4 Cara Cek Layar HP Xiaomi Masih Bagus atau Tidak

Table of Contents
dumados.com »« Layar atau LCD merupakan komponen penting dalam HP karena di situlah perintah diberikan dan ditampilkan. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara cek layar HP Xiaomi. Jika layarnya rusak, sudah pasti tidak bisa menggunakan ponsel itu lagi.

Ini dapat kamu lakukan untuk memeriksa kondisi HP sendiri. Terlebih lagi saat dirasa tampilan layar tidak seperti dulu lagi atau ada spot tertentu yang tidak dapat menerima perintah. Sehingga saat diketuk tidak bisa merespons.

Lebih penting lagi, cek layar saat membeli HP Xiaomi bekas. Meskipun barangnya second, kamu tetap perlu cek menyeluruh agar tidak tertipu. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara caranya.

Cara Cek Layar HP Xiaomi

Cara Cek Layar HP Xiaomi

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memeriksa kondisi layar HP Xiaomi. Ini dapat dicoba di semua tipe Xiaomi. Mulai dari menggunakan kode, mengecek keadaan fisiknya, sensitifitas layar, dan tes dead pixel. Untuk lebih jelasnya, simak panduan di bawah ini.

Cara 1. Cek Layar HP Xiaomi Pakai Kode Rahasia

Buat kamu sekalian yang sekarang pakai HP Xiaomi atau hendak beli second, wajib tahu kode rahasia ini. Ada salah satu kode yang digunakan untuk mengetes berbagai fungsi perangkat. Bukan hanya tes layar saja, kamu juga bisa memeriksa fitur yang lain.

Untuk tes layar, nantinya dengan memeriksa apakah ada kebocoran warna atau tidak. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka menu Telepon di HP Xiaomi.
  • Setelah itu, masukkan kode rahasia *#*#64663#*#*
  • Kamu tidak perlu men-dial kode tersebut. Setelah selesai menuliskan kodenya, akan langsung ditampilkan halaman pengetesan.
  • Karena ingin mengecek kondisi layar, pilih menu Display di nomor 8.
  • Berikutnya muncul perintah, jika ingin mulai tes, maka ketuk layar.
  • Yang pertama akan muncul warna merah. Perhatikan apakah ada warna yang bocor atau tidak. Jika tampilannya benar-benar merah, berarti normal.
  • Ketuk layar lagi untuk berganti warna hijau dan biru. Bila warnanya sesuai, tidak ada masalah pada layar.
  • Selain dengan melihat adanya kebocoran warna atau tidak, kamu juga dapat memeriksa touchscreen. Caranya dengan memilih menu Touch sensor.
  • Setelah itu, ketuk atau tarik setiap sisi layar. Jika semua kotak terisi dengan warna biru, berarti kondisi touchscreen-nya juga masih bagus.

Cara 2. Cek Layar HP Xiaomi dengan Memeriksa Kondisi Fisiknya


Cara selanjutnya yaitu dengan memeriksa kondisi fisik perangkat. Lakukan ini ketika kamu ingin membeli HP Xiaomi bekas. Periksa bagian sisi-sisi HP, mulai dari depan sampai belakang.

Cek apakah ada sisi yang terangkat atau tidak. Karena kalau tidak rapat, ada kemungkinan HP tersebut pernah dibongkar atau bahkan ganti LCD. Jangan sungkan pula untuk menanyakan hal ini kepada pemilik sebelumnya.

Cara 3. Cek Layar HP Xiaomi dengan Periksa Sensitifitasnya


Cara cek layar HP Xiaomi yang ketiga dengan memeriksa tingkat sensitifitas. Apabila layar dapat merespons setiap sentuhan dengan baik, berarti kondisinya masih bagus. Kamu juga bisa melakukan tes sederhana. Caranya seperti ini:
  • Ketuk dan tahan salah satu shortcut menu yang ada di homescreen.
  • Kemudian, tarik dan geser shortcut tersebut ke semua bagian layar tanpa melepaskannya, terutama bagian pojok.
  • Jika shortcut kembali ke tempatnya sendiri padahal kamu tidak dilepas, berarti bagian tersebut tidak merespons sentuhan.

Cara 4. Cek Layar HP Xiaomi dengan Tes Dead Pixel dan White Spot

Di setiap HP Xiaomi pasti ada menu Catatan bawaan. Ini juga dapat kamu gunakan untuk memeriksa kondisi layar. Salah satunya untuk memeriksa dead pixel.

Dead pixel merupakan sebuah kondisi titik-titik kecil di layar tidak bisa menampilkan warna, sehingga tetap mati atau hitam. Adanya dead pixel membuat tampilan layar tidak sempurna dan mengganggu visual. Lewat Catatan, kamu bisa memeriksanya dengan cara berikut:
  • Buka menu Catatan di HP Xiaomi.
  • Kemudian lihat warna layar pada tampilan putih bersih seperti ini. Apakah ada spot berwarna hitam atau tidak.

  • Kamu juga bisa memeriksa sensitifitas layar dengan menggunakan fitur coretan di Catatan.
  • Lalu buat coretan ke seluruh sisi layar dan lihat adakah bagian yang tidak merespons perintah ini.
  • Sedangkan untuk memeriksa white spot, kebalikannya dead pixel. Kamu bisa membuka foto hitam gelap, lalu lihat ada bagian titik putih atau tidak.

Seperti itulah cara cek layar HP Xiaomi masih bagus atau tidak. Selain memeriksa perangkat sendiri, ini sangat diperlukan ketika membeli ponsel bekas. Apalagi layar menjadi bagian yang menampilkan setiap respon yang masuk.

Kami Pilihkan yang Sesuai Untukmu:

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment