7 Cara Cek iPhone Asli atau HDC Itu Begini

Table of Contents
dumados.com | Penting sekali untuk mencari tahu cara cek iPhone asli atau palsu. Pasalnya, saat ini di pasaran banyak produk-produk KW yang tampilannya sangat mirip dengan ori. Terlebih lagi kalau kamu baru mau pakai iPhone. Jangan sampai tertipu oleh barang palsu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek keaslian HP iPhone. Lakukan ini sebelum membeli iPhone, baik baru maupun bekas. Selain itu, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Setidaknya pahami juga bagaimana harga iPhone yang berlaku secara umum di pasaran.

Cara Cek iPhone Asli

Cara Cek iPhone Asli

Keberadaan iPhone HDC, palsu, atau KW di pasaran itu sangat meresahkan. Buat pengguna baru tentunya tidak mudah membedakan mana yang asli dan palsu. Agar kamu tidak tertipu, sebaiknya lakukan pengecekan dengan cara-cara yang akan diterangkan di bawah ini.

1. Cek Tampilan Fisik HP


Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan memeriksa lewat tampilan fisiknya. Perlu diketahui jika iPhone X atau model terbaru itu memiliki bezel bawah yang sama dan desainnya tipis. Sedangkan yang palsu bezelnya lebih tebal meskipun pakai layar OLED.

Cara lainnya yaitu mengecek bagian baut. Di mana Apple menjadi satu-satunya yang menggunakan baut berbentuk kembang untuk mengamankan sasis iPhone. Kamu bisa mengenalinya lewat model baut yang punya lima alur.

Periksa pula port charging HP dengan menyolokkan kabel lightning Apple, kemudian lihat cocok atau tidak. Kalau tidak, kemungkinan itu iPhone HDC. Kamu juga dapat mengecek bagian frame, modul kamera, maupun notch.

2. Cek Dus Box HP


Untuk mengetahui keaslian HP iPhone, kamu bisa periksa dus box. Apple membuat kardus kemasan iPhone secara compact, kecil, dan bersih. Pastikan ada logo Apple pada kemasan tersebut.

Memang iPhone yang palsu berusaha meniru dus box semirip mungkin. Tapi karena dibuat dari bahan yang murah, tentu punya karakteristik berbeda. Cek juga palet warna box dengan iPhone yang asli. Jika keduanya tidak sama, ada indikasi bahwa itu palsu.

3. Periksa IMEI HP

IMEI merupakan identitas HP yang dapat digunakan untuk membuktikan keasliannya. Demikian pula dengan iPhone. Guna melihat asli tidaknya iPhone, lakukan pengecekan IMEI dengan cara berikut:
  • Buka menu Pengaturan.
  • Scroll dan pilih menu Umum.
  • Lalu, ketuk Mengenai.
  • Gulir ke bawah sampai kamu menemukan IMEI.

Setelah itu, cocokkan IMEI yang ada di HP dengan kardus kemasan. Pastikan keduanya punya nomor yang sama. Atau kamu bisa periksa lewat situs online guna memastikan IMEI iPhone sudah terdaftar. Sebab jika IMEI tidak terdaftar, kamu tidak dapat menggunakan provider.

4. Periksa App Store


Cara cek iPhone asli yang keempat yaitu dengan melihat App Store. Ini merupakan market resmi yang dimiliki Apple. Di sinilah kamu bisa download dan instal aplikasi yang resmi.

Cobalah cek apakah iPhone yang akan kamu beli itu ada App Store-nya. Jika ada, coba bukalah. Kalau setelah dibuka yang muncul malah tampilan Google Play Store, bisa dipastikan itu adalah produk palsu.

5. Bandingkan Harga iPhone


Sekali lagi, jangan mudah tergiur dengan harga murah. Karena bisa jadi, iPhone yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan harga resmi itu adalah produk palsu. Sebelumnya, kamu dapat memeriksa harga resmi iPhone di iBox.

6. Cek Nomor Seri iPhone

Cara selanjutnya dengan memeriksa serial number iPhone. Periksa nomor tersebut lewat Pengaturan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka menu Pengaturan, lalu Umum.
  • Selanjutnya buka Mengenai.
  • Lalu cek Nomor Seri yang dimiliki ponsel tersebut.

Setelah mendapatkan nomor seri, periksa di situs resmi iPhone apakah benar atau tidak. Ikuti panduan di bawah ini:
  • Buka checkcoverage.apple.com lewat Safari.
  • Kemudian masukkan nomor seri dan kode yang ditampilkan.
  • Lalu ketik Lanjutkan.
  • Jika muncul informasi tipe dan nomor seri yang sesuai, berarti itu iPhone asli.

7. Cek Keaslian LCD

Kamu juga dapat memeriksa keaslian iPhone dengan memastikan LCD yang digunakan. Caranya seperti ini:
  • Buka control center.
  • Kemudian ketuk dan tahan brightness.
  • Jika ada fitur True Tone, besar kemungkinan itu iPhone asli. Periksa juga apakah fitur tersebut bisa menyala atau tidak. Hanya saja, True Tone hanya ada di iPhone 8 dan yang lebih baru.

Demikianlah cara cek iPhone asli agar kamu tidak tertipu dengan barang-barang palsu. Apple pasti membuat produknya dengan karakteristik khusus. Tentunya ada komponen dan fitur tertentu yang tidak dapat dipalsukan.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment