Cara Clear Data Aplikasi di iPhone, Emang Bisa?

Table of Contents
dumados.com »« Apakah ruang penyimpanan HP iPhone milikmu hampir habis? Sudah hapus foto dan video, tapi masih penuh juga? Cobalah mengatasinya dengan cara clear data aplikasi di iPhone. Jadi, semua yang tersimpan di aplikasi akan dibersihkan.

Namun sebelum menghapus data aplikasi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Selain itu, cara untuk menghapusnya tidak sama seperti di HP android. Karena itulah, simak penjelasan yang akan diterangkan di bawah ini.

Apa yang Terjadi Jika Clear Data Aplikasi di iPhone?

Kamu harus tahu apa yang terjadi apabila data aplikasi dihapus. Sebelumnya, pahamilah bahwa proses menghapus penyimpanan aplikasi itu ada kalanya clear cache dan data. Keduanya memberikan dampak yang berbeda.

Jika hapus cache, itu hanya membersihkan file sementara yang tersimpan saat akses aplikasi atau web. Cache disimpan supaya proses loading lebih cepat. Membersihkan cache mungkin hanya berpengaruh pada pengaturan aplikasi dan penyimpanan saja.

Tapi jika clear data, ini lebih serius. Semua data, pengaturan, maupun informasi login yang tersimpan di aplikasi ikut terhapus. Langkah ini akan mengembalikan aplikasi seperti kondisi pertama kali diinstal. Jadi ketika membukanya kembali, harus memasukkan informasi login seperti awal dulu.

Hal itulah yang perlu dipertimbangkan ketika ingin menghapus data aplikasi. Setidaknya, kamu harus mengingat informasi login maupun pengaturan lain. Kalau perlu, catat username dan password, serta data penting apabila data aplikasi memang perlu dihapus.

Bisakah Clear Data Aplikasi di iPhone?

Namun yang jadi kebingungan para pengguna HP iPhone, ternyata tidak ada opsi hapus data aplikasi. Tidak seperti HP android yang bisa dilakukan dengan mudah. Saat kamu membuka informasi aplikasi, tidak muncul menu untuk clear data maupun cache.

Meskipun tidak ada opsi untuk clear data, kamu dapat mencoba solusi lain. Caranya yaitu dengan melakukan uninstall aplikasi. Secara otomatis semua data yang tersimpan akan hilang.

Cara Clear Data Aplikasi di iPhone

Cara Clear Data Aplikasi di iPhone

Karena tidak ada cara clear data aplikasi di iPhone, kamu hanya dapat melakukan uninstall. Selain itu, bisa dengan menghapus data aplikasi di iCloud, sehingga ruang penyimpanan lebih lega. Caranya simak di bawah ini.

Cara 1. Clear Data Aplikasi di iPhone dengan Uninstall

Solusi yang pertama, kamu bisa uninstall aplikasi saja jika memang tidak memerlukan datanya lagi. Jadi saat nanti diinstal ulang, aplikasi kembali seperti semula. Kamu dapat melakukan ini pada aplikasi yang menurutmu tidak penting isinya. Daripada dibiarkan dan memenuhi ruang penyimpanan, lebih baik dihapus saja. Berikut ini langkah-langkahnya:
  • Buka menu Settings atau Pengaturan di HP iPhone.
  • Scroll dan pilih menu General.
  • Langkah selanjutnya, masuk ke bagian iPhone Storage.
  • Pilih aplikasi yang ingin dihapus datanya dengan cara uninstall.
  • Setelah terbuka, pilih opsi Delete App.
  • Konfirmasi dengan klik Delete App lagi.
  • Jika ingin menggunakan aplikasi itu lagi, reinstall melalui App Store. Semisal menghapus Instagram, maka harus login ulang.
Selain Delete App, ada opsi Offload App atau Keluarkan App. Menu ini sama-sama berfungsi untuk mengosongkan penyimpanan. Hanya saja, dokumen dan data aplikasi tetap disimpan. Jadi, saat diinstal ulang, data akan dipulihkan selama aplikasi masih ada di App Store.

Cara 2. Clear Data Aplikasi di iCloud

Pengguna HP iPhone pasti tidak asing dengan iCloud. Ini merupakan media penyimpanan awan dengan kapasitas sebesar 5 GB. Jika penyimpanan tersebut hampir habis, kamu bisa menghapus dokumen dan data yang tersimpan di dalamnya. Langkah-langkahnya seperti ini:
  • Buka menu Settings dan ketuk nama akunmu.
  • Kemudian pilih iCloud.
  • Setelah itu, klik Manage Account Storage.
  • Berikutnya akan muncul aplikasi yang diberikan akses penyimpanan iCloud. Ada Backups, Photos, iCloud Drive, GarageBand, Health, dan lainnya. Misalkan ingin hapus data iCloud Drive.
  • Jika sudah terbuka, pilih Delete Documents & Data.
  • Konfirmasi dengan klik Delete.

Seperti itulah cara clear data aplikasi di iPhone yang bisa kamu lakukan. Data aplikasi tidak dapat dihapus seperti halnya di HP android. Solusi satu-satunya hanya dengan melakukan uninstall, kemudian memasangnya lagi.

Pilihan Tutorial Untukmu

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment