6 Cara Cek iPhone Bekas Sebelum Membelinya

Table of Contents
HP iPhone memang dikenal punya kualitas bagus, demikian dengan harganya yang cukup mahal. Hingga akhirnya, banyak yang memilih alternatif beli second. Sebelum itu, kamu harus tahu bagaimana cara cek iPhone bekas menyeluruh agar tidak tertipu.

Jangan langsung percaya jika ada yang menawarkan HP iPhone yang kondisinya masih bagus dan harganya murah. Setidaknya, lakukan pengecekan mulai dari tampilan fisiknya hingga fitur-fitur iPhone tersebut. Terlebih lagi, sekarang banyak sekali HP palsu di pasaran.

Selain itu, ada pula iPhone ex-inter yang terkadang dibawa secara ilegal untuk masuk ke Indonesia. Meskipun lebih ramah di kantong, tapi tidak resmi. Oleh sebab itu, cek dengan beberapa cara yang akak diterangkan berikut ini.

Cara Cek iPhone Bekas

Cara Cek iPhone Bekas

Buat kamu yang berencana membeli HP iPhone second, lakukan pengecekan terlebih dahulu. Cek apakah bodinya masih bagus, fiturnya masih berfungsi, resmi atau tidak. Untuk panduan yang lebih jelas, simak cara-cara di bawah ini:

1. Cek Kondisi Fisik HP iPhone


Kamu ingin membeli HP iPhone yang tipe mana? Apa yang menjadi keinginanmu, sebaiknya dicek lebih dulu. Periksa spesifikasinya secara lengkap lewat Google. Kalau perlu, lihat juga bagaimana bentuk aslinya. Jadi, saat menerima dari tangan kedua, bisa membandingkannya dengan yang asli.

Selain itu, cek juga apakah kondisi fisik HP itu masih bagus atau tidak. Lecet karena pemakaian memang hal yang wajar, selama itu tidak parah dan tidak mengganggu fungsi HP. Termasuk slot SIM card, charge, dan headset. Cobalah satu per satu.

Namun jika kamu membelinya secara online, pilih toko yang benar-benar dapat dipercaya. Bacalah review dari pembeli sebelumnya. Kalau punya aftersales yang bagus, maka bisa dipertimbangkan.

2. Cek iCloud Masih Terhubung atau Tidak

Khusus untuk pembelian HP iPhone bekas, wajib dicek iCloud-nya atau Apple ID. Jangan sampai beli iPhone yang akunnya masih tertaut, karena nanti tidak bisa digunakan. Kalaupun direset pabrik, tetap harus memasukkan akun iCloud tersebut. Cara melihat apakah masih terhubung atau tidak, seperti ini:
  • Buka menu Settings.
  • Selanjutnya, cek bagian Apple ID.
  • Kalau masih ada akunnya, maka minta kepada pemilik HP itu logout terlebih dahulu.

3. Periksa Layar Sentuh


Semua kegiatan dalam HP itu dapat dilakukan dengan menerima perintah lewat fitur touchscreen. Oleh karena itu, pastikan dulu layar sentuh normal dan tidak ada bagian yang mati. Caranya dengan mengusap keseluruhan layar dan lihat apakah ada yang tidak merespon sentuhan tersebut.

4. Periksa Kesehatan Baterai HP iPhone

Cara cek iPhone bekas masih bagus atau tidak selanjutnya yaitu melihat kesehatan baterai atau battery health. Mengingat ini komponen yang penting, maka kualitas baterai menentukan performa HP. Langkah-langkah memeriksa battery health iPhone seperti ini:
  • Buka menu Settings, kemudian masuk ke bagian Battery.
  • Lalu pilih menu Battery Health.
  • Lihat kondisinya pada bagian Maximum Capacity.

Jika penggunaan iPhone sudah lebih dari tiga tahun, nilai 70—80% itu masih bagus dan layak digunakan. Namun untuk iPhone yang baru digunakan setahun belakangan, setidaknya battery health-nya masih 95—100%.

5. Cek Pernah Diservis atau Tidak

Selanjutnya, tanyakan pada pemilik sebelumnya apakah HP tersebut pernah diservis atau tidak. Kalau pernah, coba cek pakai komponen asli atau tidak. Caranya seperti ini:
  • Buka Settings dan pilih General.
  • Kemudian di About.
  • Keterangan Parts and Service History menandakan HP pernah diservis.
  • Kalau pakai komponen asli, keterangannya Genuine Apple Part.
  • Tapi jika di situ tertulis Unknown Part, berarti pakai komponen tidak ori.

6. Periksa Semua Fitur iPhone


Selain yang telah dijelaskan, kamu juga perlu memeriksa semua fiturnya. Mulai dari kamera depan dan belakang, kondisi layar, telepon, sensor, hingga konektivitas. Pastikan semua berfungsi secara normal.

Jadi, begitulah cara cek iPhone bekas masih bagus atau tidak. Kalau tampilan fisiknya masih oke, tetap saja harus dicek fitur lainnya. Jangan sampai juga terbujuk dengan harga yang murah.

Baca Juga Deh, Pasti Kamu Belum Tahu:
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment