4 Cara Ganti Paket IndiHome yang Benar

Table of Contents
dumados.com »« Apakah sekarang kamu berencana untuk downgrade paket dengan cara ganti paket IndiHome? Maka, simak penjelasan lengkapnya di sini. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan kuota dengan penggunaan internetmu.

Proses penggantian paket atau migrasi paket bukanlah hal yang sulit. Semua pelanggan IndiHome memang diberikan hak tersebut. Mengingat kebutuhan penggunaan internet bisa saja berubah seiring waktu.

Kemudian, apakah ada syarat untuk ganti paket IndiHome? Berikut akan diberikan penjelasannya.

Alasan Ganti Paket IndiHome

Alasan kenapa harus mengganti paket IndiHome untuk masing-masing pelanggan pastinya tidak sama. Tapi yang paling sering yaitu dua alasan berikut:
  • Menyesuaikan Kebutuhan Bandwidth dan Fitur
Tujuan yang pertama yaitu ingin beralih ke paket IndiHome sesuai kebutuhan. Misalkan saat ini berlangganan paket 30 Mbps. Namun ternyata, di rumah hanya ada satu pengguna yang memakainya dan itu pun lebih banyak aktivitas di luar.

Untuk kasus tersebut, lebih baik melakukan downgrade atau menurunkan paket, semisal menjadi 10 Mbps. Alasan yang sama pun berlaku jika ingin upgrade dengan memilih paket yang bandwidth-nya besar.
  • Efisiensi Tagihan Bulanan
Alasan selanjutnya agar lebih efisien dalam membayar tagihan. Contohnya saat ini berlangganan paket 1P internet only. Kemudian ingin menggunakan layanan lain, seperti 2P internet+TV supaya tidak perlu bayar tagihan sendiri-sendiri.

Syarat Ganti Paket IndiHome

Bagi siapa saja yang ingin migrasi paket IndiHome, entah itu downgrade maupun upgrade, pastikan tahu persyaratannya. Sebenarnya tidak ada syarat yang membebankan pelanggan. Karena untuk ganti paket, hanya perlu memastikan hal berikut:
  1. Migrasi paket bisa dilakukan jika sudah berlangganan IndiHome paling tidak selama satu tahun.
  2. Sudah menyelesaikan semua tagihan untuk paket yang akan diganti tersebut.
  3. Memiliki alasan yang kuat untuk migrasi paket.

Cara Ganti Paket IndiHome

Cara Ganti Paket IndiHome

Buat kamu yang ingin migrasi paket IndiHome, dapat melakukannya dengan beberapa cara. Mulai dari membuat pengajuan lewat aplikasi MyIndiHome, call center, email, hingga datang langsung ke GraPARI. Berikut penjelasannya.

Cara 1. Ganti Paket IndiHome Lewat Aplikasi MyIndiHome

Pengajuan penggantian paket IndiHome dapat dilakukan secara online melalui aplikasi MyIndiHome. Proses ini lebih cepat dan bisa dilakukan di mana saja. Caranya seperti ini:
  • Instal dulu aplikasi MyIndiHome dan buat akun untuk login.
  • Setelah login, masuk ke bagian Bantuan.
  • Selanjutnya pilih opsi PENGADUAN LAYANAN.
  • Pilih kategori Administrasi dan Tagihan.
  • Setelah itu, pilih gangguan.
  • Ketuk Permintaan Migrasi/merubah Paket.
  • Sekarang lengkapi kolom komentar atau masukan. Contohnya seperti ini, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan migrasimu.
  • Kalau sudah, ketuk LAPORKAN GANGGUAN.
  • Permintaanmu dikonfirmasi kembali melalui WhatsApp. Jika kamu menyetujuinya, akan diberi sebuah link untuk mengisi formulir.
  • Lengkapi formulir dan kamu akan mendapatkan kontrak langganan yang baru.

Cara 2. Ganti Paket IndiHome dengan Menelepon Call Center

Cara ganti paket IndiHome yang selanjutnya yaitu dengan menghubungi call center di nomor 188 atau 147. Sampaikan bahwa kamu ingin migrasi, downgrade atau upgrade paket. Jelaskan pula alasanmu kepada customer service.

Nanti akan dilakukan verifikasi dengan meminta ID pelanggan IndiHome dan dokumen pendukung, seperti KTP. Berikutnya diarahkan untuk memilih paket sekaligus menandatangani kontrak baru.

Cara 3. Ganti Paket IndiHome dengan Mengirimkan Email

Kamu pun dapat membuat pengajuan yang sama dengan mengirimkan email ke customercare@telkom.co.id. Untuk subjeknya yaitu “Pengajuan Ganti Paket IndiHome.” Pada bagian badan email, sampaikan keinginanmu dan jangan lupa menyertakan ID pelanggan.

Cara 4. Ganti Paket IndiHome dengan Datang ke GraPARI

GraPARI merupakan layanan pelanggan untuk Telkomsel dan IndiHome. Kamu dapat datang ke GraPARI terdekat untuk melakukan migrasi. Akan ada customer service yang melayanimu. Yang perlu kamu lakukan yaitu menyiapkan KTP asli atau fotokopi. Saat di GraPARI, informasikan nomor pelanggan IndiHome. Selanjutnya diberikan rekomendasi paket yang sesuai, kemudian tandatangani kontrak baru.

Itulah beberapa cara ganti paket IndiHome secara online dan offline. Kamu dapat menurunkan maupun menaikkan paket sesuai dengan kebutuhan. Tapi pastikan sudah menyelesaikan semua tagihan.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment