Cara Cek Masa Aktif Kartu As, Masih Sama atau Baru?

Table of Contents
dumados.com | Bagaimanakah cara cek masa aktif kartu As itu? Apakah masih sama seperti dulu atau ada yang baru? Kamu perlu tahu cara ini dan jaga nomormu tetap aktif agar bisa menggunakan semua layanan yang disediakan.

Masa aktif merupakan masa berlakunya pemakaian layanan sebuah kartu. Apabila nomor masih ada di masa aktif, bisa digunakan untuk akses internet, mengirimkan SMS, dan melakukan panggilan. Setelah masa aktif habis, nomor akan masuk tenggang.

Di masa tenggang itulah, kamu tidak bisa akses semua layanan yang sudah disebutkan, meskipun masih bisa menerima telepon dan SMS. Oleh sebab itu, cek masa aktif secara rutin. Jika hampir masuk masa tenggang, perpanjang masa aktif dengan berbagai cara.

Apa Itu Kartu As?

Tapi sebelum menjelaskan cara cek masa aktifnya, kamu perlu paham mengenai kartu As. Bagi yang belum tahu, As merupakan bagian dari kartu perdana Telkomsel. Yang mana Telkomsel punya beberapa jenis, yaitu As, simPATI, Loop, dan Halo.

Namun pada tahun 2021, Telkomsel melakukan peleburan. Yang mana tiga kartu perdananya, yaitu As, simPATI, dan Loop digabungkan menjadi satu. Kemudian berganti menjadi Telkomsel Prabayar. Sedangkan Halo menjadi Telkomsel Halo yang merupakan kartu pascabayar.

Dengan begitu, saat ini semua layanan Telkomsel bisa diakses lewat satu tempat. Apa pun jenis kartumu, dapat menggunakan layanan yang sama. Meskipun berganti nama, pengguna kartu As tidak perlu ganti kartu karena tetap dapat digunakan.

Cara Cek Masa Aktif Kartu As

Cara Cek Masa Aktif Kartu As

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan jika semua layanan Telkomsel sekarang terpusat menjadi satu. Apa pun kartu prabayar milikmu, bisa menggunakan layanan yang sama. Demikian pula dengan kartu As.

Pengguna kartu As dapat mengakses aplikasi MyTelkomsel dan cek masa aktif lewat kode USSD. Apakah kode USSD-nya berubah? Simak penjelasannya di sini.

Cara 1. Cek Masa Aktif Kartu As Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Semua kartu perdana Telkomsel Prabayar bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel, termasuk kartu As. Lewat aplikasi tersebut, kamu dapat akses semua layanan Telkomsel dengan sangat mudah. Mulai dari beli pulsa, paket data, atau hanya sekedar cek masa aktif dan kuota internet.

Penggunaan aplikasi MyTelkomsel juga gampang, karena user interface ramah pengguna dan mudah dipahami. Hanya saja, perlu terhubung ke jaringan internet. Berikut akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah cek masa aktif kartu As lewat aplikasi MyTelkomsel.
  • Untuk menggunakan aplikasi MyTelkomsel, harus login terlebih dahulu.
  • Cukup masukkan nomor As yang hendak dicek, lalu ketuk Masuk.
  • Selanjutnya mengikuti tahapan verifikasi. Caranya dengan klik tautan yang diberikan lewat SMS.
  • Setelah itu, akan dialihkan ke aplikasi MyTelkomsel secara otomatis.
  • Berikut tampilan utama aplikasi MyTelkomsel. Ketuk menu Pulsa untuk melihat masa aktifnya.
  • Kemudian cek sampai kapan nomormu aktif.

Cara 2. Cek Masa Aktif Kartu As Pakai Kode USSD

Cara cek masa aktif kartu As yang selanjutnya menggunakan kode USSD. Kalau dulu, kartu As pakai kode *100# untuk cek pulsa. Tapi setelah dilebur jadi Telkomsel Prabayar, dapat memakai satu kode yang sama. Berikut ini caranya:
  • Buka menu Telepon atau Panggilan di ponselmu.
  • Kemudian input kode USSD *888# dan dial pakai kartu As.
  • Untuk melihat masa aktif, pilih menu Cek Pulsa dengan mengirimkan balasan berupa kode angka 7.
  • Selanjutnya cek sampai kapan nomormu aktif.

Apa yang Terjadi Jika Masa Aktif Habis?

Setiap kartu memiliki masa aktif sendiri-sendiri. Jika melewati tanggal yang sudah ditentukan tanpa melakukan isi ulang pulsa, maka nomor masuk masa tenggang atau grace period. Nomor yang masuk masa tenggang tidak bisa digunakan untuk internetan, telepon, dan SMS.

Masa tenggang berlangsung selama 30 hari. Di periode itulah, kamu masih diberi waktu untuk mengaktifkan nomor kembali. Ada berbagai cara menambah masa aktif kartu As atau Telkomsel Prabayar, di antaranya yaitu:
  1. Melakukan pembelian pulsa. Biasanya pulsa Rp5 ribu menambah masa aktif selama tujuh hari.
  2. Membeli paket data.
  3. Mendapatkan gift atau hadiah dari pengguna lain.
  4. Menggunakan kartu As untuk apa saja. Dengan pemakaian ini, masa aktif akan bertambah hingga 30 hari.
  5. Membeli paket perpanjangan masa aktif.
Itulah dua cara cek masa aktif kartu As. Setelah dilebur dengan kartu perdana prabayar lain, bisa menggunakan layanan Telkomsel yang sama. Nomor akan tetap aktif jika terus digunakan dan diisi pulsa.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment