3 Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Table of Contents
dumados.com | Penasaran tentang bagaimana cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum? Mengingat sebagian besar aktivitas mengandalkan internet, penting sekali jika mengaksesnya dengan jaringan yang cepat dan stabil. Salah satunya pakai jaringan 4G.

4G merupakan pengembangan dari layanan yang muncul lebih dulu, yakni 3G. Dengan jaringan 4G, diharapkan bisa mengakses internet dengan kecepatan tinggi, baik untuk proses download maupun upload. Jadi, bisa meningkatkan produktivitas kerja dan memberikan efisiensi.

Telkomsel merupakan salah satu provider yang menyediakan layanan 4G. Tapi, apakah layanan tersebut tersedia untuk semua kartu? Bagaimana agar bisa akses internet di jaringan 4G? Sebaiknya, kamu simak penjelasan lengkapnya di sini.

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Sepertinya untuk saat ini tidak ada yang tidak bisa akses internet di jaringan 4G. Namun bagi kamu yang menggunakan kartu-kartu Telkomsel lama, belum tentu layanan tersebut tersedia. Hingga akhirnya harus melakukan upgrade kartu terlebih dahulu.

Jika kamu penasaran apakah kartu Telkomsel yang digunakan sudah 4G atau belum, bisa dicek terlebih dahulu. Kamu dapat cek lewat kode UMB, menu Pengaturan di HP, dan mengaktifkan data seluler. Berikut penjelasan cara-caranya.

Cara 1. Cek Kartu Telkomsel 4G Pakai Kode UMB

Secara khusus Telkomsel telah menyediakan layanan untuk mengecek status 4G sebuah kartu. Selain itu juga muncul informasi wilayah dan ponsel yang digunakan. Telkomsel terus melakukan pemerataan hingga seluruh daerah di Indonesia bisa mengakses jaringan 4G.

Kamu dapat cek informasi tersebut pakai kode UMB. Secara otomatis akan dideteksi apakah kamu bisa pakai layanan 4G atau tidak. Langkah-langkahnya seperti ini:
  • Buka menu Telepon di ponselmu.
  • Lalu input kode UMB *888*47# melalui dialpad.
  • Setelah itu, dial kode tersebut menggunakan nomor Telkomsel yang hendak dicek.
  • Kirimkan balasan angka 1 untuk memilih menu Lanjutkan.
  • Telkomsel akan memproses permintaanmu. Tekan saja Oke.
  • Tanpa menunggu lama, akan masuk SMS dari Telkomsel. Di sini kamu bisa lihat status jaringan 4G.
  • Jika pada kartu Telkomsel tertulis keterangan Y, berarti sudah mendukung sinyal 4G. Demikian pula untuk wilayah dan ponsel yang digunakan.

Cara 2. Cek Kartu Telkomsel 4G Lewat Pengaturan HP

Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum yang kedua dilakukan lewat menu Pengaturan. Kamu dapat mengatur jaringan, kemudian lihat apakah sudah tersedia 4G atau belum. Cara ini disesuaikan dengan ponsel masing-masing. Berikut dicontohkan pada HP Xiaomi:
  • Buka menu Setelan.
  • Lalu masuk ke bagian Kartu SIM & jaringan seluler.
  • Selanjutnya, pilih kartu Telkomsel yang ingin dicek.
  • Langkah berikutnya pilih Tipe jaringan prioritas.
  • Apabila tersedia opsi 4G atau LTE, berarti sudah mendukung jaringan tersebut, baik kartu, ponsel, dan wilayah.

Cara 3. Cek Kartu Telkomsel 4G dengan Mengaktifkan Data Seluler


Sebenarnya untuk memastikan kartu Telkomsel sudah 4G atau belum itu sangat mudah. Tinggal aktifkan saja data seluler lewat control center atau menu Pengaturan. Jika muncul tanda 4G pada signal bar, tandanya dapat menggunakan jaringan 4G untuk akses internet.

Syarat Mengaktifkan Telkomsel 4G

Telkomsel 4G sebenarnya bukanlah layanan baru. Semua pengguna Telkomsel bisa memakai jaringan tersebut asal memenuhi persyaratan. Berikut ini tiga syarat agar dapat menggunakan jaringan Telkomsel 4G:
  1. Kartu sudah mendukung 4G. USIM merupakan jenis kartu yang bisa mengakses jaringan 4G. Jika kamu belum punya jenis kartu Telkomsel itu, harus beli baru atau melakukan upgrade.
  2. Wilayah sudah ter-cover 4G. Syarat kedua yaitu berada di wilayah yang terjangkau jaringan Telkomsel 4G. Memang sebagian besar wilayah sudah mendukung 4G. Namun untuk daerah terpencil mungkin belum tersedia. Telkomsel terus berusaha memperluas layanannya.
  3. HP mendukung sinyal 4G. Selain kartu dan wilayah, kamu pun harus menggunakan ponsel yang sudah mendukung jaringan 4G. Pada umumnya smartphone keluaran baru sudah bisa pakai 4G.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 4G

Jika kartu yang kamu gunakan belum mendukung sinyal 4G, sebaiknya segera lakukan upgrade. Karena di zaman sekarang dibutuhkan kecepatan dan efisiensi untuk akses internet. Ada tiga cara yang dapat kamu lakukan, yaitu:
  1. Membeli kartu Telkomsel baru yang sudah mendukung sinyal 4G.
  2. Melakukan upgrade kartu secara online lewat layanan MyGraPARI.
  3. Datang langsung ke kantor GraPARI terdekat dengan membawa e-KTP dan KK.
Itulah cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum. Layanan ini dapat digunakan jika kartu, ponsel, dan wilayah sudah ter-cover 4G. Kalau kartunya belum 4G, sebaiknya segera upgrade atau langsung beli baru.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment