5 Cara Cek HP Disadap, Amankan Data Pribadimu!

Table of Contents
dumados.com | Di tengah maraknya kejahatan berbasis teknologi, kamu harus lebih waspada dengan aksi yang dilakukan oleh hacker. Sebagai jaga-jaga, setidaknya ketahui bagaimana cara cek HP disadap. Dengan begitu, bisa melakukan tindakan ketika ada yang aneh pada perangkat seluler.

Penyadapan HP merupakan hal yang sangat merugikan. Mengingat saat ini hampir semua orang menggunakan ponsel untuk beraktivitas dan menyimpan hal-hal penting. Terlebih lagi aktivitas perbankan juga dilakukan lewat HP.

Bukan hanya data pribadi yang bocor, tapi uangmu yang tersimpan di rekening bisa-bisa diambil oleh si penyadap. Mungkin kamu tidak sadar kalau di-hack, sebab HP-mu dikendalikan dari jarak jauh. Namun kamu dapat memeriksanya dengan cara-cara yang akan dijelaskan berikut.

Cara Cek HP Disadap

Cara Cek HP Disadap

Untuk meminimalisir kejahatan yang dilakukan oleh para hacker, kamu dapat memeriksa kondisi HP, apakah berpotensi disadap atau tidak. Ada beberapa tanda yang mengindikasikan perangkat disadap. Untuk itulah, periksa dengan beberapa cara berikut ini:

1. Cek Pakai Kode UMB *#21#

Cara pertama untuk memeriksa apakah HP-mu di-hack atau tidak, bisa menggunakan kode UMB. Nanti ada informasi yang dapat dilihat dan menunjukkan tanda jika ponsel disadap. Caranya seperti ini:
  • Buka menu Telepon di ponselmu.
  • Kemudian, masukkan kode UMB *#21#.
  • Selanjutnya akan muncul informasi operator berupa voice, faks, sinkron, tidak sinkron, dan lainnya.
  • Kalau di situ tertulis Tidak Diteruskan, tandanya HP-mu aman. Tapi kalau yang muncul keterangan Diteruskan, kamu patut berhati-hati.

2. Cek Apakah Ada Aktivitas Mencurigakan atau Tidak

Langkah selanjutnya, cobalah periksa apakah kamu merasa ada aktivitas yang mencurigakan. Ada beberapa kegiatan yang perlu diwaspadai. Contohnya tiba-tiba ada aplikasi yang terinstal, padahal ponsel dalam kondisi mati.

Jika kamu menemukan aplikasi mencurigakan seperti itu, mungkin saja HP-mu disadap oleh orang lain. Bisa juga dipasang aplikasi untuk memata-matai tindakanmu. Untuk memeriksa aplikasi tersebut, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Buka menu Pengaturan atau Setelan.
  • Kemudian masuk ke bagian Kelola Aplikasi atau Manajer Aplikasi.
  • Selanjutnya, periksa satu per satu aplikasi yang terinstal.
  • Jika ada yang dipasang tanpa sepengetahuanmu, langsung diuninstal saja.
Contoh aktivitas mencurigakan lainnya yaitu ada transaksi perbankan tanpa sepengetahuanmu. Semisal ada proses transfer yang tidak kamu lakukan. Kalau sudah begini, hacker berhasil mengakses ponselmu.

3. Cek Ketahanan Baterai


Cara cek HP disadap yang ketiga dengan memeriksa ketahanan baterai. Salah satu ciri ponsel yang disadap yaitu baterai cepat habis dibandingkan biasanya. Padahal kamu tidak menggunakan HP untuk aktivitas apa pun. Selain itu, ponsel juga menjadi panas.

Hal tersebut dikarenakan ada aplikasi atau program penyadapan yang sedang berjalan. Jadi, meskipun tidak kamu gunakan tetap ada program yang aktif. Dengan demikian, baterai lebih cepat habis meskipun tidak sering digunakan.

Tapi kamu harus jeli dalam melakukan hal ini. Karena bisa jadi bateraimu yang bocor, semisal karena usia perangkat yang sudah lama. Namun jika ponselmu masih baru, jarang digunakan, tapi ketahanan baterai tidak bagus dan muncul aktivitas mencurigakan, maka patut waspada.

4. Periksa Pesan yang Masuk


Langkah selanjutnya, kamu perlu mengecek setiap pesan yang masuk, baik lewat SMS maupun chat WhatsApp. Sekarang ini marak sekali teknik penyadapan dengan mengirimkan pesan aneh. Contohnya berupa tautan, permintaan instal aplikasi, atau teks dan huruf yang tidak teratur.

Pesan-pesan tersebut biasanya dikirimkan oleh nomor tidak dikenal yang berusaha menyadap HP-mu. Jika ada pesan yang aneh seperti itu, sebaiknya tidak langsung diikuti. Yang paling penting, jangan asal mengklik tautan.

5. Cek Apakah HP Lemot atau Tidak


Periksa kembali apakah HP-mu terasa lebih lemot dari biasanya? Pasalnya, HP yang disadap akan dikendalikan oleh hacker dari jarak jauh. Itulah kenapa, sistem perangkat bekerja lebih ekstra karena ada aktivitas bersamaan. Jika HP-mu masih bagus, kemudian ada tindakan tidak biasa yang membuatnya lemot, maka sebaiknya berhati-hati.

Itulah beberapa cara cek HP disadap atau tidak. Memang tidak bisa dilihat secara jelas ponsel yang tengah di-hack. Tapi kamu dapat memeriksa dengan tanda-tanda yang sudah dijelaskan. Paling utama ketika ada kegiatan tidak biasa dan tiba-tiba terjadi transaksi keuangan.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment