Cara Daftar GrabFood Online Langsung Aktif

Table of Contents
dumados.com »« Apakah kamu sering pesan makanan dan minuman di aplikasi Grab? Bagaimana kalau cara daftar GrabFood online untuk menjadi mitra usahanya? Kamu bisa, loh, mengembangkan bisnis kuliner dengan menjadi bagian dari Grab.

Memesan makanan secara online lewat GrabFood sepertinya makin digemari pengguna karena alasan efisien. Terutama para pekerja yang sudah capek dan malas memasak sendiri. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, kamu dapat mendaftarkan usaha kulinermu.

Untuk jadi mitra Grab tidaklah sulit. Hanya saja alur pendaftarannya cukup lama karena harus menunggu persetujuan. Selain itu wajib melengkapi persyaratan dokumen yang diminta. Berikut akan diberikan penjelasan secara lengkap.

Persyaratan Dokumen Untuk Daftar GrabFood Online

Aplikasi pendaftaranmu berkesempatan besar untuk disetujui apabila memenuhi persyaratan. Salah satunya yaitu syarat dokumen yang nantinya wajib diunggah ke sistem aplikasi. Beberapa persyaratannya yaitu:

1. Foto KTP

Kamu harus mengunggah foto KTP pemilik usaha. Gunakanlah KTP asli, buka fotokopi atau hasil scan. Hasilnya tidak buram atau blur. Dengan begitu informasi yang ada dalam KTP bisa terlihat jelas.

2. Foto Selfie Memegang KTP

Yang perlu disiapkan selanjutnya yaitu foto selfie sambil memegang KTP. Posisikan wajah dan KTP dalam frame. Kamu tidak boleh menggunakan aksesoris yang menutupi wajah. Data dalam KTP pun harus terlihat jelas.

3. Foto Menu

Ambil foto daftar menu di restomu, yang mana harus menyertakan nama dan harganya. Bagaimana jika tidak punya? Tulis secara lengkap di kertas, lalu foto.

4. Foto Hidangan

Yang selanjutnya yaitu mengambil foto hidangan. Kamu bisa membuat makanan atau minuman, lalu difoto. Tidak perlu pakai kamera, asal terlihat jelas dan tidak ada watermark.

5. Foto Resto atau Toko

Kamu pun diminta untuk mengunggah foto resto tampak depan. Pastikan nama resto tidak terpotong. Jika menjalankan usaha di rumah, maka foto bagian depan rumah.

Cara Daftar GrabFood Online

Cara Daftar GrabFood Online

Setelah menyiapkan semua persyaratan dokumen di atas, akan dijelaskan bagaimana cara daftar GrabFood online. Pendaftarannya dilakukan lewat aplikasi Grab Merchant. Instal terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Daftar dan Aktivasi Akun Grab Merchant

  • Buka aplikasi Grab Merchant dan pilih opsi Daftar.
  • Masukkan nomor HP-mu dan klik Lanjutkan.
  • Tulis kode verifikasi yang dikirimkan via SMS.
  • Setelah itu, tulis alamat email aktifkan dan buat kata sandi.
  • Tekan Lanjutkan jika sudah selesai.
  • Ada beberapa layanan yang disediakan. Pilihlah Aktifkan GrabFood & Pembayaran OVO QR.
  • Pada halaman selanjutnya akan ada alur pendaftaran, baca lalu ketuk Mulai.
  • Pastikan nomor dan email sudah benar, klik Verifikasi.
  • Tentukan jenis barang yang kamu jual di restomu.
  • Setelah itu, buat nama toko dan jenis bisnisnya.
  • Kalau sudah, klik Buat Toko.

2. Lengkapi Informasi Pemilik

  • Berikut ini daftar data dan dokumen yang harus dilengkapi.
  • Pertama pilih Informasi Pemilik.
  • Selanjutnya kamu diminta untuk mengunggah foto KTP dan selfie.
  • Cek kembali informasi yang terbaca secara otomatis dan pastikan benar.
  • Untuk bagian peran bisnis, pilih Pemilik.

3. Lengkapi Informasi Toko


Pada bagian ini, kamu diminta untuk menentukan kategori usaha. Selain itu lengkapi penjualan rata-rata tahunan dan bulanan. Isi alamat toko secara lengkap agar driver Grab mudah menemukannya. Pilih jenis lokasi yang sesuai. Jangan lupa mengunggah foto toko.

4. Isi Informasi Kontak Toko


Selanjutnya, masukkan nomor dan email untuk toko. Kamu bisa menggunakan nomor yang sama dengan kontak pemilik usaha.

5. Isi Data Rekening Bank


Tentukan jenis bank, nomor, dan nama pemilik rekening. Jika beda dengan nama pemilik usaha, harus melampirkan foto KTP dan buku rekening tabungan pemilik tersebut.

6. Lengkapi Detail Restoran


Ada beberapa data yang harus dilengkapi, mulai dari deskripsi resto, memilih tiga masakan utama, dan menentukan tag yang relevan. Jangan lupa pilih sertifikasi halal. Selain itu diminta mengunggah foto menu dan hidangan.

7. Tentukan Waktu Penanganan


Pada formulir ini, tentukan jam operasional resto. Bisa membuatnya beda atau sama setiap hari. Disarankan punya jam operasional lebih dari 10 jam dalam seminggu.

8. Kirim Formulir Pendaftaran

  • Setelah semua data diisi, ketuk Lanjutkan.
  • Baca Syarat dan Ketentuan, lalu ceklis persetujuan.
  • Klik Saya Setuju, kemudian tunggu proses verifikasi selama 1—3 hari kerja.

Seperti itulah cara daftar GrabFood online untuk menjadi mitra usaha Grab. Jika ingin diterima, pastikan memenuhi semua persyaratan. Setelah layanan GrabFood diaktifkan, kamu dapat mengelola dan ambil pesanan online.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment