2 Cara Cek Masa Aktif Kartu 3 (Tri) Update Paling Baru

Table of Contents
dumados.com | Setiap kartu memiliki masa aktif untuk menunjukkan bahwa nomor dapat digunakan. Untuk itulah, kamu harus tahu bagaimanakah cara cek masa aktif kartu 3. Jaga nomor tetap aktif agar bisa akses internet, melakukan panggilan telepon, dan mengirimkan SMS.

Sering kali ada kasus nomor Tri hangus karena saking sibuknya lupa cek masa aktif. Pulsa habis dan melewati masa tenggang pun tidak tahu. Daripada hal ini terjadi padamu, sebaiknya rutin dicek. Karena saat nomor hangus, lebih sulit untuk mengaktifkannya kembali.

Jika setelah dicek masa aktifnya habis, jangan lupa untuk memperpanjang. Ternyata ada cara selain dengan melakukan isi ulang pulsa. Bagaimana saja caranya? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

Cara Cek Masa Aktif Kartu 3

Sebenarnya untuk melihat masa aktif kartu Tri sampai kapan itu sangat mudah. Kamu dapat cek pakai kode USSD yang tidak perlu terhubung ke jaringan internet. Atau bisa juga cek melalui aplikasi Bima+. Untuk caranya akan dijelaskan di bawah ini.

Cara 1. Cek Masa Aktif Kartu 3 Pakai Kode USSD

Cara yang pertama untuk cek masa aktif kartu Tri yaitu menggunakan kode USSD. Cara inilah yang paling mudah, sebab tidak perlu pakai internet. Jadi, kalau tidak punya kuota masih bisa cek masa aktif.

Tapi kamu harus tahu, bahwa Tri punya kode USSD baru. Sejak bergabung dengan Indosat Ooredoo, Tri tidak lagi menggunakan kode dial *111#. Lalu, apa kode yang baru? Cek panduannya di bawah:
  • Untuk cek masa aktif Tri pakai kode dial, buka menu Telepon.
  • Lewat dialpad, masukkan kode USSD baru, yaitu *888*8#.
  • Setelah itu, dial kode tersebut menggunakan nomor Tri yang akan dicek masa aktifnya.
  • Selanjutnya akan langsung ditampilkan rincian nomor, sisa pulsa, dan masa aktif sampai kapan. Kartu Tri memang dikenal punya masa aktif yang panjang, bahkan bisa lebih dari satu tahun.

Cara 2. Cek Masa Aktif Kartu 3 Lewat Aplikasi Bima

Cara cek masa aktif kartu 3 yang selanjutnya dilakukan lewat aplikasi Bima. Aplikasi ini disediakan untuk memberikan kemudahan akses kepada semua pengguna nomor Tri. Karena lewat Bima, bisa cek nomor, pulsa, masa aktif, beli paket, pulsa, dan layanan lain.

Untuk menggunakan aplikasi Bima harus terhubung ke jaringan internet. Jangan lupa instal aplikasinya terlebih dahulu. Lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Tulis nomormu untuk login ke aplikasi Bima. 
  • Kemudian ikuti proses verifikasi dengan menuliskan kode OTP yang diberikan via SMS.
  • Berikut tampilan utama aplikasi Bima. Untuk versi lama, masa aktif bisa dilihat pada halaman awal ini. Tapi setelah aplikasi diperbarui karena merger dengan Indosat, harus ketuk bagian Pulsa. Selanjutnya akan ditampilkan detail pulsa dan masa aktifnya.

Cara Beli Masa Aktif Kartu 3

Agar dapat menggunakan kartu Tri seperti biasanya, kamu harus menjaga nomornya tetap aktif. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga masa aktif, yaitu:
  • Melakukan isi ulang pulsa.
  • Membeli paket data internet.
  • Melakukan transfer pulsa.
  • Menggunakan kartu Tri.
  • Menerima hadiah dari pengguna lain.
Tapi selain beberapa cara di atas, ada satu tips menambah masa aktif tanpa beli pulsa. Caranya yaitu dengan membeli paket perpanjangan masa aktif. Bisa dilakukan lewat aplikasi Bima dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Di aplikasi Bima, carilah informasi Paket Perpanjangan Masa Aktif atau AlwaysOn.
  2. Kemudian pilihlah paket mana yang dibutuhkan. Jangan lupa cek dulu masa aktif yang diterima.
  3. Jika ingin melakukan pembelian, ketuk tombol Beli.
  4. Langkah selanjutnya menentukan metode pembayaran. Untuk pembelian masa aktif, bisa dibayar menggunakan pulsa. Jadi, pastikan pulsamu mencukupi.
  5. Klik Bayar Sekarang untuk menyelesaikan pembelian ini.
  6. Masa aktif kartu Tri milikmu akan bertambah dan dapat digunakan untuk telepon, SMS, ataupun akses internet.
Demikianlah penjelasan mengenai cara cek masa aktif kartu 3 pakai kode USSD dan aplikasi Bima. Dengan masa aktif, kamu dapat menggunakan semua layanan Tri. Jangan sampai nomor masuk masa tenggang atau malah hangus karena masa aktifnya habis.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment