4 Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC, Jangan Lagi Tertipu!

Table of Contents
dumados.com | Apakah kamu berencana membeli HP Samsung? Jangan buru-buru ambil dulu! Tapi, cari tahu bagaimana cara cek HP Samsung ori atau HDC seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Samsung memang salah satu raja smartphone di pasaran. Banyak sekali yang mengincar ponsel tersebut tiap kali ada tipe baru yang keluar. Tapi sayangnya, banyak juga produk HDC yang beredar. Bahkan dengan tampilan yang sangat mirip dengan produk ori, sehingga cukup sulit dibedakan oleh orang awam.

Memastikan HP Samsung itu asli atau palsu, tidak hanya saat beli barang baru saja. Malah penting sekali kalau kamu mencari smartphone bekas. Selain melihat keasliannya, harus cek fiturnya secara menyeluruh. Simak saja penjelasannya di sini.

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC

Cara Cek HP Samsung Ori atau HDC

HDC atau Hand Draw Copy merupakan barang tiruan, replika, atau palsu. Sedangkan ori yang merupakan orisinil adalah barang asli dan resmi diproduksi oleh perusahaan smartphone. Buka hanya barang asli, produk HDC pun sering sekali yang beredar hingga banyak pengguna yang tertipu.

Oleh karena itu, sebelum membeli HP Samsung baik yang baru atau bekas, cek secara menyeluruh. Jangan sampai kamu merugi karena mendapatkan barang palsu. Berikut ini ada beberapa cara untuk melihat smartphone Samsung yang ori dan HDC:

1. Cek Status Perangkat

Langkah yang pertama, kamu dapat memeriksa Status Perangkat. Lihat apakah itu produk resmi dari Samsung atau bukan. Pengecekan dilakukan lewat menu Pengaturan. Kamu dapat mengikuti panduan berikut ini:
  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung yang akan kamu beli.
  • Kemudian scroll ke bawah dan masuk ke menu Sistem.
  • Selanjutnya, buka Tentang ponsel.
  • Lalu pilih Status.
  • Sekarang cek bagian Status perangkat. Jika muncul keterangan Resmi, kemungkinan besar HP ini asli, bukan HDC.

2. Periksa IMEI HP

IMEI merupakan nomor unik yang menjadi identitas setiap perangkat seluler. Dikatakan unik sebab masing-masing smartphone punya IMEI yang berbeda, sekalipun dalam satu HP ada dua IMEI. Dari nomor tersebut, kamu dapat memastikan keaslian HP Samsung.

Pengecekan IMEI dilakukan lewat browser. Dulunya dapat dilihat pada situs web resmi Kemenperin, tapi sekarang tidak bisa diakses lagi. Jadi, alternatifnya menggunakan situs cek IMEI berikut ini:
Sebelumnya, cek nomor IMEI HP tersebut. Dapat dilihat pada bagian belakang perangkat atau dusbox-nya.
  • Jika tidak ada, dapat kamu cek lewat menu Telepon.
  • Kemudian input kode *#06#.
  • Tanpa mendial, akan langsung muncul nomor IMEI-nya. Catat atau salin nomor tersebut.
  • Setelah itu, buka situs imei.info dari browser apa saja.
  • Di tampilan awal, masukkan nomor IMEI-nya, centang captcha, kemudian ketuk PERIKSA.
  • Selanjutnya akan muncul identitas HP tersebut. Pastikan tipe dan spesifikasinya sesuai.
  • Atau kamu dapat melakukan pemeriksaan lain. Scroll dan perhatikan Basic Check berupa Phone Blacklist Check Simple.
  • Kemudian, lihat status daftar hitamnya BERSIH atau tidak.

3. Cek Fitur HP Secara Menyeluruh

Cara cek HP Samsung Ori atau HDC yang ketiga yaitu dengan memeriksa fitur-fiturnya. Setidaknya, memastikan dulu HP itu berfungsi dengan normal sebelum dibeli dari tangan kedua. Kamu dapat melakukan pengecekan secara menyeluruh dengan langkah-langkah berikut ini:
  • Buka Telepon dan masukkan kode *#0*#.
  • Nanti akan muncul sebuah modul test.
  • Kamu dapat melakukan pengecekan satu per satu.
  • Pastikan layar, touchscreen, speaker, sensor, kamera, dan fitur lainnya bisa berfungsi semestinya. Kalau itu HP asli, pasti dapat berjalan sesuai spesifikasi yang diterangkan oleh Samsung.

4. Bandingkan Harga HP Samsung


Salah satu kunci penting kalau ingin beli HP Samsung yaitu jangan mudah terbujuk dengan harga murah. Smartphone ini memang punya harga cukup mahal, terlebih tipe-tipe terbaru. Jadi kalau kamu menemukan HP murah, harusnya lebih waspada.

Kamu bisa cek dulu harga yang beredar di pasaran, kemudian bandingkan. Contohnya saja Samsung Galaxy A55 5G yang dijual mulai dari lima jutaan. Jika kamu menemukan harga jauh di bawahnya, patut curiga. Takutnya itu HP HDC atau palsu.

Itulah beberapa cara cek HP Samsung ori atau HDC sebelum memutuskan untuk membelinya. Kamu dapat mengecek dengan mudah jika melihat langsung kondisi ponselnya. Tapi jika berencana beli online, sebaiknya pilih produk dari toko terpercaya.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment