Cara Cek IndiHome Gangguan dengan 3 Metode Pilihan

Table of Contents
IndiHome merupakan jasa penyedia layanan internet populer yang ada di Indonesia. Meskipun menyediakan jaringan yang luas dan stabil, tapi tetap saja kadang muncul gangguan. Kamu dapat memeriksa dengan cara cek IndiHome gangguan atau tidak di daerahmu.

Adanya gangguan pada jaringan internet IndiHome tentunya cukup merepotkan. Terlebih lagi kalau kamu hanya mengandalkan sebagai satu-satunya sumber internet. Otomatis pekerjaan yang perlu koneksi WiFi akan ikut terganggu.

Kendala seperti ini sebenarnya bukanlah hal yang baru, tapi juga dialami oleh banyak pelanggan IndiHome. Kamu bisa mengecek dan memastikan apa yang menjadi penyebabnya. Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Penyebab IndiHome Gangguan

Ada banyak faktor yang mengakibatkan jaringan internet IndiHome mengalami gangguan. Beberapa hal di bawah ini mungkin sedang kamu alami saat ini, sehingga koneksi tidak lancar seperti biasanya.
  • IndiHome sedang mengadakan perbaikan jaringan. Gangguan bisa saja muncul ketika server pusat mengalami kendala akibat adanya maintenance atau perbaikan. Biasanya ini dilakukan secara rutin dan sebelumnya pelanggan juga diberi pemberitahuan.
  • Modem rusak. Penyebab selanjutnya yaitu terjadi kerusakan pada modem. Banyak hal yang mungkin saja terjadi, seperti kabel tembaga putus, rusak, dan korsleting. Konfigurasi yang tidak sesuai pada router juga dapat mengakibatkan gangguan pada WiFi.
  • Terlalu banyak pengguna. Mungkin saja jaringan tidak bermasalah, tapi ternyata mengalami overload akibat banyak perangkat yang tersambung. Hal ini pun dapat mengakibatkan gangguan dan membuat jaringan lebih lemot, sebab penggunaan bandwidth tinggi dalam waktu bersamaan.
  • Melewati batas FUP. Faktor selanjutnya yang mengakibatkan jaringan internet IndiHome mengalami gangguan karena sudah melewati batas FUP. Seperti yang diketahui jika IndiHome menerapkan kebijakan FUP agar semua bisa menggunakannya secara adil.

Cara Cek IndiHome Gangguan

Cara Cek IndiHome Gangguan

Untuk melihat sisi mana yang bermasalah, harus kamu cek terlebih dahulu. Periksa apakah yang rusak itu modem atau bukan. Kamu pun dapat memeriksanya lewat aplikasi myIndiHome sekaligus mengajukan keluhan. Cara lainnya yaitu dengan menghubungi customer service IndiHome.

Cara 1. Cek IndiHome Gangguan dengan Memeriksa Modem


Cara yang pertama untuk memeriksa gangguan pada WiFi IndiHome yaitu dengan mengecek modem yang kamu gunakan. Kesalahan ini kerap terjadi, tapi tidak dipahami. Hingga akhirnya mengira gangguan bersumber dari server pusat.

Caranya dengan melihat modem apakah lampunya kelap-kelip atau menyala secara stagnan. Jika menyala terus-menerus, itu pertanda adanya gangguan. Apabila terjadi hal seperti ini, dapat diatasi sendiri dengan melakukan restart modem. Berikut langkah-langkahnya:
  • Tekan tombol power yang ada di modem.
  • Kemudian tunggu selama lima menit.
  • Setelah itu, nyalakan modem kembali.
  • Jika sudah menyala, tunggu dan pastikan apakah koneksinya sudah stabil atau belum. Bila masih kelap-kelip, tandanya belum normal.

Cara 2. Cek IndiHome Gangguan Lewat Aplikasi myIndiHome

Cara cek IndiHome gangguan yang kedua dilakukan lewat aplikasi myIndiHome. Download aplikasinya lewat Google Play Store dan lakukan pendaftaran. Saat daftar, kamu diminta untuk memasukkan ID Pelanggan.

Di aplikasi myIndiHome dapat kamu cek berapakah penggunaan kuota bulan ini. Jika masih termasuk batas wajar, berarti yang menyebabkan gangguan bukanlah pemakaian yang melebihi FUP. Kamu dapat berganti untuk melihat jumlah perangkat yang terhubung. Caranya seperti ini:
  • Di aplikasi myIndiHome, buka menu Profil.
  • Selanjutnya, pilih menu Atur Nomor IndiHome.
  • Pada halaman selanjutnya muncul akun yang terhubung. Ketuk tanda titik tiga di sampingnya.
  • Lalu pilih Pengaturan WiFi.
  • Di sinilah kamu dapat melihat berapakah perangkat yang sedang terhubung ke WiFi IndiHome. Jika melebihi jumlah idelal, sudah pasti sinyal menjadi lemot.

Bagaimana kalau dari pengecekan tersebut tidak ditemukan kendala apa pun? Kamu bisa coba melaporkan gangguan ini pada IndiHome. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka menu Bantuan.
  • Lalu ketuk banner PENGADUAN LAYANAN.
  • Pilih kategori Internet.
  • Isi formulir pengaduan. Pilih jenis gangguan dan sampaikan permasalahanmu.
  • Kalau sudah, ketuk LAPORKAN GANGGUAN.
  • Kamu akan mendapatkan tiket laporan. Cek proses IndiHome dalam merespon laporanmu.

Cara 3. Hubungi Customer Service IndiHome


Cara terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menghubungi customer service IndiHome. Tanyakan apakah gangguan itu muncul karena adanya maintenance atau faktor lain. Hubungi call center 147 atau akun Twitter @IndiHomeCare.

Demikianlah panduan dan cara cek IndiHome gangguan atau tidak. Kamu harus memeriksa dulu apa yang menjadi faktor penyebabnya. Mungkin saja diakibatkan kesalahan setting router, modem rusak, atau perbaikan pada pusat.

Baca Juga Deh, Pasti Kamu Belum Tahu:

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment