Cara Cek Followers IG (Instagram) Akun Sendiri dan Orang Lain

Table of Contents
dumados.com »« Tidakkah kamu penasaran dengan siapa saja yang mengikuti akun Instagram-mu? Atau ingin lihat berapa jumlah followers milik pengguna lain? Tenang saja, karena cara cek followers IG itu sangat mudah dan tidak perlu aplikasi tambahan lagi.

Followers merupakan pengguna Instagram lain yang mengikuti akunmu. Basis pengguna IG yang besar, memungkinkan akunmu diikuti oleh pengguna dari wilayah lain, bahkan hingga luar negeri. Terlebih lagi jika kamu rutin mengunggah konten video maupun foto yang bagus.

Kamu juga bisa melihat pengikut dari pengguna lain. Contohnya ingin melihat followers dari Instagram pasanganmu, apakah ada yang mencurigakan atau tidak. Untuk caranya, bisa lihat di bawah ini.

Cara Cek Followers IG

Cara Cek Followers IG

Seperti yang dijelaskan di atas, kalau kamu dapat melihat followers Instagram sendiri dan milik pengguna lain. Kamu bisa cek langsung di aplikasi IG tersebut. Langkah-langkahnya akan diterangkan di bawah ini:

Cara 1. Cek Followers IG Untuk Akun Sendiri

Pertama, kamu dapat mengecek dulu jumlah followers dan akun-akun yang mengikutimu. Menariknya, kamu bisa melihat performa followers untuk ide konten selanjutnya. Simak saja langkah-langkah berikut:

1. Buka Menu Profil


Sebaiknya lakukan ini lewat aplikasi Instagram karena lebih mudah. Pastikan sudah login ke akun Instagram yang hendak dicek jumlah followers-nya. Dari halaman utama aplikasi IG, masuk ke bagian Profil. Caranya dengan ketuk foto profil yang ada di pojok kanan bawah.

2. Cek Jumlah Followers


Halaman profilmu sudah terbuka. Dari sini dapat langsung dilihat berapa jumlah Pengikut atau Followers yang kamu miliki saat ini. Coba bandingkan dengan sebelumnya, apakah jumlahnya naik atau malah turun.

3. Lihat Akun-Akun yang Mengikuti Instagram-mu


Selain melihat jumlahnya saja, kamu juga bisa cek nama akun followers tersebut. Akan ditampilkan secara lengkap, biasanya diurutkan dari pengikut terbaru. Kalau di situ ada tulisan Ikuti, berarti kamu tidak follow back akun tersebut. Sedangkan menu Hapus untuk menghapusnya dari daftar pengikutmu.

4. Cek Performa Followers IG

Mendapatkan followers Instagram yang potensial itu sangat penting jika kamu terfokus untuk menjadi kreator atau menggunakannya untuk marketing. Setidaknya ini menjadi ide konten, sehingga tepat sasaran. Berikut ini akan dijelaskan cara melihat performa followers-mu:
  • Ubah dulu akun Instagram menjadi akun bisnis. Fitur Insight hanya tersedia untuk akun bisnis saja.
  • Buka halaman profil akunmu.
  • Kemudian ketik Dasbor Profesional.
  • Di sini ada informasi insight. Pilih menu Total Pengikut.
  • Selanjutnya, lihat bagaimana performa followers-mu. Gunakan filter waktu, misal 30 hari terakhir.
  • Akan muncul keseluruhan pengikut, mengikuti, dan yang unfollow.
  • Di bawah juga ada informasi jenis kelamin, lokasi, dan rentang usia pengguna yang mengikutimu.

Cara 2. Cek Followers IG Untuk Akun Orang Lain

Selanjutnya adalah penjelasan cara cek followers IG dari akun orang lain. Kamu dapat melihat jumlah serta nama akun yang mengikutinya. Tapi dengan syarat, akun tersebut tidak diprivasi. Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Cek Pengikut Akun IG Orang Lain


Pertama, cari dulu akun Instagram yang ingin dicek.
Buka halaman profil akun tersebut.
Langsung akan ditampilkan jumlah pengikut atau followers seperti yang ditunjukkan.

2. Lihat Nama Akun Yang Follow

  • Seperti di akun sendiri, kamu juga bisa melihat siapa saja yang mengikutinya, selama akun tersebut tidak diprivasi.
  • Kalau ingin melihat akun yang sama, cek di bagian Bersama.
  • Ini merupakan nama-nama akun yang kamu ikuti dan juga follow akun yang sama. Contohnya di sini kamu dan akun berikut mengikuti Instagram @persija.

Bisakah Melihat Pengikut IG yang Unfollow?

Jika setelah dicek jumlah followers turun, itu tandanya ada yang unfollow akunmu. Tentunya hal ini cukup menyebalkan. Terlebih lagi orang tersebut tidak menghapusmu dari daftar pengikutnya.

Namun sungguh disayangkan, kalau di Instagram tidak ada fitur untuk melihat akun yang unfollow. Kamu hanya bisa mengecek jumlahnya, tapi tidak beserta username-nya. Jadi, tidak dapat memastikan akun-akun yang berhenti mengikuti.

Sebenarnya ada aplikasi yang menyediakan fitur tersebut, contohnya Followers & Unfollowers. Namun aplikasi seperti ini tidak aman, karena memerlukan izin akses ke akunmu. Kalau terdeteksi oleh tim IG, akunmu pasti akan dikunci karena terindikasi ada aktivitas mencurigakan.

Jadi, seperti itulah cara cek followers IG sendiri dan orang lain. Kamu hanya dapat melihat jumlah followers dan nama akunnya. Sedangkan untuk mengecek akun yang unfollow belum tersedia fiturnya.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment