2 Cara Clear Cache Samsung Sendiri (Step-by-step)

Table of Contents
dumados.com »« Cara clear cache Samsung adalah pembahasan yang penting untuk diketahui. Mungkin kamu mengira kalau file tersebut tidak masalah dibiarkan. Tapi ternyata kalau sudah menumpuk, akan memakan banyak ruang penyimpanan dan membuat HP lemot.

Proses caching di HP Samsung sebenarnya punya banyak kegunaan. Namun tetap harus dibersihkan secara rutin agar performa ponsel tetap optimal. Berikut akan dijelaskan bagaimana saja caranya.

Apa Itu Cache?

Cache merupakan informasi data yang disimpan sementara pada sistem secara otomatis. Data tersebut disimpan dengan tujuan supaya waktu pemuatan aplikasi ataupun web lebih cepat. Pasalnya, perangkat tidak perlu meminta data dari server lagi, melainkan mengambil dari yang sudah tersimpan di sistem lokal.

Proses caching ini sama halnya ketika kamu mengingat sebuah jalan. Contohnya saat mengunjungi suatu tempat pertama kali, secara otomatis otak akan menyimpan bagaimana cara akses dan jalannya. Sehingga saat datang lagi, bisa menujunya dengan mudah.

Jadi ketika kamu membuka sebuah aplikasi atau web pertama kali, sistem akan menyimpan informasi ke penyimpanan internal. Sehingga saat membukanya lagi, tidak perlu menunggu waktu loading yang lama. Proses ini dilakukan di semua smartphone, termasuk Samsung.

Kegunaan dan Kekurangan Cache

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang cara menghapus file cache di HP Samsung, kamu perlu tahu kegunaannya terlebih dahulu. Proses cache dibuat oleh sistem dengan beberapa manfaat berikut ini:
  1. Mempercepat proses loading data ketika mengakses website maupun aplikasi.
  2. Menghemat kuota internet, sebab tidak perlu mengunduh informasi lagi di server. Informasi yang tersimpan di cache itulah yang akan ditampilkan.
  3. Mengakses konten secara offline. Misalkan saat kamu membuka web lagi, tiba-tiba koneksi internet terputus. Data-data yang terunduh ketika posisi online tetap bisa dilihat dan dibaca.
Meski begitu, keberadaan cache tidak sepenuhnya menguntungkan. Ada beberapa kekurangan yang menjadi alasan kenapa harus dibersihkan secara rutin. Berikut ini kekurangan dari file cache:
  1. Semakin banyak situs yang diakses, makin banyak pula cache yang disimpan. Hal tersebut mengambil banyak ruang penyimpanan internal.
  2. Cache yang menumpuk bisa mengakibatkan corrupt dan eror pada aplikasi.
  3. Rentan diserang oleh hacker.

Cara Clear Cache Samsung

Cara Clear Cache Samsung

Dengan mempertimbangkan beberapa kekurangan cache itulah, kamu perlu membersihkannya secara rutin. Untuk HP Samsung, dapat dibersihkan langsung lewat menu Pengaturan. Atau kamu dapat menggunakan bantuan dari aplikasi CCleaner. Caranya akan dijelaskan di bawah ini.

Cara 1. Clear Cache Samsung Lewat Pengaturan

Jika merasa HP mulai lemot dan ruang penyimpanan makin hari makin berkurang banyak, sebaiknya segera menghapus cache yang tersimpan. Kamu dapat menghapusnya melalui menu Pengaturan. Tapi di sini dihapus satu per satu. Cek langkah-langkah berikut ini:
  • Buka menu Settings atau Pengaturan di HP Samsung.
  • Setelah halaman Pengaturan terbuka, scroll ke bawah dan cari menu Apps atau Aplikasi.
  • Langkah selanjutnya, buka satu per satu aplikasi untuk dibersihkan cache-nya. Terutama aplikasi yang paling sering kamu gunakan, mulai dari WhatsApp, Instagram, TikTok, Chrome, Facebook, dan Lainnya.
  • Setelah rincian aplikasi terbuka, gulir halaman ke bawah. Kemudian pilih opsi Storage atau Penyimpanan.
  • Di halaman ini, kamu bisa lihat berapakah jumlah penyimpanan yang sudah digunakan cache. Untuk menghapusnya, ketuk Clear Cache di bawah. Maka ukurannya akan menjadi 0 B.

Hati-hati saat menghapus cache di HP Samsung, jangan sampai keliru memilih Clear Data. Karena jika kamu memilih opsi tersebut, maka seluruh data aplikasi akan terhapus. Aplikasi menjadi baru seperti pertama kali diinstal.

Cara 2. Clear Cache Samsung Pakai Aplikasi CCleaner

Cara clear cache Samsung yang kedua menggunakan bantuan aplikasi CCleaner. Dengan aplikasi tersebut, bisa menghapus cache sekaligus, jadi tidak perlu satu per satu. Instal dulu CCleaner lewat Play Store, lalu gunakan dengan cara berikut:
  • Buka CCleaner dan berikan izin akses.
  • Ketuk tombol PEMBERSIHAN CEPAT.
  • Untuk akun gratis, hanya bisa menghapus cache terlihat dan file sampah saja. Sedangkan untuk cache tersembunyi pakai akun Pro.
  • Klik SELESAIKAN PEMBERSIHAN di bawah.
  • Konfirmasi dengan klik Hapus.

Itulah dua cara clear cache Samsung yang bisa kamu lakukan. File ini harus rutin dibersihkan agar tidak memenuhi ruang penyimpanan. Meskipun mempercepat proses loading, tapi jika menumpuk akan membuat ponselmu lemot.

Pilihan Tutorial Untukmu

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment