Cara Clone WA di Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Table of Contents
dumados.com »« Apa kamu perlu dua akun WhatsApp, tapi hanya punya satu HP? Mau beli tapi tidak punya budget lagi? Tidak perlu khawatir! Cobalah cara clone WA di Samsung untuk menggandakan aplikasi.

Di HP Samsung itu terdapat fitur yang dapat digunakan untuk kloning atau menggandakan aplikasi WhatsApp. Jadi, kamu bisa pakai dua aplikasi yang sama dalam satu HP. Tidak perlu instal WhatsApp Business maupun aplikasi Mod yang diragukan keamanannya.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin kloning aplikasi WhatsApp di HP Samsung. Selain menguntungkan, ternyata ada kekurangan dari fitur ini. Agar lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Clone WhatsApp?

Kamu perlu memahami aktivitas clone WhatsApp terlebih dahulu sebelum mencari tahu caranya. Maksudnya yaitu mengkloning atau menggandakan satu aplikasi WA agar bisa digunakan secara bersamaan di satu HP. Masing-masing aplikasi tersebut menggunakan nomor yang berbeda.

Seperti yang diketahui jika satu aplikasi tidak dapat dipakai secara bersamaan. Jika di HP-mu sudah ada WA, maka tidak bisa instal aplikasi yang sama. Namun itu bisa diatasi dengan cara menggandakannya.

Aplikasi WA hasil kloning berjalan seperti biasanya. Kamu dapat mendaftar dengan nomor lain, sehingga memisahkan antara urusan pribadi dan bisnis. Namun ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum clone WhatsApp, yaitu:
  1. Pastikan memori cukup. Yang pertama, pastikan punya ruang penyimpanan yang cukup. Meskipun tidak download aplikasi lagi, tetap membutuhkan storage untuk menginstal aplikasi yang sama.
  2. Baca instruksi aplikasi. Bisa jadi, aplikasi yang digandakan itu tidak seperti aslinya. Contohnya dalam penggunaan kontak di WA. Jadi, baca instruksinya secara teliti.
  3. Pakai dengan bijak. Setelah aplikasi WhatsApp digandakan, pakailah dengan bijak. Misalkan untuk memisahkan urusan pekerjaan dan chat pribadi. Jangan menggunakannya untuk menjahili orang lain lewat nomor anonim.

Cara Clone WA di Samsung

Cara Clone WA di Samsung

Cara clone WA di Samsung itu sangat mudah dengan menggunakan fitur Dual Messenger. Seperti namanya, fitur tersebut berfungsi untuk menggandakan khusus aplikasi pesan saja. Jika di ponselmu belum ada fitur tersebut, mungkin perlu di-upgrade terlebih dahulu.

Pastikan bahwa kamu punya ruang penyimpanan yang cukup untuk instal satu aplikasi WhatsApp lagi. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Fitur Dual Messenger

Terlebih dahulu buka fitur Dual Messenger di ponsel Samsung milikmu. Caranya seperti ini:
  • Buka menu Pengaturan dengan ketuk shortcut menunya di homescreen atau lewat pusat kontrol.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan buka menu Fitur lanjutan.
  • Langsung saja pilih fitur Dual Messenger.

2. Gandakan Aplikasi WhatsApp

Hanya aplikasi pesan saja yang bisa digandakan pakai fitur Dual Messenger. Daftar aplikasinya akan muncul di halaman ini. Bila ingin clone WA, langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Geser panel yang ada di sebelah kanan WhatsApp.
  • Lalu pilih opsi Instal.
  • Ketuk Konfirm untuk menggandakan aplikasi tersebut.

3. Atur Penggunaan Kontak

  • Untuk langkah selanjutnya, kamu dapat memilih untuk menggunakan daftar kontak secara terpisah atau tidak. Aktifkan jika opsi ini dirasa perlu.
  • Kalau tidak, tekan Berikutnya.
  • Setelah itu tekan OK. Dengan begitu kamu menggunakan kontak reguler. Yang berarti antara WA asli dan hasil clone memakai daftar kontak yang sama.
  • Sekarang coba lihat aplikasi WhatsApp yang clone. Akan muncul di homescreen dengan tanda Dual Messenger seperti ini.

Kelebihan dan Kekurangan Clone WA di Samsung

Clone WhatsApp merupakan cara yang tepat jika kamu memerlukan dua akun untuk dijalankan bersamaan. Beberapa kelebihannya yaitu:
  1. Efektif digunakan untuk memisahkan komunikasi soal urusan pribadi dan pekerjaan.
  2. Lebih efisien karena dijalankan di HP yang sama.
  3. Hemat waktu tanpa perlu beralih perangkat.
  4. Hemat budget, sebab tidak perlu beli HP lagi.
  5. Tidak perlu instal aplikasi WhatsApp Mod yang berbahaya.
Tapi sayangnya, cara clone seperti ini punya kekurangan. Salah satunya yaitu menggunakan lebih banyak ruang penyimpanan, sehingga mungkin saja menyebabkan kinerja HP Samsung terganggu. Lebih ditakutkan lagi kalau terjadi crash, sehingga data penting WA ikut hilang.

Seperti itulah cara clone WA di Samsung. Kamu dapat menggunakan fitur Dual Messenger yang memang khusus untuk menggandakan aplikasi pesan. Dengan begitu bisa membuat dua akun WA tanpa instal aplikasi baru.

Pilihan Tutorial Untukmu

A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment