Cara COD di Shopee, Ada 4 Langkah Saja!

Table of Contents
dumados.com »« Shopee merupakan e-commerce populer yang memberikan kemudahan berbelanja secara online. Salah satunya yaitu dengan cara COD di Shopee atau melakukan pembayaran di tempat. Sebagian besar pengguna lebih suka metode COD.

COD (Cash on Delivery) merupakan metode pembayaran tunai yang dilakukan ketika status barang sudah delivered atau tiba di alamat tujuan. Cara ini memudahkan pembeli yang tidak punya kartu rekening atau bingung dengan cara pembayaran online. Selain itu, dinilai lebih aman saat bertransaksi.

Ketika berbelanja di Shopee, bisa pilih cara bayar di tempat agar lebih mudah dan praktis. Namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Simak penjelasannya di sini.

Cara COD di Shopee

Cara COD di Shopee

Shopee memang menyediakan metode pembayaran COD. Tapi kamu dapat menggunakannya jika berada di area yang dijangkau oleh jasa pengiriman yang mendukung pembayaran di tempat. Syarat lainnya, penjual telah mengaktifkan COD pada barang yang akan kamu beli.

Selain itu tidak ada persyaratan khusus jika ingin berbelanja di Shopee dengan pembayaran di tempat. Kamu dapat beli produk apa saja. Langkah-langkahnya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Cari Barang yang Akan Dibeli

Tentu yang pertama harus mencari dulu barang yang dibutuhkan. Tapi agar lebih mudah, sebaiknya filter hasil pencarian, sehingga hanya menampilkan produk-produk yang dapat dibayarkan di tempat. Cara mencarinya seperti ini:
  • Di halaman awal aplikasi Shopee, ketuk kotak pencarian.
  • Kemudian masukkan nama barang atau brand yang hendak dicari.
  • Selanjutnya akan ditampilkan hasil pencarian sesuai kata kunci. Tapi untuk hasil lebih spesifik, perhatikan bagian filter.
  • Ketuk kategori COD.
  • Maka secara otomatis Shopee menampilkan barang-barang yang dapat dibeli secara COD.
  • Sekarang pilih salah satu yang kamu inginkan.

2. Pilih Varian Produk

Langkah selanjutnya menentukan jenis atau varian produk. Karena untuk satu barang, umumnya penjual menyediakan beberapa opsi. Kalau pakaian contohnya memilih warna, ukuran, model, atau lainnya. Berikut ini cara memilihnya:
  • Sebelumnya jangan lupa baca deskripsi produk dan review dari pembeli.
  • Kalau dari review sesuai dengan deskripsi yang dituliskan penjual, bisa checkout dengan klik tombol Beli Sekarang.
  • Kamu juga dapat menambahkan ke keranjang jika ingin menyimpannya dulu dan mencari barang lain.
  • Setelah itu, tentukan varian produk dan jumlah pembelian. Contohnya di sini memilih warna dan bahannya.
  • Kalau sudah, tekan lagi Beli Sekarang.

3. Ubah Metode Pembayaran

Berikut ini cara COD di Shopee yang penting. Untuk memilih pembayaran di tempat, pastikan mengubahnya terlebih dahulu. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Ketuk Pilih Metode Pembayaran.
  • Pilih COD atau COD-Cek Dulu. Kalau COD-Cek Dulu, kamu bisa buka paket saat barang tiba. Jika sudah sesuai, baru membayar ke kurir.
  • Setelah memilih metode pembayaran tersebut, tekan KONFIRMASI.

4. Checkout Pesanan

 
Sebelum checkout, pastikan alamat tujuan sudah benar. Jangan lupa memasukkan voucher Shopee yang bisa digunakan untuk orderan tersebut, misalkan gratis ongkir, diskon, atau cashback. Setelah selesai, tekan Buat Pesanan.

Selanjutnya penjual akan memproses pesananmu. Kamu tinggal menunggu paket tiba. Sebaiknya siapkan uang pas untuk dibayarkan kepada kurir.

Tips COD di Shopee

Metode pembayaran Cash on Delivery memang mudah dan lebih aman. Namun ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kamu bisa belanja dengan nyaman. Di antaranya sebagai berikut:
  1. Pilih toko terpercaya. Pastikan kamu memesan di toko yang mengaktifkan metode pembayaran COD dan sudah terverifikasi. Selain dengan melihat review pembeli, sebaiknya pilih toko yang punya label Star atau Mall.
  2. Pastikan alamat tujuan sudah benar. Selain itu, penting memeriksa bagian alamat tujuan. Jika menggunakan alamat teman atau saudara, jangan lupa untuk memberitahunya bahwa ada paket yang harus dibayarkan COD.
  3. Siapkan uang tunai. Ketika paket hampir tiba, lebih baik siapkan dulu uangnya untuk dibayarkan kepada kurir saat menerima paket. Total biaya bisa dilihat pada rincian pesanan. Agar lebih mudah, sebaiknya pakai uang pas.
  4. Rekam proses unboxing. Inilah yang sangat penting. Ketika membuka paket, sebaiknya buat video. Ini bisa menjadi bukti apabila ada kerusakan atau cacat pada barang tersebut. Dengan begitu dapat mengajukan retur kepada penjual.
Itulah cara COD di Shopee beserta tipsnya agar bisa belanja dengan aman dan nyaman. Dalam sistem bayar di tempat, yang paling penting itu menuliskan alamat yang benar dan menyiapkan uang. Jadi saat paket diserahkan kurir, proses pembayaran lebih efisien.

Pelajari Lainnya:


A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment