2 Cara Cek NFC di HP Samsung dan Mengaktifkannya

Table of Contents
dumados.com »« Kamu pasti sudah tidak asing dengan fitur NFC yang terdapat di smartphone, salah satunya Samsung. Bagaimana cara cek NFC di HP Samsung dan menggunakannya? Mengingat fitur tersebut memiliki berbagai manfaat yang sangat membantu pengguna.

Sebenarnya NFC bukanlah fitur yang baru. Samsung sendiri menjadi smartphone pertama yang menyediakan NFC pada HP android dengan meluncurkan Samsung Nexus S di tahun 2010. Untuk mengecek fitur NFC dan mengetahui fungsinya, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu NFC?

NFC (Near Field Communication) merupakan sebuah fitur yang berfungi untuk menghubungkan dua perangkat dari jarak dekat. Salah satu perangkat bertindak sebagai transmitter. Perangkat yang lain bertugas menjadi penangkap sinyal.

Dua perangkat yang kompatibel dengan fitur NFC itu adakalanya pasif dan aktif. Perangkat pasif contohnya e-money atau transmitter kecil lainnya. Sedangkan perangkat pasif contohnya smartphone yang bertugas menerima data, mengolah, dan mengirimkannya.

Cara Cek NFC di HP Samsung

Cara Cek NFC di HP Samsung

Saat ini, fitur NFC di HP Samsung sangat membantu dan meningkatkan efektivitas. Contohnya ketika melakukan pembayaran atau sekedar melihat saldo uang elektronik. Ada dua macam cara untuk mengecek dan menggunakan NFC di HP Samsung. Berikut penjelasannya.

Cara 1. Cek NFC Lewat Menu Pengaturan

Cara cek NFC di HP Samsung yang pertama dilakukan lewat menu Pengaturan. Kamu bisa mengaktifkannya sebelum digunakan. Ada juga panduan memakai fitur NFC yang benar. Untuk mengeceknya, ikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:
  • Buka Pengaturan dengan mengetuk shortcut menunya di homescreen atau lewat pusat kontrol.
  • Setelah itu, pilih menu Koneksi.
  • Langkah selanjutnya, lihat fitur NFC & pembayaran tanpa kontak.
  • Untuk mengaktifkannya, geser panel ke arah kanan.
  • Jika berwarna biru seperti ini, berarti sudah aktif. Ketuk untuk memastikannya.
  • Berikutnya bisa kamu baca bagaimana panduan menggunakan fitur NFC. Caranya yaitu dengan menempelkan transmitter ke bagian belakang HP.

Misalkan kamu ingin cek saldo e-money atau melakukan top up. Pastikan sudah punya aplikasi pembayaran dengan kartu atau aplikasi pihak ketiga. Kemudian, tempelkan kartunya di belakang HP Samsung. Secara otomatis akan terbaca dan menampilkan informasi yang dibutuhkan.

Cara 2. Cek NFC Lewat Pusat Kontrol

Selain itu ada cara yang lebih cepat, yakni lewat pusat kontrol. Caranya dapat kamu lihat pada panduan berikut:
  • Buka pusat kontrol dengan mengusap layar HP ke bawah.
  • Geser ke kanan untuk mencari fitur NFC.
  • Tapi jika belum ada, klik tanda titik tiga di kanan atas.
  • Kemudian pilih Edit Tombol.
  • Sentuh dan tahan ikon fitur NFC.
  • Selanjutnya seret ke bawah untuk menempatkannya.
  • Kalau sudah, ketuk tombol Simpan.
  • Sekarang fitur NFC sudah muncul dan dapat diakses dengan mudah. Untuk mengaktifkan, tinggal mengetuk ikonnya.
  • Tanda biru berarti fiturnya sudah aktif.

Fungsi Fitur NFC di HP Samsung

Adanya fitur NFC ini memberikan banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan. Berikut ini beberapa fungsi NFC pada kehidupan sehari-hari:

1. Cek Saldo e-Money

Dengan fitur NFC, proses cek saldo dan top-up uang elektronik lebih mudah dilakukan. Ini sangat berguna buat kamu yang sering melakukan transaksi pakai e-money. Contohnya saat bayar MRT, TransJakarta, CommuterLine, parkir, atau jalan tol.

Kamu juga dapat menyimpan informasi kartu kredit dalam aplikasi pembayaran seperti Samsung Pay. Dengan begitu, bisa melakukan transaksi tanpa kartu dengan mudah. Tinggal dekatkan HP ke terminal pembayaran dengan jarak kurang dari 4 sentimeter.

2. Melakukan Proses Transfer Data

Fungsi NFC selanjutnya yaitu membantu proses transfer data dengan memasangkan dua perangkat. Karena tidak hanya HP saja yang ada NFC. Kamera ataupun perangkat audio pun sudah dilengkapi fitur ini. Jadi, tinggal melakukan pairing dan data bisa dikirimkan dengan mudah.

3. Membagi Kontak

Ketika dua smartphone punya fitur NFC, bisa saling berbagi kontak dengan mudah. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi kontak. Selanjutnya memilih metode membagikan pakai Quick Share atau NFC Share.

Seperti itulah cara cek NFC di HP Samsung dan menggunakannya untuk transaksi maupun transfer data. Fitur tersebut dapat diaktifkan dengan mudah. Apalagi punya berbagai fungsi untuk membuat pekerjaan lebih efisien.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment