3 Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel yang Kalian Cari

Table of Contents
dumados.com | Bagaimana cara cek masa tenggang kartu Telkomsel itu? Kamu perlu tahu, bahwa kartu yang masa aktifnya sudah habis akan berganti periode menjadi masa tenggang. Hal ini terjadi karena kamu tidak melakukan isi ulang pulsa.

Pada masa tenggang tersebut, nomormu tidak dapat digunakan untuk akses berbagai layanan Telkomsel. Kamu tidak dapat internetan, melakukan panggilan telepon, maupun mengirimkan SMS. Tapi masih bisa menerima telepon dan pesan dari orang lain.

Lantas, apa yang terjadi jika sampai masa tenggang berakhir belum juga beli pulsa? Apakah kartunya masih bisa digunakan kembali? Untuk menjawab pertanyaanmu, simak penjelasan lengkapnya di sini.

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel

Untuk memeriksa masa tenggang kartu Telkomsel itu sama halnya dengan cek masa aktif. Kamu dapat melakukan pengecekan menggunakan kode USSD yang tidak perlu terhubung ke jaringan internet. Atau yang lebih mudah, cek melalui aplikasi MyTelkomsel dan WhatsApp.

Cara 1. Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Pakai Kode USSD

Buat kamu yang sudah lama pakai kartu Telkomsel sepertinya tidak perlu bingung lagi jika ingin cek masa aktif maupun masa tenggang. Ada cara yang sangat mudah, yakni menggunakan kode dial. Bahkan dapat dicoba lewat ponsel apa saja. Langkah-langkahnya seperti ini:
  • Buka menu Telepon, kemudian masukkan kode USSD *888# yang biasanya digunakan untuk cek pulsa.
  • Selanjutnya dial kodenya pakai kartu Telkomsel. 
  • Setelah kode USSD diproses, pilih opsi menu 7. Cek Pulsa.
  • Setelah itu ditampilkan masa aktif kartu. Jika sampai tanggal ini kamu tidak melakukan isi ulang pulsa, maka akan masuk masa tenggang.

Cara 2. Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Via Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek masa tenggang kartu Telkomsel yang kedua dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel. Sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi pengguna Telkomsel untuk menginstal aplikasi tersebut. Pasalnya, lewat MyTelkomsel semua layanan bisa diakses dengan lebih mudah.

MyTelkomsel dapat diinstal pada smartphone android maupun iPhone. Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, harus daftar bagi pengguna baru atau login pakai nomor Telkomsel jika sudah punya akun. Kemudian cek masa tenggang dengan cara berikut:
  • Berikut tampilan awal aplikasi MyTelkomsel.
  • Untuk melihat kartu masih aktif atau sudah masuk masa tenggang, buka bagian Pulsa.
  • Pada halaman rincian inilah kamu bisa cek sampai kapan nomor aktif. Jika masa berlakunya sudah habis, berarti berasa di periode masa tenggang.

Cara 3. Cek Masa Tenggang Kartu Telkomsel Via WhatsApp

Alternatif lain yang dapat dipilih untuk cek masa tenggang yaitu lewat WhatsApp. Sepertinya hampir semua punya akun WhatsApp. Oleh karena itu, gunakanlah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi WhatsApp dan ketuk tanda tambah di kanan bawah.
  • Selanjutnya pilih menu Bisnis.
  • Kemudian carilah akun bisnis Telkomsel.
  • Pilih akun bot WhatsApp dengan foto profil customer service Veronika seperti yang ditunjukkan berikut ini.

  • Setelah terbuka, langsung kirimkan chat “Cek masa tenggang” atau “Cek masa aktif.” Apabila menggunakan akun WhatsApp yang kartunya bukan Telkomsel, tambahkan nomormu di belakang.
  • Jika baru pertama kali menghubungi Veronika, diminta melakukan verifikasi dengan menuliskan nomor Telkomsel dan kode OTP.
  • Baru lihat masa tenggang kartumu. Jika seperti ini, berarti kartu masih aktif dan segera isi pulsa sebelum berakhir.

Apa yang Terjadi Jika Lewat Masa Tenggang?

Setiap kartu Telkomsel yang masa aktifnya sudah habis, akan masuk masa tenggang selama 30 hari. Dalam periode tersebut, kamu dapat mengaktifkan kartu lagi dengan cara isi ulang pulsa. Kamu juga dapat melakukan pembelian paket data atau perpanjangan masa aktif.

Tapi jika setelah 30 hari tidak kunjung beli pulsa, masa tenggang akan berakhir. Itu artinya, nomormu masuk masa kadaluwarsa/expired. Dalam periode expired, nomor tidak dapat diisi pulsa maupun paket. Dengan begitu tidak bisa lagi mengakses layanan Telkomsel.

Cara Reaktivasi Nomor yang Kadaluwarsa

Nomor yang masuk masa kadaluwarsa memang tidak bisa digunakan lagi. Tapi kamu masih diberi kesempatan untuk melakukan reaktivasi atau mengaktifkannya ulang dalam waktu 60 hari. Caranya dengan datang langsung ke GraPARI terdekat atau lakukan cara berikut:
  1. Reaktivasi kartu lewat kode USSD *888*89#.
  2. Selanjutnya pilih menu Reaktivasi Kartu.
  3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan, kemudian setujui.
  4. Berikutnya masukkan nomor KTP dan KK.
  5. Setelah itu ikuti instruksi reaktivasi melalui SMS.
Itulah tiga cara cek masa tenggang kartu Telkomsel yang harus kamu ketahui. Jangan sampai nomormu kadaluwarsa karena lewat masa tenggang. Sebaiknya segera isi pulsa saat masa aktifnya hampir habis.\

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment