4 Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel, Ini yang Kalian Cari

Table of Contents
dumados.com | Cara cek masa tenggang Telkomsel penting untuk diketahui. Karena saat nomor masuk periode tersebut, tidak bisa digunakan untuk akses internet lagi. Kamu pun tidak dapat menelepon dan mengirimkan SMS.

Apabila nomor sudah masuk masa tenggang, harus diaktifkan kembali. Caranya bagaimana? Nanti akan dijelaskan di sini. Selain itu juga diterangkan siklus nomor Telkomsel agar tetap aktif dan tidak hangus setelah masa tenggang habis.

Apa Itu Masa Tenggang?

Masa tenggang atau Grace Period merupakan periode kartu Telkomsel prabayar sudah melewati masa aktif. Karena tidak segera diisi pulsa atau beli paket data, nomor masuk masa tenggang. Periode ini berlangsung selama 30 hari.

Seperti yang dijelaskan di atas, jika kamu tidak bisa menggunakan layanan Telkomsel ketika nomor berada di masa tenggang. Percuma kalau kuota internet masih banyak, tapi masa aktifnya sudah habis. Untuk memakainya, harus membuat kartu aktif kembali.

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Cara Cek Masa Tenggang Telkomsel

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memastikan sampai kapan masa tenggang Telkomsel. Sebenarnya busa diperkirakan sendiri dengan melihat akhir masa aktif. Berikut akan dijelaskan lengkapnya:

Cara 1. Cek Masa Tenggang Telkomsel Pakai Kode USSD

Untuk melihat masa tenggang kartu, itu sama dengan memastikan masa aktifnya. Karena saat masa aktif berakhir, otomatis masuk periode masa tenggang. Kamu bisa cek memakai kode USSD dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Lewat dialpad di menu Telepon, dial kode *888#.
  • Setelah itu, pilih 7. Cek Pulsa dari beberapa menu yang ditampilkan.
  • Kemudian cek apakah nomormu masih aktif atau tidak. Jika seperti ini, berarti nomor akan masuk masa tenggang setelah tanggal 30-9-2024. Periodenya berlangsung hingga 30 hari ke depan. Jadi, selama itu tidak bisa internetan, menelepon, dan kirim SMS.

Cara 2. Cek Masa Tenggang Telkomsel Melalui Aplikasi Telkomsel

Cara cek masa tenggang Telkomsel yang selanjutnya melalui aplikasi MyTelkomsel. Pertama instal dulu aplikasinya, kemudian login menggunakan nomor Telkomsel yang hendak dicek. Setelah berhasil masuk, lihat aktif tidaknya kartu dengan cara berikut:
  • Di halaman awal aplikasi MyTelkomsel, ketuk bagian Pulsa.
  • Kemudian cek di halaman ini sampai kapan nomormu aktif. Jika melewati tanggal yang sudah ditentukan, akan masuk grace period.

Cara 3. Cek Masa Tenggang Telkomsel Melalui Website


Jika kamu tidak bisa instal MyTelkomsel, dapat cek dengan menghubungi customer service Veronika via website. Kamu bisa tanya masa aktif kartumu dengan cara berikut ini:
  • Buka tsel.me/chatva.
  • Mulai chat Veronika dengan mengirimkan pesan Cek masa aktif.
  • Untuk live chat pertama kali, akan diminta untuk memasukkan nomor HP dan kode OTP.
  • Kemudian lihat apakah nomor masih aktif atau sudah masuk masa tenggang.

Cara 4. Cek Masa Tenggang Telkomsel Melalui WhatsApp

Sebenarnya ada opsi lain yang lebih mudah, yaitu lewat WhatsApp. Caranya sama-sama dengan menghubungi Veronika. Temukan akunnya dengan langkah-langkah berikut:
  • Ketuk tanda tambah di aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian pilih menu Bisnis.
  • Cari dan temukan akun Telkomsel yang ini.
  • Lalu chat Cek masa tenggang. Jika pakai nomor WA dari operator lain, tambahkan nomor Telkomsel milikmu di belakangnya.
  • Untuk chat pertama kali harus melakukan verifikasi. Tinggal ikuti instruksi saja.
  • Selanjutnya cek apakah kartumu sudah masuk masa tenggang atau belum.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel

Bila kartumu masuk masa tenggang, harus diaktifkan agar bisa menggunakan layanan Telkomsel lagi. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, di antaranya yaitu:
  1. Beli pulsa minimal 5000 untuk menambah masa aktif selama 7 hari.
  2. Beli paket data internet ataupun yang lain.
  3. Menerima gift dari pengguna lain.
  4. Menambah masa aktif dengan pemakaian.
  5. Beli paket perpanjangan masa aktif.

Siklus Kartu Telkomsel

Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah siklus kartu Telkomsel. Jadi, setelah masa aktif berakhir, nomor akan masuk masa tenggang selama 30 hari. Jika tidak kunjung diaktifkan, nomormu akan kedaluwarsa/expire.

Pada masa kedaluwarsa tersebut nomor tidak bisa diisi pulsa maupun beli paket. Itu artinya, tidak dapat menggunakan layanan Telkomsel sama sekali. Tapi kamu masih diberi waktu selama 60 hari untuk melakukan reaktivasi kartu melalui kode *888*89# atau datang ke GraPARI.

Tapi setelah 60 hari tidak kunjung reaktivasi, nomormu benar-benar hangus. Untuk selanjutnya, kartu masuk masa regenerasi. Di mana kartu diproduksi untuk dijual kembali. Jadi jangan heran kalau misalkan ada pengguna lain yang pakai nomor lamamu.

Begitulah cara cek masa tenggang Telkomsel. Pastikan mengaktifkan nomor yang masuk periode tersebut. Karena jika sampai kadaluwarsa atau bahkan diblokir, maka kamu kehilangan akses pada nomor tersebut.

Sebelum Pergi, Baca Ini:
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment