3 Cara Cek Kuota WiFi IndiHome Tinggal Berapa GB

Table of Contents
dumados.com »« Sudahkah kamu tahu bagaimana cara cek kuota WiFi IndiHome itu? Jadi, kuota menjadi batas kecepatan yang diberikan oleh IndiHome atau yang disebut dengan FUP (Fair Usage Policy). Kebijakan ini untuk membuat semua pelanggan mendapatkan pengalaman akses internet secara adil.

Tiap-tiap paket WiFi IndiHome punya kebijakan FUP sendiri. Kamu perlu cek berapakah kuota yang tersisa agar dapat memeriksa apakah masih mendapatkan kecepatan sama. Karena jika kuota sudah habis, speed untuk akses internet tidak secepat di awal.

Dengan begitu, meskipun kuota habis bukan berarti tidak bisa akses internet. Hanya saja berpengaruh pada kecepatannya. Oleh kartu itu, periksa kuotamu dengan cara-cara yang akan dijelaskan berikut ini.

Mengenal FUP WiFi IndiHome

Tapi sebelum membahas cara untuk cek kuota IndiHome, kamu perlu tahu FUP terlebih dahulu. Fair Usage Policy merupakan kebijakan dari IndiHome dengan tujuan membatasi kecepatan akses internet secara bertahap. Umumnya speed turun saat akhir bulan.

Setiap paket IndiHome memiliki FUP yang berbeda-beda. Ini merupakan kuota yang kamu terima setiap bulan dan direset pada awal periode. Penurunan dilakukan dalam dua tahap. Kebijakan FUP diberikan untuk paket 10 - 300 Mbps.

Ketentuannya, jika kamu menggunakan kuota melebihi FUP, maka kecepatan akan diturunkan. Contohnya paket 50 Mbps yang punya ketentuan FUP dua tahap. Bila kamu menggunakan kuota lebih dari 1200 GB, kecepatan turun 50% menjadi 25 Mbps.

Kemudian FUP tahap kedua batasnya 1800 GB. Bila kamu menghabiskan kuota IndiHome lebih dari batas tersebut, maka speed tinggal 10 Mbps saja. Untuk ketentuan paket lain dapat dilihat di sini.

Cara Cek Kuota WiFi IndiHome

Cara Cek Kuota WiFi IndiHome

Lalu, bagaimana caramu mengetahui masih tersisa berapa GB kuota saat ini? Sudah habis atau masih ada? Karena kalau habis, otomatis speed diturunkan. Sedangkan kuotanya direset awal bulan. Untuk memeriksa kuota WiFi IndiHome, gunakan beberapa cara berikut ini:

1. Cek Kuota WiFi IndiHome Lewat Website Sisa Kuota

IndiHome punya website yang secara khusus digunakan untuk melihat sisa kuota. Dengan pertimbangan ini, kamu akan tahu apakah sekarang masih mendapatkan speed normal atau tidak. Bila tersisa sedikit, setidaknya dapat menghemat penggunaan kuota.

Cara cek ini juga mudah, karena tidak perlu login. Cukup siapkan saja nomor internet atau ID pelanggan IndiHome milikmu. Kalau lupa, ID dapat dilihat pada struk pembayaran. Jika sudah siap, ikuti panduan di bawah ini:
  • Buka halaman web Sisa Kuota. Kamu dapat cek dari mana saja.
  • Setelah itu, tulis ID pelanggan pada kolom pertama.
  • Kemudian input captcha sesuai contoh yang diberikan. Pastikan angka, huruf kecil, dan besarnya sama.
  • Selanjutnya ketuk Sumbit.
  • Di bagian bawah akan langsung ditampilkan sisa kuotamu saat ini.

2. Cek Kuota WiFi IndiHome Lewat Aplikasi Cek Tagihan

Cara cek kuota WiFi IndiHome yang kedua dilakukan lewat aplikasi bernama Cek Tagihan Telkom IndiHome. Selain untuk melihat jumlah tagihan, kamu juga dapat memastikan kuota untuk akses internet dengan kecepatan normal masih ada. Cara ceknya seperti ini:
  • Instal dulu aplikasi Cek Tagihan Telkom IndiHome. Tidak perlu login untuk menggunakan aplikasi ini.
  • Pada halaman utama, tulis nomor internet atau ID pelanggan IndiHome milikmu.
  • Selanjutnya klik tombol CEK SISA KUOTA FUP.
  • Di halaman berikutnya, kamu diminta memasukkan captcha sesuai dengan contoh.
  • Ketuk Submit untuk cek kuota.
  • Kemudian lihatlah berapakah sisa kuota yang bisa kamu gunakan saat ini.

3. Cek Kuota WiFi IndiHome Lewat Aplikasi MyIndiHome

Yang terakhir, kamu dapat cek melalui aplikasi MyIndiHome. Namun yang perlu diketahui, kalau di aplikasi ini tidak dituliskan sisa kuota secara langsung. Yang kamu temukan adalah jumlah kuota yang sudah digunakan. Untuk mengetahui kuotanya, caranya seperti ini:
  • Instal dan login dulu ke aplikasi MyIndiHome.
  • Jika belum punya akun, maka daftar terlebih dahulu dan masukkan ID pelanggan milikmu.
  • Setelah berhasil login, jumlah penggunaan kuota IndiHome dapat kamu lihat pada halaman utama. Ketuk menu Penggunaan Bulan Ini.
  • Kemudian lihat jenis paket dan kuota yang sudah digunakan.

Untuk menghitung sisa kuota, caranya dengan mengurangi FUP dengan penggunaan. Semisal paket 30 Mbps punya total FUP satu dan dua sebesar 1100 GB dengan penggunaan 263,63 GB. Maka sisa kuotanya yaitu 836,37 GB.

Itulah beberapa cara cek kuota WiFi IndiHome yang harus kamu ketahui. Kuota ini berhubungan dengan kebijakan FUP. Jika menggunakan kuota melewati batas yang sudah ditentukan, maka kecepatan akses internet akan diturunkan.

Kami Pilihkan yang Sesuai Untukmu:
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment