Cara Cek Kuota Tri Lewat SMS, Lebih Praktis dan Cepat

Table of Contents
dumados.com »« Sudahkah kamu tahu bagaimana cara cek kuota Tri lewat SMS yang lebih mudah dan simpel? Mengecek sisa kuota itu penting dilakukan. Selain untuk memastikan masih punya kuota, juga membuktikan kalau kamu mendapatkan paket sesuai dengan yang dibeli.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melihat jumlah kuota kartu Tri. Tapi mengeceknya lewat SMS menjadi opsi yang bagus karena lebih cepat dilakukan. Tidak perlu juga terhubung ke jaringan internet.

Tapi kalau lewat SMS, kamu hanya dapat melihat apakah kuotanya masih ada atau tidak. Sedangkan jika kuota habis dan ingin beli paket, tidak bisa via SMS. Salah satu cara membelinya melalui aplikasi Bima. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Cek Kuota Tri Lewat SMS

Cara Cek Kuota Tri Lewat SMS

Untuk mengecek jumlah kuota Tri lewat SMS, caranya dengan mengirimkan sebuah pesan pakai format tertentu. Meskipun kirim SMS, tidak perlu khawatir karena cara ini gratis, tidak akan mengurangi pulsamu. Untuk langkah-langkahnya, bisa disimak pada penjelasan berikut ini:

1. Buka Menu Pesan


Langkah yang pertama, nyalakan ponselmu. Kemudian buka menu Pesan dengan cara mengetuk shortcut-nya yang ada di homescreen.

2. Buat Pesan Baru


Setelah itu, ketuk tanda tambah untuk membuat pesan baru. Tapi langkah ini disesuaikan dengan ponsel masing-masing. Karena sajian menu di setiap gadget tidak sama.

3. Tulis Format Pesan Untuk Cek Kuota Tri


Cara cek kuota Tri lewat SMS berikutnya tulis pesan baru. Untuk melihat jumlah kuota kartu Tri yang dimiliki saat ini, menggunakan format pesan INFO(spasi)KUOTA.

4. Kirim Pesan ke Nomor 234


Apabila sudah selesai menuliskan format pesan untuk cek kuota, segera kirimkan SMS ke nomor 234. Selanjutnya tinggal menunggu SMS balasan dari Tri yang menginformasikan sisa kuotamu saat ini.

5. Lihat Jumlah Kuota Tri


Beberapa detik saja yang diperlukan untuk menunggu balasan dari Tri. Informasi paket dikirimkan via SMS oleh 3Info. Kamu bisa cek jenis paket apa saja yang sedang aktif saat ini. Jangan hanya melihat sisa kuota saja, tapi cek juga sampai kapan paket tersebut berlaku.

Cara Lain Cek Kuota Tri

Selain lewat SMS, sebenarnya ada beberapa cara lain untuk mengecek sisa kuota kartu Tri. Kamu bisa cek lewat aplikasi Bima, website, dan kode dial. Berikut penjelasannya.

1. Cek Kuota Tri Lewat Aplikasi Bima

Bima merupakan aplikasi resmi Tri yang memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai layanan. Jika ingin melihat sisa kuota secara rinci, caranya sebagai berikut:
  • Instal aplikasi Bima.
  • Pastikan kamu sudah login ke aplikasi tersebut menggunakan nomor Tri.
  • Setelah berhasil masuk ke aplikasi Bima, cek bagian Kuota.
  • Ketuk menu tersebut untuk melihat rincian paket.
  • Di halaman selanjutnya ditampilkan nama paket, sisa kuota, dan masa berakhirnya.

2. Cek Kuota Tri Lewat Website

Jika kamu tidak punya aplikasi Bima, bisa cek kuota lewat website saja. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Buka alamat https://bima.tri.co.id/login.
  • Tulis nomor Tri-mu dan tekan Masuk.
  • Kemudian tulis kode OTP yang dikirimkan via SMS.
  • Jika sudah login, jumlah kuota bisa kamu lihat pada bagian Langganan Aktif.

3. Cek Kuota Tri Pakai Kode Dial

Opsi lain untuk melihat jumlah kuota kartu Tri yang dimiliki saat ini yaitu pakai kode dial. Kamu dapat menggunakan kode cepat berikut:
  • Dial kode *888*8# melalui menu Panggilan.
  • Kemudian pilih menu Info Kuota dengan membalas pakai kode angka 3.
  • Tunggu permintaan diproses.
  • Informasi kuota diberikan melalui SMS.

Cara Beli Kuota Tri

Yang harus kamu lakukan jika kuota habis yaitu membeli paket baru. Untuk cara yang paling mudah yaitu lewat aplikasi Bima. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Di halaman utama aplikasi Bima, masuk ke menu Beli di bawah. Kamu juga dapat membeli paket yang direkomendasikan oleh sistem.
  2. Selanjutnya, pilih kategori paket yang dibutuhkan.
  3. Kamu dapat memilih salah satu paket yang disediakan. Cek harga dan benefit yang diterima.
  4. Jika ingin memesannya, ketuk Beli.
  5. Langkah selanjutnya menentukan metode pembayaran, bisa pakai pulsa atau e-wallet.
  6. Ketuk Bayar Sekarang untuk konfirmasi pembelian.
Seperti itulah cara cek kuota Tri lewat SMS yang lebih mudah dan simpel dengan mengirimkan pesan format tertentu. Kamu juga bisa cek dengan alternatif lain. Sedangkan untuk pembelian paket dapat dilakukan melalui aplikasi Bima.

Kami Pilihkan yang Sesuai Untukmu:

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment