Cara Crop di PDF Online Tanpa Aplikasi Tambahan

Table of Contents
dumados.com »« Cara crop di PDF sebenarnya hal yang mudah dan tidak perlu keahlian khusus untuk melakukannya. Ini dapat dilakukan secara online tanpa aplikasi apa pun. Selain lewat perangkat desktop, juga bisa dicoba melalui HP.

PDF (Portable Document Format) merupakan format yang banyak digunakan saat ini. Misalkan sebagai syarat format dokumen untuk melamar kerja secara online. Tapi pada file PDF hasil scan, biasanya menyisakan space kosong berwarna putih yang tidak diperlukan.

Kamu bisa membuang space tersebut dengan cara melakukan crop atau pemotongan. Namun cara crop file PDF tidak sama dengan memotong sebuah gambar. Sebaiknya simak panduan yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Crop di PDF

Cara Crop di PDF

Bila kamu ingin mengambil bagian penting dalam file PDF dengan cara cropping, bisa melakukannya dengan mudah. Tidak perlu aplikasi tambahan, karena menggunakan fitur Crop PDF di situs PDF RESIZER. Syaratnya perangkat yang dipakai harus terhubung ke jaringan internet karena cara ini online.

Sebenarnya simpel saja, cukup upload file PDF yang akan dipotong, kemudian seleksi bagian yang dibutuhkan. Berikut langkah-langkahnya secara lengkapnya:

1. Carilah Situs PDF RESIZER Lewat Browser


Carilah situs PDF RESIZER melalui perangkat dan browser apa saja. Contohnya di sini lewat laptop dengan browser Mozilla Firefox.
  • Buka Mozilla Firefox.
  • Kemudian masukkan kata kunci pencarian PDFRESIZER.
  • Tekan Enter atau ikon search untuk mencarinya.

2. Pilih Fitur Crop PDF


PDF RESIZER sebenarnya merupakan situs untuk mengelola file PDF. Banyak fitur yang disediakan, mulai dari merge, split, resize, convert, dan tentunya crop. Karena kamu ingin memotong file PDF, pilih fitur Crop PDF.

3. Upload File PDF yang Akan Dipotong

Halaman kerja pemotong file PDF akan terbuka. Langkah selanjutnya yaitu mengunggah berkas ke dalam situs ini. Caranya sebagai berikut:
  • Klik kotak Telusuri untuk mencari file yang akan diunggah.
  • Buka folder di mana filenya disimpan.
  • Klik dokumen yang dimaksud, kemudian tekan Open.
  • Apabila file sudah ditambahkan, klik Upload files. Tunggu proses unggahan hingga selesai.

4. Seleksi Bagian yang Dibutuhkan

Contohnya di sini memotong dokumen SIM yang dihasilkan dari proses scan. Ternyata, orientasi kertasnya potret dan banyak space kosong berwarna putih. Untuk mengambil bagian SIM saja, perhatikan cara crop di PDF berikut ini:
  • Gulir ke bawah dan pastikan sudah benar memilih fitur Crop to selection.
  • Selanjutnya akan muncul ikon rectangular selection untuk memotong file.

  • Tempatkan ikon ini di sudut kiri atas gambar SIM.
  • Kemudian tekan dan tahan mouse atau touchpad bagian kiri.
  • Setelah itu, tarik pelan-pelan ke kanan bawah sampai gambar SIM diseleksi.
  • Area yang diseleksi berwarna terang. Sedangkan space kosong yang akan dibuang berwarna putih.

  • Bila sudah selesai menyeleksi, lepaskan klik kiri.

5. Potong Bagian yang Sudah Diseleksi


Pastikan sekali lagi bahwa bagian yang kamu inginkan sudah diseleksi dengan benar. Selanjutnya, scroll ke bawah dan klik tombol Crop it! Tunggu PDF RESIZER memproses editing-mu.

6. Simpan File Hasil Crop

Hasil crop akan muncul di bagian bawah kanan. Simpan ke perangkat dengan langkah-langkah berikut:
  • Klik opsi Download.
  • Lalu pilih Simpan Berkas.
  • Setelah itu, klik OK untuk menyimpannya.

7. Lihat Hasil Crop


Apabila sudah selesai diunduh, cobalah periksa. Buka filenya dan cek. Lihat perbedaannya dengan sebelum dipotong. Sekarang file PDF tersebut hanya berupa gambar SIM saja tanpa ada space kosong.

Untuk Apa Crop PDF?

Memotong file PDF ini sangat penting, terutama kamu menjadikannya sebagai persyaratan lamar kerja atau mendaftar sesuatu. Jika ada banyak space kosong, dokumen yang harusnya terlihat jelas menjadi kurang fokus. Jadi, kamu bisa ambil bagian penting saja.

Selain itu digunakan untuk menghilangkan watermark pada file PDF. Biasanya dokumen yang dipindai pakai alat gratis itu menyertakan watermark di bawahnya. Supaya hasilnya lebih profesional, sebaiknya di-crop.

Begitulah cara crop di PDF secara online tanpa aplikasi tambahan. Cara tersebut bisa dilakukan di semua perangkat, tidak hanya laptop. Terlebih lagi, langkah-langkahnya sangat mudah.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment