalau kamu menggunakan Bahasa Inggris, pilih About yang ada di urutan paling atas.

4. Cek IMEI iPhone


Pada bagian inilah kamu dapat memeriksa IMEI-nya. Scroll ke bawah dan lihat berapakah nomornya. Terdapat dua macam IMEI karena HP iPhone-mu memiliki dua slot SIM card.

IMEI yang terdaftar di Kemenperin menunjukkan jika HP tersebut resmi dan aman digunakan. Namun sayang, situs Kemenperin saat ini tidak dapat diakses secara publik. Kalau kamu ingin cek IMEI, lakukan lewat situs imei.info.

Caranya dengan memasukkan IMEI-nya, lalu ketuk PERIKSA. Nanti akan ditampilkan informasi seputar HP iPhone tersebut. Kalau infonya sesuai, berarti IMEI terdaftar dan resmi. Sedangkan untuk iPhone ex-inter harus mendaftarkan IMEI pada Bea Cukai.

Cara 2. Cek IMEI iPhone pada Dus Box


Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk melihat IMEI iPhone. Sebab informasi tersebut dicantumkan secara lengkap pada dus box atau kotak kemasan HP. Biasanya terdapat di bagian belakang. Tapi kalau kamu beli iPhone bekas tanpa dus box, gunakan cara yang pertama.

Cara 3. Cek IMEI iPhone Lewat Slot SIM Card


Cara cek IMEI iPhone berikutnya yaitu dengan melihatnya pada slot SIM card. Cobalah buka slot kartu tersebut menggunakan SIM injector. Pada papan kartu pasti tertera nomor unik ini, baik di SIM 1 maupun 2.

Demikianlah penjelasan cara cek IMEI iPhone yang harus kamu ketahui. Sungguh bahaya ketika kamu beli iPhone tapi IMEI tidak terdaftar. Karena menjadi indikator bahwa ponsel tersebut tidak resmi. Selain itu, kamu tidak bisa menggunakan HP sebagaimana mestinya.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment