Cara Ganti Password WiFi First Media Lewat HP

Table of Contents
dumados.com »« Apakah WiFi di rumahmu sering lemot karena dibobol oleh banyak perangkat? Sebaiknya segera atasi dengan cara ganti password WiFi First Media seperti yang akan dijelaskan berikut. Dengan begitu, perangkat sebelumnya akan terputus dan harus menghubungkan ulang.

Khusus untuk provider First Media, dapat mengganti kata sandi WiFi sesuai dengan router yang digunakan. Pasalnya tiap-tiap router itu punya alamat IP, username, serta password yang berbeda. Lantas, apa gunanya data-data tersebut?

Agar lebih jelas, simak panduan yang akan dijelaskan berikut ini. Kamu harus ganti password agar jaringan internet WiFi lebih lancar untuk membatasi penggunaan dari perangkat lain.

Cara Ganti Password WiFi First Media

Cara Ganti Password WiFi First Media

Kamu dapat mengubah kata sandi WiFi First Media sendiri, sehingga tidak perlu memanggil teknisi. Sebenarnya ini adalah hal yang sangat mudah. Namun bagi pengguna baru, pastinya masih membingungkan di mana bisa ganti password WiFi.

Password WiFi dapat diubah lewat browser dengan mengakses halaman konfigurasi router. Untuk membukanya, memerlukan IP address, username, serta password akun. Berikut akan dijelaskan caranya pada router DLink DIR-612 lewat menu Pengaturan dan Wireless.

Cara 1. Ganti Password WiFi First y Lewat Menu Pengaturan

Yang pertama merupakan cara mengganti kata sandi WiFi First Media untuk router DLink DIR-612 dengan versi firmware V1.03. DLink merupakan router yang biasa digunakan untuk First Media, meskipun dapat dipakai untuk provider lain juga.

Penting untuk diperhatikan yaitu versi firmware-nya. Karena beda versi, tampilan halaman konfigurasi router pun akan berbeda. Proses loginnya pun ada yang hanya memasukkan password dan ada yang menggunakan username juga.

Halaman konfigurasi router dapat dibuka pakai alamat IP. Kamu bisa melihatnya di bagian bawah router. Pada stiker ada informasi yang lengkap mengenai IP address, username, password, dan versi router. Setelah tahu data-data tersebut, ganti kata sandi WiFi dengan cara berikut ini:
  • Hubungkan perangkat ke jaringan WiFi First Media lewat router tersebut.
  • Buka browser apa pun di perangkat yang kamu gunakan, bisa pakai HP maupun laptop.
  • Setelah itu, masukkan IP address 192.168.0.1 pada kolom pencarian. Kemudian tekan enter atau search untuk membukanya.
  • Untuk tipe dan versi firmware router ini, kamu hanya perlu memasukkan management password untuk login. Tulis dan klik tanda panah.
  • Jika sudah berhasil, klik ikon router yang ada di tengah.
  • Di bawah akan muncul informasi nama dan password WiFi.
  • Untuk menggantinya, klik Go to settings yang ada di kanan bawah.
  • Kemudian ganti kata sandinya pada kolom Password. Minimal jumlahnya delapan karakter. Bebas menggunakan huruf saja atau dikombinasi dengan angka.
  • Jika ingin sekalian mengubah nama WiFi, perbarui kolom WiFi Name.
  • Setelah selesai menggantinya, klik tombol Save.
  • Router akan melakukan reboot, tunggu sekitar 30 detik.
Setelah semua proses tersebut selesai, secara otomatis sambungan ke WiFi First Media akan terputus. Dengan begitu perangkat yang ingin pakai WiFi-nya harus menghubungkan ulang.

Cara 2. Ganti Password WiFi First Media Lewat Menu Wireless

Cara ganti password WiFi First Media yang kedua ini sama-sama untuk router DLink. Namun digunakan pada tipe DIR-612 dengan versi firmware 2.01 atau DIR-605L versi 2.09. Mungkin saja router-mu juga memiliki tampilan halaman konfigurasi seperti yang akan dijelaskan.

Untuk cara kedua ini, penggantian kata sandi WiFi dilakukan melalui menu Wireless. Berikut langkah-langkahnya:
  • Akses IP address 192.186.0.1.
  • Berikutnya, masukkan username dan password yang ada di belakang router.
  • Klik tombol Login.
  • Setelah itu, buka menu Wireless.
  • Ganti password WiFi pada bagian Phre-Shared key. Kata sandi minimal berjumlah 8 karakter dan maksimal 63 karakter.
  • Kalau sudah selesai, klik Apply. Semua perangkat akan terputus koneksinya.

Itulah cara ganti password WiFi First Media untuk router yang berbeda. Kamu bisa cek apakah router-mu punya tampilan halaman konfigurasi seperti yang pertama atau kedua. Tinggal disesuaikan saja.
A'ty Faiza
A'ty Faiza Sedikit bicara, banyak nulisnya

Post a Comment