Cara Cek Memori HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Table of Contents
dumados.com »« Banyak sekali tipe HP Samsung yang beredar di pasaran dengan spesifikasi dan kapasitas penyimpanan berbeda-beda. Dengan cara cek memori HP Samsung, kamu dapat memeriksa kapasitas yang diberikan. Apakah sesuai dengan deskripsi produk atau tidak.

Selain itu, kamu perlu cek ketika ponsel dirasa lemot akibat memori sudah penuh. Ketika kapasitas penyimpanan yang diberikan hampir habis, pasti akan berpengaruh pada performa perangkat. Kamu pun tidak bisa instal aplikasi baru ataupun menyimpan file besar.

Dengan cek memori pula dapat memeriksa file mana saja yang membuat penyimpanan penuh. Jadi, bisa menghapus file yang tidak diperlukan lagi. Khusus untuk pengguna HP Samsung, bisa simak penjelasan berikut ini.

Jenis-Jenis Memori di HP Samsung

Tapi sebelum menjelaskan bagaimana cara mengecek kapasitas penyimpanan HP Samsung, perlu tahu hal ini dahulu. Jadi, setiap smartphone itu tidak hanya punya satu jenis memori. Ada yang namanya RAM, penyimpanan internal, ROM, maupun memori eksternal.

Saat beli HP pun pasti yang kamu periksa pertama kali RAM dan penyimpanannya. Lalu, apa perbedaan jenis-jenis memori ini? Berikut akan dijelaskan.
  1. RAM (Random Access Memory) adalah jenis penyimpanan yang dapat diakses, tapi sifatnya sementara. RAM berfungsi menyimpan data sementara ketika ada data atau aplikasi yang dibuka. Semakin besar kapasitas RAM, itu makin baik. Apalagi banyak aplikasi membutuhkan banyak RAM.
  2. Penyimpanan internal (internal storage) adalah tempat untuk menyimpan berbagai data yang ada di HP, sehingga bisa dibaca, ditulis, dihapus, maupun dipindahkan. Pada storage itulah aplikasi, video, gambar, musik, dan file lainnya disimpan.
  3. ROM (Read Only Memory) adalah ruang penyimpanan yang ada di memori internal yang hanya dapat dibaca saja. Memori ini digunakan untuk menyimpan firmware, pengaturan pabrik, dan data yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi. Data di dalamnya tidak bisa diedit dan dihapus.
  4. Memori eksternal adalah jenis penyimpanan tambahan yang punya slot sendiri di smartphone. Untuk sekarang, kebanyakan smartphone mendukung jenis memori micro SD dan mini SD. Memori eksternal ditambahkan ketika kapasitas penyimpanan di HP tidak memenuhi kebutuhan.

Cara Cek Memori HP Samsung

Cara Cek Memori HP Samsung

Untuk mengecek kapasitas memori yang ada di HP Samsung, bisa dilakukan dengan mudah. Tidak perlu aplikasi tambahan, karena dapat dicek melalui menu Pengaturan. Cara ini berlaku untuk semua tipe ponsel Samsung. Berikut dijelaskan langkah-langkahnya:

1. Buka Menu Pengaturan


Yang pertama, buka dulu menu Pengaturan di HP Samsung. Menu tersebut dapat diakses dengan dua cara. Bisa ketuk shortcut menunya di homescreen atau melalui pusat kontrol. Ikonnya ditandai dengan roda gerigi.

2. Buka Menu Perawatan dan Baterai


Cara cek memori HP Samsung selanjutnya, buka menu Perawatan dan Baterai. Scroll halaman Pengaturan untuk menemukannya. Di bawahnya sudah ada keterangan bahwa ada fitur untuk cek memori dan penyimpanan.

3. Cek Penyimpanan Internal


Di halaman selanjutnya, bisa kamu lihat kapasitas memori yang tersisa saat ini. Yang pasti, di HP-mu ada memori internal dan RAM. Untuk internal storage, ditulis dengan keterangan Penyimpanan. Coba periksa terlebih dahulu.

4. Cek Penyimpanan yang Dipakai


Berikutnya bisa kamu lihat penggunaan storage tersebut. Dari 128 GB penyimpanan yang diberikan, ternyata yang digunakan 22,9 GB dan tersisa 105,1 GB. Cek file manakah yang banyak menggunakan ruang penyimpanan. Misalkan video ukuran besar makan tempat. Jika tidak diperlukan, maka dapat dihapus.

5. Lihat Bagian RAM


Kalau sudah cek penggunaan internal storage, kembali ke halaman sebelumnya. Pada HP Samsung, RAM dituliskan dengan Memori. Ketuk menu tersebut untuk melihat rinciannya.

6. Cek Kapasitas RAM yang Terpakai


Tunggu sistem memeriksa penggunaan memori. Ternyata dari total RAM 6 GB, yang terpakai sebesar 2,8 GB. Kapasitas yang masih tersisa jumlahnya 2,7 GB. Kamu dapat menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengosongkan memori.

Itulah cara cek memori HP Samsung tanpa perlu aplikasi tambahan. Kamu bisa cek jenis memori RAM dan penyimpanan internal. Tapi jika saat ini menggunakan memori eksternal, akan muncul juga informasinya.

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment