Cara Cleaning Printer Epson Agar Tetap Bagus

Table of Contents
dumados.com »« Mengetahui cara cleaning printer Epson sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi bagus. Printer punya fungsi krusial sebagai mesin pencetak dokumen. Jika rusak, tentu membutuhkan biaya mahal untuk melakukan perbaikan.

Supaya printer bisa menghasilkan cetakan yang bagus, harus rutin dirawat dan dibersihkan. Terlebih lagi digunakan untuk jangka waktu yang lama. Karena seiring dengan penggunaannya setiap hari, pasti ada penurunan performa yang membuat hasil cetakan kurang sempurna.

Banyak permasalahan yang kerap muncul pada printer. Beberapa di antaranya yaitu kebocoran tinta, tidak dapat menarik kertas, hasil cetakan putus-putus, tinta tidak mau keluar, dan eror lainnya. Oleh karena itu, coba lakukan cleaning dan perawatan dengan cara-cara berikut.

Untuk Apa Cleaning Printer Epson?

Head cleaning atau sering disebut dengan cleaning saja adalah teknik merawat printer dengan membersihkan dan membuang tinta yang beku di bawah cartridge. Cara ini dapat dilakukan untuk semua jenis printer. Termasuk dari brand Epson.

Teknik pembersihan ini dapat dilakukan secara mandiri. Selain itu, tukang servis juga melakukannya untuk mengatasi hasil cetakan yang putus-putus. Head cleaning dilakukan dengan berbagai tujuan penting, yaitu:
  1. Melancarkan lubang nozzle saat tinta keluar dari cartridge menuju bagian head printer. Karena sering terjadi masalah tinta menggumpal pada nozzle, sehingga alirannya tersumbat. Masalah ini membuat kinerja printer terganggu.
  2. Supaya tinta yang keluar dari nozzle tidak meluber ke mana-mana. Jika ini terjadi, maka tinta akan luber pada kertas hasil cetakan.
  3. Mengatasi kerusakan pada head printer dan nozzle. Kalau sampai rusak, biaya untuk perbaikannya lebih mahal.

Cara Cleaning Printer Epson

Cara Cleaning Printer Epson

Cara cleaning printer Epson itu sebenarnya sangat mudah. Kamu dapat melakukannya secara mandiri dengan rutin. Selain menjaga performa printer, juga mengatasi berbagai kendala yang mungkin saja muncul.

Kamu dapat melakukan head cleaning menggunakan laptop ataupun komputer. Pastikan printer Epson dalam kondisi aktif saat dibersihkan. Untuk langkah-langkahnya, ikuti panduan di bawah ini:

Langkah 1. Buka Control Panel


Langkah yang pertama, buka menu pencarian di laptop atau komputer. Setelah itu, klik menu Control Panel. Jika tidak langsung muncul, lakukan pencarian terlebih dahulu.

Langkah 2. Pilih Menu Hardware and Sound


Setelah menu Control Panel terbuka, pilih menu Hardware and Sound. Ini dilakukan untuk mencari printer Epson yang terhubung ke komputer atau laptop.

Langkah 3. Pilih Device and Printers


Langkah selanjutnya, klik opsi Device and printers. Menu tersebut ada di bagian atas halaman.

Langkah 4. Pilih Printer dan Menu Printing Preferences

  • Di halaman ini akan muncul ikon-ikon driver printer yang terinstal. Carilah printer Epson yang statusnya online.
  • Klik kanan ikon printer Epson tersebut.
  • Kemudian, pilih menu Printing Preferences.
  • Pilih driver yang mana jika kamu menggunakan dua driver untuk satu printer.

Langkah 5. Klik Menu Maintenance


Akan ada beberapa kategori menu yang ditampilkan. Untuk melakukan pembersihan dan perawatan pada printer Epson, klik Maintenance.

Langkah 6. Lakukan Head Cleaning

  • Inilah cara melakukan cleaning yang benar. Di bagian selanjutnya, kamu bisa langsung klik menu Head Cleaning.
  • Setelah itu, klik Start untuk mulai melakukan pembersihan.
  • Tunggu prosesnya berjalan sampai selesai. Ini butuh waktu beberapa menit, tergantung bagaimana kondisi cartridge pada pinter. Jika terlalu kotor, maka waktu yang diperlukan juga lama.

Langkah 7. Selesaikan Proses Cleaning


Setelah proses pembersihan selesai, ada dua pilihan. Klik Finish untuk mengunci proses ini. Atau pilih Print Nozzle Check Pattern untuk melihat bagaimana hasil cetak setelah dilakukan cleaning.

Cara Merawat Printer

Selain melakukan head cleaning, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawatnya. Bukan hanya bagian dalam, tapi juga fisik printer. Berikut ini beberapa cara yang harus kamu lakukan:
  1. Membersihkan badan printer untuk meminimalisir debu yang masuk ke bagian mesin.
  2. Menggunakan printer secara rutin, tapi tidak berlebihan. Karena saat jarang digunakan, tinta akan mengering dan cepat rusak.
  3. Matikan printer jika tidak digunakan lagi untuk mencegah kerusakan akibat arus pendek.
  4. Jangan langsung mencetak banyak dokumen, tapi lakukan secara bertahap.
  5. Menggunakan tinta yang direkomendasikan untuk printer Epson.
  6. Mengganti tinta sebelum benar-benar habis.
  7. Melakukan pengisian tinta dengan benar.
Itulah cara cleaning printer Epson di komputer atau laptop. Pembersihan dilakukan agar tetap bagus untuk cetak dokumen. Jangan lupa melakukan perawatan secara rutin.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment