Cara Cek BPOM Lewat Barcode, Aman atau Tidak Digunakan?

Table of Contents
dumados.com »« Sebagai konsumen, kamu harus selektif saat membeli apa pun, baik itu makanan, obat-obatan, hingga kosmetik. Jangan sampai terjebak dengan barang palsu yang membahayakan diri. Kamu bisa periksa dulu dengan cara cek BPOM lewat barcode untuk memastikannya aman digunakan.

Fitur pengecekan ini tentunya sangat berguna. Dulu pengecekan produk di BPOM hanya bisa dilakukan secara manual dengan mencari nama produknya. Namun cara ini dinilai kurang efektif, sebab terkadang hasil pencarian tidak muncul. Belum lagi jika ada kesalahan ketik.

Oleh sebab itu, BPOM menghadirkan fitur baru untuk mengecek produk secara online hanya pakai barcode atau kode QR. Setiap produk yang terdaftar di BPOM pasti akan muncul ketika barcode-nya dipindai. Untuk cara lengkapnya, akan diterangkan di bawah ini.

Cara Cek BPOM Lewat Barcode

Cara Cek BPOM Lewat Barcode

Guna memastikan keamanan produk yang kamu pakai atau konsumsi, wajib mengecek izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Tidak perlu jauh-jauh untuk mengeceknya, sebab bisa dilakukan secara online. Caranya dengan memindai barcode maupun kode QR yang tertera pada kemasan produk.

Pengecekan ini berlaku untuk produk apa pun seperti makanan, suplemen, obat-obatan, hingga kosmetik. Semua produk tersebut harus aman bagi kesehatan dan tidak mengandung bahan berbahaya. Untuk melakukan pengecekan sendiri, ikuti panduan berikut:

Langkah 1. Download Aplikasi BPOM Mobile


Mengecek izin edar suatu produk secara online ini dilakukan lewat aplikasi BPOM Mobile. Oleh karena itu, download dan instal dulu aplikasinya sesuai perangkat yang kamu gunakan, lewat Google Play Store atau App Store. Setelah berhasil diinstal, langsung klik Buka.

Langkah 2. Pilih Fitur Scan Produk


Menggunakan aplikasi BPOM Mobile itu sangat mudah. Di mana kamu tidak perlu login untuk mengetahui izin edar suatu produk. Langsung saja pilih fitur Scan Produk yang terdapat di halaman utama. Kamu juga bisa klik ikon QR Code yang ada di tengah bawah.

Langkah 3. Berikan Izin Akses


Untuk penggunaan pertama kali, jangan lupa berikan izin akses kamera untuk aplikasi BPOM Mobile. Hal ini dilakukan agar kamu dapat melakukan scan atau pemindaian barcode. Pilih Izinkan atau klik Saat aplikasi digunakan.

Langkah 4. Ketuk Scan Barcode


Langkah selanjutnya, ketuk tombol Scan Barcode yang ada di tengah halaman. Dengan fitur tersebut, kamu dapat memindai kode QR BPOM RI yang terdapat di kemasan produk untuk memastikan keamanannya.

Langkah 5. Arahkan Kamera ke Kode QR


Cara cek BPOM lewat barcode selanjutnya yaitu dengan melakukan scan. Oleh karena itu, arahkan kamera HP-mu ke posisi kode QR yang biasanya terdapat di bagian belakang kemasan produk. Pastikan kode dapat terbaca dengan memfokuskan kameramu.

Langkah 6. Lihat Detail Produk

  • Selanjutnya tunggu proses identifikasi produk oleh sistem BPOM Mobile.
  • Jika muncul keterangan Produk Dikenali, berarti memiliki izin edar dan terdaftar di BPOM.
  • Untuk melihat lebih jelas, ketuk CEK DETAIL.
  • Akan ada informasi mengenai detail produk tersebut, mulai dari nama dan nomor registrasi.

Kenapa Harus Cek BPOM?

Mungkin masih banyak di antara kamu sekalian yang melewatkan hal ini. Padahal, mengecek izin edar dari BPOM itu sangat penting. Semisal kamu membeli kosmetik, maka harus pilih yang terdaftar di BPOM agar aman digunakan. Termasuk produk yang dikonsumsi seperti makanan dan obat-obatan.

Setidaknya, sesekali kamu harus memindai kode QR BPOM RI yang terdapat di belakang kemasan produk untuk memastikannya. Berikut ini beberapa alasan penting melihat BPOM:
  • Sebagai bentuk perlindungan kesehatan. Sebab produk yang punya izin edar dari BPOM itu dipastikan aman dan berkualitas. Jika produk tersebut tidak berizin, dikhawatirkan mengandung bahan berbahaya yang berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Mencegah produk palsu. Nomor seri yang terdapat di kemasan itu membantumu untuk mengidentifikasi produk asli atau bukan. Jika saat di-scan produknya muncul, berarti asli.
  • Patuh terhadap standar BPOM. Kamu harus tahu, bahwa produk yang terdaftar di BPOM itu sudah melewati uji coba. Gunanya untuk memastikan kalau sudah memenuhi standar keamanan dan kualitas.
Jadi, seperti itulah cara cek BPOM lewat barcode dengan aplikasi BPOM Mobile. Lewat aplikasi tersebut, kamu akan terbantu untuk memastikan keaslian suatu produk. Sebab itulah, jangan lupa mengecek saat beli kosmetik maupun obat-obatan.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment