6 Cara Ganti Password Gmail di HP

Table of Contents
dumados.com »« Kamu perlu tahu bagaimana cara ganti password Gmail karena harus melakukannya secara berkala. Mengubah kata sandi merupakan salah satu langkah menjaga keamanan. Dengan begitu akun tidak mudah diakses pihak tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Gmail merupakan akun Google. Yang mana akun tersebut terhubung ke berbagai layanan dan aplikasi. Jika sampai dibobol, maka orang lain bisa mengakses semua data yang terdapat di aplikasi, termasuk file-file penting.

Mengganti password akun Gmail sebenarnya adalah hal yang mudah. Tapi ada syarat yang perlu diperhatikan. Berikut akan diberikan penjelasannya.

Syarat Ganti Password Gmail

Ada satu syarat utama jika kamu ingin ganti kata sandi Gmail, yaitu mengetahui password yang lama. Diharuskan memasukkan password lama merupakan langkah keamanan. Tujuannya untuk membuktikan bahwa kamu benar-benar pemilik akun tersebut.

Lalu, bagaimana jika tidak ingat password-nya karena sudah cukup lama diganti? Jangan panik dulu. Sebab ada solusinya yaitu dengan melakukan reset kata sandi. Nanti akan dijelaskan caranya.

Cara Ganti Password Gmail

Cara Ganti Password Gmail

Kamu dapat mengubah kata sandi Gmail lewat perangkat apa saja, baik HP Android, iPhone, maupun desktop. Untuk caranya pun tidak jauh berbeda, yakni sama-sama dengan mengakses menu Keamanan atau Security.

Perlu diingat, mengganti password Gmail itu sama dengan mengubah kata sandi akun Google. Jadi, akun yang tertaut di seluruh perangkat pun akan berubah password-nya. Jika kamu melakukannya lewat HP, simak cara ganti password Gmail berikut ini:

1. Pilih Akun Gmail yang Akan Diganti Password-nya


  • Yang pertama, buka aplikasi Gmail di ponselmu.
  • Setelah itu, ketuk foto profil di kanan atas.
  • Kemudian pilih Gmail yang akan diubah password-nya jika di perangkat tersebut ada lebih dari satu akun.

2. Pilih Kelola Akun Google Anda


Setelah menentukan alamat Gmail-nya, ketuk tombol Kelola Akun Google Anda atau Manage your Google Account. Nanti akan diarahkan ke halaman konfigurasi akun.

3. Masuk ke Menu Keamanan


Untuk mengubah kata sandi Gmail, masuk ke bagian Keamanan. Kamu dapat menggeser tab menu ke arah kanan untuk menemukannya.

4. Pilih Menu Sandi


Di halaman Keamanan, gulir layar ke bawah. Setelah itu, pilih menu Sandi atau Password. Pada menu tersebut pun ditampilkan informasi timeline terakhir kali mengubah kata sandi.

5. Masukkan Password Lama


Untuk memverifikasi bahwa kamu benar pemilik akunnya, masukkan password yang lama. Ini merupakan kata sandi yang terakhir kali diganti. Lalu klik tombol Selanjutnya.

6. Buat Password Gmail Baru


Jika kamu mendapatkan akses dengan password tersebut, sekarang bisa menggantinya dengan yang baru. Buat password minimal berjumlah delapan karakter. Sebaiknya kombinasikan angka, huruf kecil, kapital, dan simbol agar lebih aman.

Masukkan password baru sekali lagi untuk konfirmasi. Kalau perlu, catat dulu agar selanjutnya tidak lupa. Kalau sudah, klik Ubah Sandi. Nanti akan ada email masuk yang menginformasikan baru saja ada aktivitas penggantian password.

Solusi Jika Lupa Password Gmail yang Lama

Jika kamu tidak ingat password Gmail yang lama, solusi satu-satunya yaitu dengan melakukan reset kata sandi. Caranya seperti ini:
  1. Saat diminta memasukkan password lama, pilih opsi Lupa Sandi?
  2. Lakukan verifikasi pemilik akun dengan klik Lanjutkan.
  3. Setelah itu, pindai sidik jari atau masukkan PIN keamanan HP-mu.
  4. Jika sudah dikonfirmasi, akan diarahkan untuk membuat kata sandi yang baru.

Pentingnya Ganti Password Gmail

Tanpa disadari, mengubah kata sandi Gmail secara berkala merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Alasannya sebagai berikut:
  1. Untuk memastikan bahwa hanya kamu yang menggunakan akun Gmail tersebut.
  2. Menjaga akun ketika ada aktivitas yang mencurigakan.
  3. Google menginformasikan bahwa password akunmu telah dicuri. 
  4. Mengurangi risiko diretas oleh pihak yang mencoba mengakses akunmu.
  5. Melindungi akun dari hacker, terutama untuk password yang mudah ditebak.
Demikianlah penjelasan mengenai cara ganti password Gmail di semua perangkat. Sebaiknya lakukan ini secara berkala, misal satu atau bulan sekali untuk menjaga keamanan akun.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment