2 Cara Cek Masa Aktif Kartu XL yang Kalian Cari

Table of Contents
dumados.com | Cara cek masa aktif kartu XL penting sekali untuk diketahui. Karena semua layanan XL Axiata bisa diakses apabila kartunya masih aktif. Jangan sampai nomor dinonaktifkan hanya karena kamu lupa tidak isi ulang pulsa.

Cara untuk melihat masa aktif kartu XL itu sangat mudah. Kamu bisa cek dengan sekali klik saja. Selanjutnya, pada penjelasan ini juga diterangkan bagaimana saja cara yang dapat dilakukan untuk memperpanjang masa aktif nomor XL.

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL

Cara Cek Masa Aktif Kartu XL

Ada dua cara untuk melihat masa aktif kartu XL, yaitu pakai kode USSD dan lewat aplikasi myXL. Ini merupakan cara yang paling umum dan sering digunakan. Bahkan lewat myXL lebih mudah dilakukan. Berikut akan dijelaskan caranya:

Cara 1. Cek Masa Aktif Kartu XL Pakai Kode USSD

Untuk semua pengguna kartu XL, sebenarnya dapat memastikan aktif tidaknya nomor dengan sangat mudah. Pengecekan pakai kode USSD tidak perlu terhubung ke jaringan internet. Selain itu dapat dilakukan lewat ponsel apa saja, sekalipun bukan smartphone.

Tapi yang perlu diketahui, bahwa kode USSD XL Axiata sekarang sudah berubah. Kamu tidak bisa lagi menggunakan kode *123# yang dulu juga dipakai untuk cek pulsa dan masa aktif. Untuk saat ini, kamu bisa melakukan pengecekan dengan cara seperti ini:
  • Buka menu Telepon atau Panggilan di ponselmu.
  • Setelah itu, input kode USSD baru melalui dialpad, yaitu kode *808#. Ingat ya, kamu tidak bisa pakai *123# lagi.
  • Kalau sudah selesai memasukkan kodenya, sekarang dial kodenya menggunakan nomor XL yang akan dicek masa aktifnya.
  • Tanpa perlu akses apa pun lagi, kamu bisa langsung cek sampai kapan kartunya aktif. Selain itu juga ada informasi berapakah jumlah pulsa yang tersisa.

Cara 2. Cek Masa Aktif Kartu XL Melalui Aplikasi myXL

Cara cek masa aktif kartu XL yang selanjutnya dilakukan lewat aplikasi myXL. Sebenarnya cara ini sama mudahnya dengan pakai kode dial. Hanya saja, perlu terhubung ke jaringan internet dan melakukan pendaftaran buat pengguna baru atau login bagi yang sudah punya akun.

Meski begitu, myXL punya fitur yang sangat lengkap. Lewat satu aplikasi ini, kamu dapat akses semua layanan XL Axiata dengan cepat dan praktis. Mulai dari beli pulsa, paket data internet, dan cek sisa kuota. Sedangkan untuk cek masa aktif caranya seperti ini:
  • Instal dan buka aplikasi myXL.
  • Pilih layanan XL yang sedang kamu gunakan saat ini, contohnya XL Prabayar.
  • Selanjutnya, login menggunakan nomor XL yang hendak dicek.
  • Untuk proses verifikasi, dilakukan dengan menuliskan kode OTP yang dikirimkan via SMS. Jika kartunya ada di HP yang sama, kode akan ter-input secara otomatis.
  • Sekarang kamu sudah berhasil login ke aplikasi myXL.
  • Lihat masa aktif kartumu pada bagian Remaining Balance atau Sisa Pulsa. Langsung ada di halaman utama aplikasi, sehingga tidak perlu akses menu lainnya lagi.

Bagaimana Jika Masa Aktif Habis?

Setiap kartu itu punya masa berlaku sendiri-sendiri. Apabila masa aktifnya sudah habis, maka nomor akan masuk masa tenggang yang berlangsung selama 30 hari. Di mana dalam masa ini, tidak dapat menggunakan layanan XL.

Jika masa aktif habis, kamu tidak bisa akses internet, meskipun saat itu sisa kuotanya masih banyak. Kamu juga tidak dapat melakukan panggilan telepon dan mengirimkan SMS. Walaupun saat berada di masa tenggang itu masih bisa menerima telepon atau SMS dari pengguna lain.

Cara Menambah Masa Aktif Kartu XL

Jangan sampai masa tenggang terlewat kartu kartumu bisa hangus. Jika sudah hangus, cara mengaktifkannya kembali lebih sulit. Oleh karena itu, jaga kartu XL-mu tetap aktif dengan beberapa cara di bawah ini:
  1. Melakukan isi ulang pulsa.
  2. Membeli paket internet. Misal beli paket 30 hari, maka masa aktif bertambah dengan jumlah hari yang sama.
  3. Mentransfer atau menerima kiriman pulsa dari pengguna lain.
  4. Menggunakan kartu XL untuk apa pun. Misalkan digunakan untuk telepon biasa, pada akhir periode biasanya masa aktif ditambahkan oleh operator XL.
  5. Membeli paket perpanjangan masa aktif XL.
Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara cek masa aktif kartu XL. Kamu bisa cek pakai kode USSD atau lewat aplikasi myXL. Jika hampir masuk masa tenggang, sebaiknya segera lakukan isi ulang pulsa, walaupun hanya 5000.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment